Pihak produser dari Marvel Studios berikan konfirmasi terkait series Daredevil dan berbagai series di Netflix lainnya adalah bagian dari canon MCU. Ada banyak pertanyaan besar yang ingin para fans hadirkan bagi Marvel Cinematic Universe saat ini dan 2023 kemarin benar-benar jadi tahun yang kurang begitu baik bagi MCU secara keseluruhan. Meskipun begitu, di tahun 2024 Marvel Studios sendiri berharap untuk jadi lebih baik dengan sudah mempelajari apa yang dianggap jadi kesalahan sebelumnya.

Di tahun ini, Marvel Studios akan membuka semuanya dengan perilisan series Echo yang akan memperkenalkan sosok Maya Lopez alias Echo. Di sisi lain, kita juga akan mengenal lebih jauh mengenai dua karakter utama dalam seriesnya, Kingpin alias Wilson Fisk dan Matt Murdock alias Daredevil. Dua karakter ini merupakan beberapa karakter utama dalam series sebelumnya yang tayang di platform Netflix.

daredevil netflix mcu marvel

Dalam wawancara dengan Screen Rant, salah satu produser eksekutif Marvel, Brad Winderbaum, memberikan penjelasan mengenai koneksi series Daredevil yang tayang di Netflix dengan MCU. Menurut penjelasannya, meskipun ada jarak antara MCU dan berbagai series tersebut, tetapi dia dengan tegas menyebutkan bahwa series Daredevil orisinal merupakan bagian dari timeline MCU.

Aku bisa bilang sampai pada titik ini, kami sangat berhati-hati mengenai apa yang jadi bagian dari Sacred Timeline, apa yang bukan bagian dari Sacred Timeline. Hal itu lahir, sejujurnya, ketika masa di mana pihak studio berpikir, ‘kita harus tetap berpaku dengan apa yang penyedia inginkan.’ Ini merupakan bagian lain dari pihak perusahaan yang mengembangkan berbagai hal tentang Netflix. Kami sadar apa yang mereka lakukan, mereka sadar apa yang kami lakukan, namun ada banyak kesamaan. Tetapi, sekarang masa tersebut sudah lewat; sekarang kita bisa melihat bagaimana semua cerita tersebut saling terhubung dengan baik, aku pikir secara pribadi, Brad Winderbaum, akan dengan percaya mengatakan jika ini (series Daredevil) adalah bagian dari Sacred Timeline.

Hal tersebut memang dirasa cukup masuk akal, mengingat Charlie Cox dan Vincent D’Onofrio juga sudah kembali ke peran lama mereka. Jadi, rasanya tidak berlebihan jika para fans melihat jika keduanya memerankan lagi karakter yang sudah pernah mereka perankan sebelumnya. Yang menarik juga adalah dalam rumor terkait alur cerita series Daredevil di MCU diperlihatkan jika Kingpin memutuskan untuk meninggalkan masa lalunya sebagai penjahat dan memilih untuk mengabdi bagi masyarakat. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.