Aktris Anne Hathaway mengaku jika dia hampir saja perankan karakter Black Cat dalam film Spider-Man 4 garapan Sam Raimi yang gagal diproduksi. Nama Anne Hathaway mungkin lebih terkenal sebagai sosok pemeran Selina Kyle alias Catwoman dalam film The Dark Knight Rises garapan sutradara Christopher Nolan di kalangan pecinta film adaptasi buku komik. Namun, ternyata sebelumnya Anne Hathaway pernah hampir perankan karakter adaptasi komik lainnya.

Menurut penuturan dari Hathaway sendiri, sebelum dia mendapatkan tawaran sebagai Catwoman ternyata dia pernah mendapatkan tawaran untuk memerankan karakter saingannya, Black Cat. Anne Hathaway akan memerankan karakter Felicia Hardy dalam proyek film Spider-Man 4 garapan Sam Raimi yang mana pada akhirnya tidak pernah terlaksana. Anne Hathaway mengungkapkan hal tersebut dalam wawancaranya melalui sebuah podcast Happy Sad Confused.

Aku tidak mendapatkan kesempatan untuk mencoba kostumnya dan aku tidak membaca naskah skripnya untuk kemudian lolos audisi tersebut … Aku mendapatkan peran tersebut dan, ya, hanya saja… Aku pikir itu lebih kepada para produser untuk bercerita lebih lanjut dan bukannya aku untuk menentukan apakah boleh untuk mengungkapkannya. Karena Spider-Man Universe sudah menjadi sangat luar biasa dan menyenangkan.

anne hathaway black cat

Berdasarkan penuturan Anne Hathaway tersebut, meskipun dia mendapatkan peran sebagai Black Cat tetapi, saat itu Sony Pictures sedang dalam masa pengembangan awal untuk proses produksi Spider-Man 4. Anne bahkan tidak sempat untuk membaca skripnya sebelum kemudian proyek tersebut akhirnya dibatalkan. Butuh beberapa tahun kemudian bagi Anne Hathaway untuk kemudian mendapatkan tawaran adaptasi buku komik lainnya, yang tidak lain adalah saingan dari Black Cat, Catwoman.

Meskipun begitu, Anne Hathaway sendiri nampaknya belajar dari proyek film sebelumnya di mana proyek film tersebut akhirnya harus batal sebelum diproduksi. Dia mengaku tidak berharap banyak ketika dipertimbangkan untuk bisa berperan sebagai Catwoman dalam film The Dark Knight Rises. Namun, pada akhirnya, film tersebut menjadi awal mula kolaborasi unik antara Hathaway dan Christopher Nolan. Selain itu, karirnya sebagai Catwoman juga ikut melambungkan namanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.