Oscar adalah sebutan populer untuk Academy Awards, yang merupakan serangkaian penghargaan tahunan dalam industri perfilman. Academy Awards diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) untuk menghargai berbagai aspek dari film, termasuk akting, penyutradaraan, penulisan naskah, dan banyak lagi. Piala Oscar atau Academy Award menjadi salah satu penghargaan tertinggi dalam dunia perfilman. Nah menariknya, ada beberapa anime yang berhasil masuk nominasi Oscar. Bahkan beberapa di antaranya berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

10Spirited Away

Spirited Away dirilis pada tahun 2001, dan disutradarai oleh Hayao Miyazaki dan diproduksi oleh Studio Ghibli. Spirited Away mengikuti kisah seorang gadis berusia sepuluh tahun bernama Chihiro Ogino yang tersesat di dunia roh setelah orangtuanya berubah menjadi babi. Chihiro kemudian bekerja di sebuah pemandian yang dimiliki oleh penyihir, Yubaba, dalam upaya untuk menyelamatkan orangtuanya dan kembali ke dunia manusia.

Di dunia roh ini, Chihiro harus berhadapan dengan berbagai makhluk dan tantangan magis. Dia bertemu dengan teman-teman baru, termasuk Haku, seorang anak laki-laki yang juga terjebak di bawah kuasa Yubaba. Chihiro harus menemukan keberanian dan ketekunan di dalam dirinya sendiri untuk mengatasi ujian-ujian ini. Spirited Away menjadi film anime pertama yang memenangkan Academy Award untuk kategori Film Animasi Terbaik pada tahun 2003.

Film ini juga meraih berbagai penghargaan dan dianggap sebagai salah satu karya terbaik Studio Ghibli. Film ini disutradarai oleh Hayao Miyazaka, yang juga merupakan pendiri Studio Ghibli. Menariknya, beberapa elemen dalam Spirited Away terinspirasi oleh mitologi dan dongeng tradisional Jepang.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/