Baru-baru ini, terungkap budget yang digelontorkan oleh Sony untuk menggarap Marvel’s Spider-Man 2. Beberapa waktu lalu, Insomniac Games mengalami kebocoran data setelah mengalami serangan ransomware. Ada banyak hal yang terungkap dari bocornya data tersebut, dan tentu saja informasi terbesar adalah tentang rencana mereka untuk membuat beberapa game besar yang direncanakan rilis untuk beberapa tahun ke depan. Informasi tersebut juga mencakup rincian budget pembuatan dan angka penjualan untuk game-game mereka.

Bocoran informasi tersebut (yang saat ini beredar di Reddit) mengungkapkan bahwa Marvel’s Spider-Man 2 memiliki total budget sebesar $315 juta (sesuai dengan standar produksi AAA modern), dan diproyeksikan akan terjual sebanyak 10,5 juta unit, menghasilkan return on investment sebesar 35% dan total keuntungan sebesar $75 juta. Mengingat game ini telah terjual lebih dari 5 juta unit pada bulan lalu, proyeksi tersebut mungkin telah berubah sekarang.

Bocoran informasi ini juga mengungkapkan bahwa Insomniac memproyeksikan Marvel’s Spider-Man 3 – yang tampaknya ditargetkan untuk dirilis pada tahun 2028 – akan terjual sebanyak 14,5 juta unit, menghasilkan return on investment sebesar 75% dan keuntungan sebesar $170 juta dengan total anggaran sebesar $385 juta. Sementara itu, Insomniac juga mengharapkan bahwa Marvel’s Wolverine akan memiliki anggaran sebesar $305 juta dan terjual sebanyak 10 juta unit, menghasilkan keuntungan sebesar $85 juta dan return on investment sebesar 40%.

Rincian mengenai angka penjualan dan anggaran untuk Ratchet and Clank: Rift Apart dan Marvel’s Spider-Man: Miles Morales juga telah terungkap. Sementara itu, bocoran informasi dari Insomniac juga menunjukkan beberapa game yang belum diumumkan, termasuk seri X-Men yang akan dimulai dengan game Wolverine, sebuah sekuel baru dari Ratchet and Clank, dan IP baru.

Marvel’s Spider 2 memang menjadi salah satu game terbaik di tahun 2023 ini. Dalam acara The Game Awards, meski masuk ke dalam beberapa nominasi, sayangnya game ini gagal mendapatkan satu penghargaan pun. Meski begitu, itu tidak membuat gamenya tampil buruk. Gamenya terasa menyenangkan terutama dalam sistem traversalnya yang semakin luas dan mudah. Ada banyak fitur baru yang sangat menarik untuk dicoba dalam Marvel’s Spider-Man, dan mudah-mudahan game ketiganya nanti jauh lebih baik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/