Setelah berubah menjadi cyborg demi World Government terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika jiwa dari Kuma terperangkap di robot kuno. Bartholomew Kuma akhirnya terpaksa harus menyetujui persyaratan dari Gorosei Saturn demi menyembuhkan Bonney dari penyakit langka yang dia derita. Dia kemudian harus dirubah menjadi cyborg yang tidak memiliki perasaan dan pikiran. Meskipun begitu, ada teori menarik yang muncul di mana jiwa dari Kuma kemungkinan terperangkap di tubuh robot kuno.

2Jiwa Kuma Ada Di Robot Kuno

Berkaitan dengan Kuma dan bagaimana kemudian dia harus kehilangan ingatannya akibat perintah dari Gorosei Saturn, terdapat sebuah teori menarik yang muncul di kalangan fans yang menyebutkan jika tubuh dari Kuma yang kita ketahui saat ini sebenarnya bukanlah tubuh sebenarnya dari Bartholomew Kuma. Selain itu, karena tubuhnya sudah kehilangan jiwa asli dari Kuma terdapat tubuh lain yang kemudian jadi tempat jiwa Kuma bersemayam.

Dalam hal ini dijelaskan jika Kuma, selain sudah kehilangan sisi kemanusiaan dan juga pikiran serta kenangannya, dia juga sudah kehilangan jiwanya. Meskipun begitu, teori ini menjelaskan jika jiwa dari Kuma mungkin sudah berpindah ke tubuh lainnya. Dan tubuh yang jadi tempat bersemayam jiwa Kuma tersebut adalah robot kuno yang terbengkalai di salah satu ruangan Punk Records.

Bagaimana kemudian jiwa dari Kuma sudah berpindah ke tubuh robot kuno di Egghead, memberikan penjelasan mengapa kemudian dia tidak membutuhkan Authority Chip ketika memerintahkan para Pacifista seperti yang dia lakukan ketika berada di Sabaody. Dalam hal ini, Kuma – yang berada dalam tubuh Robot Kuno – mampu untuk mengendalikan seluruh Pacifista.

Selain itu, terdapat juga spekulasi dengan jiwa dari Kuma yang sekarang ada di dalam Robot Kuno itu juga bisa memberikan petunjuk jika Kuma akan jadi penolong bagi Luffy dan yang lain yang terjebak di Egghead. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan memerintahkan para Pacifista untuk menyerang para angkatan laut. Selain Pacifista, kemungkinan Kuma juga akan memerintahkan Seraphim untuk ikut bergerak.

Bahkan, bukan tidak mungkin juga jika Kuma dalam wujud Robot Kuno akan bangkit dan ikut melawan Gorosei Saturn yang saat ini menjadi ancaman bagi Bonney, Vegapunk, dan semua orang yang ada di pulau Egghead. Ini tentunya bisa jadi cara dan salah satu skenario yang mungkin akan terjadi di akhir cerita Egghead di mana banyak fans yang memprediksi pulau ini akan menjadi medan tempur yang mengerikan.

Strategi Vegapunk Selamatkan Kuma – KeĀ  Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.