Peretas berhasil menembus sistem keamanan dari studio pengembang game Insomniac Games dan mencuri berbagai bocoran data penting. Beberapa hari kemarin muncul sebuah peristiwa yang cukup menghebohkan jagat internet dan media sosial. Peretas diketahui berhasil menembus sistem keamanan dari studio pengembang game populer yaitu Insomniac Games. Dan seperti yang Geeks duga, para peretas tersebut mencuri berbagai data penting milik Insomniac Games.

Mereka sebenarnya sempat meminta tebusan bagi pihak Insomniac Games, di mana pihak pengembang perlu membayar 50 Bitcoin (BTC) atau sekitar 2 juta Dollar Amerika dalam waktu satu pekan. Namun, pihak Sony dan Insomniac Games menolak permintaan para peretas tersebut untuk membayar sejumlah uang. Menurut laporan dari Cyber Daily, akibat dari hal tersebut kelompok peretas bernama Rhysida kemudian merilis 1.67 terabytes data yang berisi lebih dari 1.3 juta data-data penting.

Berbagai data penting tersebut terdiri dari berabagai video dan gambar untuk proyek game mereka yang akan datang. Contohnya adalah Marvel’s Wolverine. Selain itu, dari bocoran data tersebut juga terdapat informasi berbagai proyek game mereka selanjutnya. Contohnya adalah Marvel’s Venom yang akan rilis pada 2025, Marvel’s Wolverine pada 2026, Marvel’s Spider-Man 3 yang rilis pada 2028, game baru Ratchet and Clank yang akan rilis pada 2029, Marvel’s X-Men Game pada 2030, dan sebuah franchise baru yang akan rilis pada 2030-2031.

bocoran data insomniac games

Video yang menghadirkan tayangan dari game Wolverine dan berbagai karakter yang belum sempat Insomniac Games umumkan beredar di inernet. Data ini juga termasuk para karakter yang akan muncul, lokasi, plot, dan detil lainnya. Mereka bahkan memiliki data mengenai biaya produksi yang dibutuhkan untuk setiap proyek games tersebut. Informasi penting mengenai data pribadi para pegawai, serta kontrak kerja sama antara Marvel dan Sony juga berhasil mereka curi.

Ini tentunya menjadi sebuah bencana besar bagi Insomniac Games, karena orang-orang akhirnya mengetahui apa yang kemudian jadi rencana besar mereka. Selain itu, informasi penting mengenai games yang akan mereka rilis dalam waktu dekat pun akhirnya diketahui oleh publik. Masih harus kita tunggu seperti apa respon dari pihak Sony terkait dengan kebocoroan data ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.