Pihak Marvel Studios akhirnya ungkap alasan mengapa mereka tolak bintang Mission: Impossible, Tom Cruise, untuk berperan jadi Iron Man. Karakter Tony Stark alias Iron Man merupakan salah satu karakter yang sangat populer saat ini. Berkat kemunculannya di Marvel Cinematic Universe, kepopuleran dari Tony Stark dan Iron Man benar-benar mengalami peningkatan yang pesat. Bahkan, bisa dibilang Iron Man adalah karakter yang membangun MCU hingga bisa seperti saat ini.

Seperti yang Geeks ketahui, hal tersebut akhirnya bisa terwujud berkat kemampuan akting yang sangat apik dari Robert Downey Jr. yang mampu menghidupkan karakter tersebut. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika sebenarnya sebelum RDJ terpilih untuk memerankan karakter Tony Stark sempat ada nama besar yang hampir mendapatkan peran tersebut. Dia tidak lain adalah Tom Cruise.

Namun, akhirnya, terungkap alasan mengapa kemudian pihak Marvel tolak Tom Cruise untuk berperan jadi Iron Man. Dalam buku MCU: The Reign of Marvel Studios, Kevin Feige mengungkapkan alasan mengapa Tom Cruise gagal mendapatkan peran Iron Man. Menurutnya, Tom Cruise saat itu meminta bayaran yang melampaui dana yang tersedia. “Permintaan bayaran dari (Tom) Cruise saat itu bahkan melampaui dana yang Fox rela keluarkan untuk sebuah properti superhero yang belum teruji.”

tom cruise iron man

Mengingat Marvel Studios sebelum terbentuknya MCU memang tidak memiliki dana perusahaan yang besar, yang mana bahkan mereka menjual berbagai lisensi superhero mereka untuk bisa bertahan, rasanya wajar dan masuk akal jika kemudian mereka tolak Tom Cruise untuk berperan jadi Iron Man apalagi sampai harus meminta bayaran yang besar.

Dengan dana terbatas, Marvel Studios lebih memilih aktor yang bukan favorit alias bukan aktor yang memiliki popularitas luar biasa. Beberapa nama kemudian muncul sebagai pilihan seperti Jim Caviezel, Timothy Olymphant, Sam Rockwell, dan tentunya Robert Downey Jr. Dalam buku tersebut juga terungkap jika Jon Favreu kemudian memilih RDJ dan tetap mempertahankan pilihan itu hingga akhirnya RDJ berhasil membawa Iron Man menjadi salah satu karakter populer dan MCU pun menjadi terkenal seperti sekarang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.