Rumah produksi Lionsgate resmi mengumumkan rencana film sekuel lain dari franchise SAW yaitu SAW XI dan mereka juga umumkan jadwal rilis filmnya. Seperti yang dikabarkan sebelumnya, SAW X mendapatkan ulasan yang sangat luar biasa. Filmnya kembali menghadirkan John Kramer yang balas dendam terhadap berbagai pihak yang sudah membuatnya menderita, karena sudah menipu upayanya untuk bisa sembuh dari kanker yang dia derita.

Pasca kesuksesan film SAW X yang rilis pada tahun 2023 ini, rumah produksi Lionsgate kemudian memberikan pengumuman jika mereka saat ini sedang membuat film selanjutnya yaitu SAW XI. Melalui akun Instagram resmi mereka, selain mengonfirmasi jika ceritanya masih akan berlanjut pihak Lionsgate juga mengumumkan jadwal rilis untuk film SAW XI yang akan tayang pada 27 September 2024 mendatang. Pengumuman dari Lionsgate ini bisa dibilang sangat menarik.

Pasalnya, tidak butuh jeda waktu yang lama bagi Lionsgate untuk menghadirkan antara satu film dengan yang lain. Untuk detil mengenai filmnya, seperti plot atau karakter yang akan muncul, sejauh ini masih belum diketahui. Namun, dalam timeline franchise SAW sendiri sosok Jigsaw alias John Kramer diceritakan sudah tewas sebelumnya. Besar kemungkinan jika film SAW XI akan mengikuti formula cerita yang sama seperti SAW X, yaitu menghadirkan cerita prekuel dari Jigsaw.

saw xi jadwal rilis

Berkaitan dengan hal tersebut, sang sutradara dari franchise SAW, Kevin Greutert, sempat menyatakan bahwa dia menyesali sudah menghabisi karakter John Kramer terlalu cepat di franchise ini. Dia juga mengakui jika semuanya akan terasa mudah jika John Kramer masih hidup. SAW memang merupakan franchise horror psikologis yang sangat luar biasa di mana popularitasnya bisa bersaing dengan film besar lainnya.

Mengingat SAW X sangat sukses di pasaran, apalagi dengan ulasan yang luar biasa, wajar memang jika kemudian Lionsgate ingin melanjutkan tren positif tersebut. Pihak produser sendiri sebelumnya menyebutkan jika mereka tidak mau terburu-buru untuk menghadirkan cerita selanjutnya, yang mana kenyataanya justru sebaliknya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa detil lengkap film SAW X pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.