Loki season 2 ternyata memiliki alternate ending yang pada akhirnya tidak jadi digunakan, seperti dijelaskan oleh sang sutradara. Seperti yang Geeks ketahui saat ini, Loki merupakan sosok penjaga dari Multiverse Tree atau World Tree di MCU. Dia menjadi sumber utama kekuatan yang tidak terbatas dari Multiverse di MCU. Akhir cerita ini banyak dipuji dan mendapatkan respon positif dari banyak fans.

Namun, pada awalnya, rencana dari tim kreatif dan tim produksi series Loki season 2 ternyata bukan seperti itu. Hal ini terungkap oleh sutradara dari Loki season 2, Aaron Moorhead. Menurut sang sutradara, terdapat sebuah versi alternate ending untuk Loki season 2 di mana dalam ceritanya sama sekali tidak ada atau tidak melibatkan Multiverse Tree. Justru, dalam versi alternate ending ini Loki berhasil menyelamatkan Temporal Loom dan menggeser posisi He Who Remains.

Dalam tayangan Marvel Studios Assambled: The Making of Loki Season 2, Moore mengatakan, “Terdapat sebuah draft dari skripnya di momen terakhir. Kita berdua kemudian merasa ada sesuatu yang kurang dari draft tersebut. Dan dalam draft tersebut tidak ada adegan loki menghancurkan Loom. Dia justru menyelamatkan the Loom dari kehancuran dan mengambil alih singgasana. Kita semua tahu sesuatu sedang terjadi, tetapi kita tidak tahu apa hal tersebut. Karena, hal tersebut terasa, dia mencoba untuk menyelamatkan the Loom, mendapatkan singgasana, dan selesai.

alternate ending loki season 2

Moore kemudian menjelaskan bahwa perlu ada pengorbanan lebih yang Loki lakukan dalam ceritanya, “Masalahnya kemudian adalah dia tidak melakukan sebuah pengorbanan dan kami sadar, mengapa kemudian dia tidak menghancurkan the Loom dan mengambil alih tanggung jawab besar untuk menjaga the Loom? Tidak mendapatkan apa-apa dari hal tersebut. Sekarang sepertinya sudah jelas jika Loki sudah melakukan sebuah pilihan yang tepat. Namun, terdapat juga momen singkat dari pengembangan tersebut, ketika kami menyadari Loki perlu menghancurkan dan menjadi The Loom itu sendiri.

Momen cerita akhir di Loki season 2 dianggap sebagai sebuah cerita yang luar biasa, mahakarya, dari MCU selama lebih dari satu dekade ini. Ini juga jadi pencapaian yang sangat luar biasa dari karakter Loki, di mana pada akhirnya Loki benar-benar bisa membayar semua kesalahannya dengan mengorbankan dirinya demi orang lain. Banyak yang berpendapat jika ini menjadi arc penebusan dosa (arc redemption) yang sempurna dari Loki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.