Setelah berubah menjadi cyborg demi World Government terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika jiwa dari Kuma terperangkap di robot kuno. Bartholomew Kuma akhirnya terpaksa harus menyetujui persyaratan dari Gorosei Saturn demi menyembuhkan Bonney dari penyakit langka yang dia derita. Dia kemudian harus dirubah menjadi cyborg yang tidak memiliki perasaan dan pikiran. Meskipun begitu, ada teori menarik yang muncul di mana jiwa dari Kuma kemungkinan terperangkap di tubuh robot kuno.

3Kuma Jadi Cyborg

Bartholomew Kuma berusaha untuk mencari obat untuk bisa menyembuhkan penyakit Sapphire Scale yang diderita oleh anaknya, Jewelry Bonney. Dia sempat pergi ke berbagai tempatdi dunia One Piece mulai dari Kerajaan Torino, Kuraigana, bahkan hingga Weatheria. Sayangnya, mereka semua tidak bisa menemukan cara dan obat untuk bisa menyembuhkan penyakit langka dari Bonney tersebut.

Kuma pun sebenarnya hampir putus asa untuk mencari obat Bonney, yang mana untungnya Dragon memperkenalkannya dengan sosok Vegapunk. Setelah berdiskusi mengenai situasinya, akhirnya Vegapunk setuju untuk membantu Kuma menyembuhkan Bonney dengan syarat Kuma jadi subyek penelitiannya dan dia jadi model kloning untuk Pacifista. Namun, Gorosei Saturn mendengar percakapan tersebut.

Gorosei Saturn memanfaatkan hal tersebut untuk memaksa Kuma menuruti kemauannya. Dia justu ingin mengubah Kuma menjadi senjata mematikan bagi World Government. Gorosei Saturn ingin menjadikan Kuma sebagai cyborg yang tidak memiliki perasaan dan pikiran. Vegapunk sendiri pada awalnya menolak ide tersebut, namun dia tidak memiliki kekuasaan apapun yang membuatnya akhirnya harus mengikuti keinginan sang Gorosei.

Dalam cerita kilas balik Kuma yang masih berjalan hingga 1101 ini dijelaskan jika Kuma hanya memiliki waktu 2 tahun untuk membuat dirinya benar-benar kehilangan sisi manusia dalam dirinya. Pasukan Revolusi sendiri sebenarnya menyadari mengenai perubahan ini dan mereka sadar jika ada yang salah dengan Kuma. Pasalnya, Kuma benar-benar jarang berbicara dan benar-benar terlihat seperti robot.

Meskipun begitu, yang menarik kemudian adalah bagaimana Vegapunk memiliki kenangan milik Bartholomew Kuma yang tersimpan di dalam sebuah ruangan di Egghead. Bahkan, Bonney sendiri sudah menemukan balon ingatan tersebut dan sudah melihat isi dari ingatan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, artinya Kuma saat ini memang sudah benar-benar kehilangan sisi manusianya karena dia sama sekali tidak memiliki ingatan dari kenangan hidupnya.

Jiwa Kuma Ada Di Robot Kuno – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.