Season 2 dari series Loki akhirnya resmi merilis episode terakhir dan ada penjelasan ending terkait yang terjadi di MCU dan juga terhadap sosok Loki. Seperti yang Geeks ketahui, musim terbaru dari Loki ini menghadirkan cerita tentang apa yang terjadi di multiverse pasca kematian dari He Who Remains. Loki dan yang lain berusaha untuk mencegah kehancuran berbagai cabang timeline yang ada. Episode terakhir dari seriesnya memperlihatkan bagaimana kemudian multiverse Marvel berhasil diselamatkan.

3Bagaimana Loki Selamatkan Multiverse

Sedari episode 1 hingga episode 5, kita diajak melihat bagaimana upaya dari Loki, Sylvie, Mobius, Cassey, Hunter B-15, dan Ouroboros untuk menghentikan hancurnya seluruh cabang timeline akibat situasi di Temporal Loom. Mereka mencegah Victor Timely untuk “berubah” menjadi He Who Remains, mencegah Ravonna Rennslayer mengenndalikan Victor, dan sebagainya.

Berbagai cara coba Loki dan yang lain lakukan untuk menghentikan kehancuran timeline, yang mana pada akhirnya membuat Loki mulai mengendalikan time-slipping yang terjadi kepadanya. Di episode 6 ini, kita akhirnya melihat bagaimana Loki benar-benar memanfaatkan kemampuan time-slipping yang dia miliki untuk mencegah kehancuran timeline melalui berbagai hal.

Pertama, dia memutar waktu sebanyak mungkin saat Victor Timely coba untuk memasang Temporal Aura Extractor. Gagal terus menerus membuat Loki kemudian kembali ke momen Victor Timely tiba pertama kali di TVA. Yang tidak kalah epik adalah bagaimana Loki menghabiskan waktu berabad-abad untuk kemudian mempelajari berbagai hal tentang teknologi di TVA dan juga teknologi Temporal Loom.

Kedua, Loki coba untuk mencari jalan lain yang mana dia menyadari bahwa salah satunya adalah mencegah kematian He Who Remains yang jadi cikal bakal semua kekacauan yang ada. Loki kembali ke momen sebelum Sylvie menghabisi nyawa He Who Remains dan lagi-lagi Loki terus memutar waktu karena dia selalu kalah dalam pertarungan melawan Sylvie – dan tidak jarang juga dia menyerah.

Yang menarik adalah He Who Remains menyadari apa yang Loki lakukan dan memutuskan untuk berbicang dengan Loki. Dia sadar bahwa Loki juga bisa mengendalikan time-slipping meskipun belum biasa menguasai sepenuhnya, karena Loki belum bisa menghentikan waktu atau momen. He Who Remains juga tahu bagaimana Loki mengalami kesulitan dengan Temporal Loom yang mengancam seluruh Multiverse.

He Who Remains kemudian menjelaskan jika Tenporal Loom sebenarnya adalah sebuah rencana cadangan yang dia siapkan. Dalam perbincangan Loki dan He Who Remains, pada dasarnya variant dari Kang tersebut menjelaskan jika seluruh cabang timeline pasti akan hancur termasuk TVA. Tetapi, Sacred Timeline akan tetap ada. Dia juga menjelaskan seberapa banyak upaya Loki menghentikan semua itu hasilnya akan tetap sama yaitu nihil dan Loki akan kalah.

Temporal Loom juga dijelaskan jadi cara untuk mencegah terjadinya Multiversal War, yang mana membuat Loki berpikir untuk mengubah perhitungan dari Temporal Loom. Loki berencana untuk menghancurkan Temporal Loom dan mengubah semuanya. He Who Remains menjelaskan jika ada alasan mengapa dia sendirian di ujung timeline dan jadi penjaga Sacred Timeline.

Hal tersebut tidak lain agar semuanya yang terjadi di Sacred Timeline bisa berjalan dengan baik. Loki sempat diberi pilihan untuk menghancurkan Temporal Loom dan menghadapi perang Multiverse yang baru atau menghabisi Sylvie. Loki sempat kembali ke momen di mana dia ditangkap dan berbincang dengan Mobius sebelum membuat keputusan besar. Loki pada akhirnya menghancurkan Temporal Loom dan membangun sebuah “Temporal Loom” miliknya sendiri.

Loki Jadi Penjaga Timeline Yang Baru – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.