Season 2 dari series Loki akhirnya resmi merilis episode terakhir dan ada penjelasan ending terkait yang terjadi di MCU dan juga terhadap sosok Loki. Seperti yang Geeks ketahui, musim terbaru dari Loki ini menghadirkan cerita tentang apa yang terjadi di multiverse pasca kematian dari He Who Remains. Loki dan yang lain berusaha untuk mencegah kehancuran berbagai cabang timeline yang ada. Episode terakhir dari seriesnya memperlihatkan bagaimana kemudian multiverse Marvel berhasil diselamatkan.

2Loki Jadi Penjaga Timeline Yang Baru

Apa yang kemudian Loki lakukan di ending ceritanya? Loki memutuskan untuk menghancurkan Temporal Loom dan menciptakan sebuah “Temporal Loom” miliknya sendiri. Loki sekarang adalah penjaga timeline yang baru di MCU dan bukan lagi He Who Remains. Hal ini terbukti dari momen Loki duduk sendirian di tengah-tengah “Temporal Loom” yang berbentuk seperti pohon besar.

Loki memutuskan untuk mengorbankan dirinya seperti yang He Who Remains lakukan di mana dia menjadi sosok penjaga semua cabang timeline yang ada di Multiverse. Loki berharap dengan dia menjadi sosok penjaga timeline, sesuatu yang jauh lebih baik akan muncul dibandingkan ketika He Who Remains jadi sosok penjaga timeline. Seperti yang Sylvie ungkapkan, jika Loki memberikan mereka kesempatan untuk bisa menikmati kehidupan mereka.

Apa yang terjadi kepada Loki sekarang seolah mewujudkan apa yang sebelumnya diteorikan, yaitu Loki menjadi sosok God of Stories. Dalam artikel sebelumnya sempat ada pembahasan mengenai siapa God of Stories. Pada dasarnya, God of Stories adalah versi yang lebih baik dari Loki sang God of Mischief. Namun, dia memiliki sebuah kekuatan yang sangat besar dan dahsyat.

Sesuai dengan julukannya, Loki sang God of Stories mampu membuat, memanipulasi, atau melakukan apapun terhadap cerita yang ada di universe Marvel. Dan inilah yang sedang Loki lakukan sekarang sebagai penjaga timeline yang baru. Dia sengaja menciptakan dan menghadirkan cerita yang jauh lebih baik dari apa yang He Who Remains hadirkan. Para karakter lain, seperti Sylvie dan Mobius, sekarang bisa menjalani kehidupan mereka sesuai keinginan meskipun Loki bisa saja melakukan intervensi atau merubah alur cerita mereka.

Peran Loki Bagi Masa Depan MCUKe Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.