Bos dari Marvel Studios, Kevin Feige, beri petunjuk tentang perubahan di timeline MCU pasca kebingungan yang muncul di kalangan fans. Para fans dari Marvel Cinematic Universe dan Marvel Studios tentunya selalu senang dengan berbagai proyek yang mereka suguhkan untuk jagat sinematik tersebut. Namun, di sisi lain, para fans juga merasakan kebingungan dengan alur di timeline MCU dengan banyaknya proyek serta alur cerita yang ada terutama dari koneksi film dan televisi.

Pada September 2013, Agents of SHIELD tayang untuk pertama kalinya. Series tersebut dianggap memiliki koneksi yang besar terhadap MCU. Namun, beberapa season kemudian seriesnya justru menunjukan jika ada perbedaan antara cerita TV dan film. Hal ini juga diperkuat setelah Marvel Studios merilis berbagai series lainnya yang berasal dari Marvel television. Para fans pun sempat kebingungan dengan semua koneksi tersebut, bahkan hingga sekarang

kevin feige perubahan timeline mcuBerkaitan dengan hal tersebut, buku terbaru Marvel Studios’ The Marvel Cinematic Universe – An Official Timeline menghadirkan sebuah prakata dari presiden Marvel Studios, Kevin Feige. Dalam paragraf pembukaanya, Kevin Feige memberikan penjelasan tentang timeline di Marvel universe dan apa saja berbagai hal yang berkaitan dengan canon di universe Marvel.

Dalam catatan Multiverse, kami menyadari bahwa ada berbagai cerita – dari film dan series – yang canon bagi Marvel tapi kamu diciptakan oleh banyak pembuat cerita dalam berbagai periode di sejarah Marvel. Timeline yang muncul di buku ini secara spesifik membahas tentang Sacred Timeline yang ada di sepanjang Phase 4 MCU.

Namun, yang menarik kemudian adalah dalam prakata atau paragraf pembuka ini tersebut Kevin Feige juga sempat beri petunjuk tentang perubahan dari timeline MCU. “Tetapi, seiring kami yang terus melaju dan terus menyelam menuju Multiverse Saga, kau tidak akan pernah tahu kapan timeline akan hancur atau mencapai batasnya (petunjuk, hati-hati petunjuk/spoiler).” Jadi, kesimpulannya, berdasarkan dari apa yang Feige sampaikan semua hal yang sudah Marvel Studios produksi secara teknis adalah canon. Tetapi, khusus untuk ‘Sacred Timeline’ hal ini merupakan sesuatu yang hanya ada di MCU atau Marvel Studios. Ini juga bisa diartikan series Marvel sebelumnya – seperti Daredevil atau Runaways – bukan bagian dari timeline dari MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.