Microsoft telah menyelesaikan kesepakatan senilai $68,7 miliar untuk mengakuisisi Activision Blizzard, publisher dari game Call of Duty, World of Warcraft, dan Diablo. Proses akuisisi ini sangat rumit karena Microsoft harus berurusan dengan beberapa pihak di Inggris dan AS selama 20 bulan, tetapi Microsoft berhasil menyelesaikan kesepakatan ini setelah mengalahkan Federal Trade Commission di pengadilan federal AS dan merestrukturisasi kesepakatan ini demi memenuhi aturan Competition and Markets Authority (CMA) di Inggris.

Pemimpin Xbox (anak perusahaan Microsoft), Phil Spencer, baru-baru ini juga turun untuk mengkonfirmasi proses akuisisi tersebut. “Kami mencintai dunia game. Kami bermain game, menciptakan game, dan tahu betul seberapa besar game berarti bagi kita semua sebagai individu dan sebagai komunitas. Dan hari ini, kami secara resmi menyambut Activision Blizzard dan tim mereka ke Xbox. Sebagai satu tim, kami akan belajar, berinovasi, dan terus memenuhi janji kami untuk membawa kegembiraan dan komunitas game kepada lebih banyak orang. Kami akan melakukannya dengan memberdayakan semua orang untuk memberikan kontribusi terbaik mereka, di mana semua orang diterima, dan berpusat pada komitmen kami yang berkelanjutan terhadap ‘Bermain Game untuk Semua’.”

Ini merupakan akuisisi terbesar yang pernah dilakukan oleh Microsoft, jauh melebihi jumlah $26 miliar yang dibayarkan Microsoft untuk mengakuisisi LinkedIn pada tahun 2016 dan $7,5 miliar yang dibayarkan untuk mengakuisisi Bethesda pada tahun 2021. Ini juga menjadi bukti betapa seriusnya Microsoft untuk merambah dunia game, dan perusahaan tersebut pernah mengumumkan sebelumnya bahwa mereka sekarang akan menjadi “perusahaan game terbesar ketiga berdasarkan pendapatan, setelah Tencent dan Sony.”

Microsoft sekarang berencana untuk menambahkan banyak game Activision Blizzard ke Xbox Game Pass. “Hari ini, kami mulai bekerja untuk membawa waralaba terkenal Activision, Blizzard, dan King ke Game Pass dan platform lainnya,” kata Spencer. “Kami akan memberi tahu lebih banyak tentang kapan Anda bisa memainkannya dalam beberapa bulan mendatang. Kami tahu Anda sangat bersemangat – dan kami juga.” Namun, Activision Blizzard menjelaskan bahwa Modern Warfare 3 dan Diablo IV tidak akan hadir di Xbox Game Pass tahun ini. Kita tunggu aja ya Geeks, game apalagi yang akan menuju Xbox Game Pass nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/