Series What If season 2 yang tayang di Disney Plus hampir hadirkan crossover epik yang menghadirkan franchise Star Wars dan juga Alien. Series What If jadi salah satu series produksi Marvel Studios yang sangat populer di kalangan fans selain series Loki. Seriesnya sendiri mengadaptasi sebuah serangkaian peristiwa dengan judul yang sama di mana para pembacanya akan diajak untuk berandai-andai dengan menghadirkan poin cerita yang sama, namun twist yang berbeda.

Season perdana seriesnya sangat sukses di mana para penonton diperkenalkan dengan para Marvel Zombies, Captain Carter, dan bahkan Strange Supreme. Dan season 2 juga menghadirkan alur cerita yang sama di mana skalanya semakin meningkat. Yang menarik adalah sebenarnya What If season 2 hampir menghadirkan crossover epik dengan franchise Star Wars dan Alien, berdasarkan informasi dari penulis seriesnya, Matthew Chaunchey.

what if season 2 crossover

Dalam wawancara dengan Moovy TV, Andrew mengatakan bahwa mereka sempat mempresentasikan ide melakukan crossover dengan IP lain. Namun, ide tersebut kemudian ditolak. “Aku pikir Kevin (Feige) sangat tidak ingin melakukan lintas IP. Namun, kami sudah mempresentasikannya… kami menghadirkan crossover Star Wars/Marvel… Aku pikir hal itu benar-benar bisa dilakukan.” Meskipun begitu, Andrew menegaskan jika crossover ini hanya sekedar referensi bagi para fans yang mungkin bisa membuat mereka tersenyum.

Dengan Marvel dan Star Wars berada di bawah studio film yang sama sejak 2012, yang tidak lain adalah Disney, apa yang Andrew katakan tersebut sebenarnya memang masuk akal. Dan yang menarik adalah jika Geeks perhatikan di season 1 dalam episode “What If… T’Challa Became a Star-Lord?” terdapat sebuah kapal luar angkasa yang mirip Imperial TIE Fighter.

Selain tidak jadi menghadirkan referensi Star Wars, What If season 2 juga tidak jadi menghadirkan crossover dari Alien dan Predator di mana Xenomorphs dan Yautja bersembunyi di museum milik The Collector. Andrew pun mengatakan bahwa dia berusaha untuk menghadirkan berbagai easter eggs tersebut, namun pihak Marvel melarang hal tersebut yang pada akhirnya membuat rencana itu tidak jadi terlaksana.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.