Ajang penghargaan game terbaik tahunan, The Game Awards, bagikan berbagai judul game yang masuk nominasi Game of the Year tahun 2023. Melalui kanal resmi YouTube milik The Game Awards, Geoff Keighley mengungkapkan berbagai judul game yang jadi nominasi untuk kategori Game of the Year dalam acara The Game Awards 2023. Sebagian besar nominasinya memang dipenuhi oleh judul sekuel dari franchise yang populer.

Berikut adalah daftar lengkap nominasi Game of the Year dalam acara The Game Awards 2023:

  • Alan Wake 2 (Remedy Entertainment/Epic Games Publishing)
  • The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom (Nintendo EPD/Nintendo)
  • Marvel’s Spider-Man 2 (Insomniac Games/SIE)
  • Resident Evil 4 (Capcom)
  • Baldur’s Gate 3 (Larian Studios)
  • Super Mario Bros. Wonder (Nintendo EPD/Nintendo)

nominasi game of the year 2023

The Game Awards 2023 kali ini menghadirkan kurang lebih 31 kategori yang bisa diperebutkan oleh berbagai judul game. Namun, sekuel dari berbagai franchise besar dan kecil mendominasi kategori yang ada. Contohnya adalah Alan Wake 2 dan Baldur’s Gate 3 saling bersaing secara ketat di mana keduanya masuk delapan kategori, termasuk Game of the Year 2023. Di sisi lain, game terbaru dari franchise Zelda, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom, masuk lima kategori.

Marvel’s Spider-Man 2 mungkin sudah banyak masuk prediksi para fans jika gamenya akan bertengger di kategori Game of the Year, mengingat sekuel dari game Marvel’s Spider-Man ini berhasil melanjutkan tren positif dari gamenya. Game ini juga masuk tiga kategori yaitu Game of the Year, Best Action/Adventure, Best Narrative and Innovation In Accessibility. Selain jadi Game of the Year, Baldur’s Gate 3 masuk juga kategori Best RPG dan bersaing bersama Starfield, Sea of Stars, Lies of P, dan Final Fantasy XVI.

Kategori yang baru muncul di tahun 2022 kemarin, Best Adaptation, menghadirkan beberapa nama populer seperti Castlevania: Nocturne, Gran Turismo, The Last of Us, The Super Mario Bros. Movie, dan Twisted Metal. Yang menarik adalah Nintendo menjadi perusahaan game yang paling banyak menyumbangkan gamenya sebagai nominasi untuk berbagai kategori dalam ajang penghargaan game tahun ini. Kurang lebih ada 15 nominasi yang dikantongi Nintendo yang berasal dari Tears of kingdom, Super Mario Bros. Wonder, The Super Mario Bros. Movie, dan Pikmin 4.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.