Game fenomenal saat ini, Starfield, berhasil pecahkan rekor baru yang sangat luar biassa dari Bethesda dalam hal jumlah pemain. Hal ini diketahui dalam unggahan terbaru dari akun Twitter resmi gamenya. Dalam unggahan tersebut disebutkan jika pihak Xbox memberikan inofrmasi bahwa jumlah pemain dari game Starfield di konsol tersebut sudah melampaui 10 juta pemain. Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai pencapaian luar biasa tersebut.

Meskipun tidak ada informasi lebih lanjut, caption di unggahan akun resmi Starfield tersebut menjelaskan jika angka lebih dari 10 juta pemain merupakan rekor terbesar yang pernah diraih atau dicapai oleh studio pengembang game Bethesda dalam peluncuran perdana game mereka. Game Starfield sendiri secara resmi rilis pada 6 September kemarin, yang artinya hanya dalam waktu dua pekan semenjak perilisan perdana gamenya peningkatan jumlah pemain game tersebut benar-benar sangat fenomenal.

Yang perlu menjadi catatan adalah angka 10 juta pemain tersebut hanya untuk para pengguna konsol Xbox saja. Starfield merupakan game produksi Bethesda yang eksklusif rilis di Xbox. Namun, selain di konsol Xbox, game ini juga rilis untuk platform PC. Untuk saat ini, masih belum diketahui berapa angka pasti untuk para pemain dari konsol PC. Angka 10 juta pemain sendiri kemungkinan diambil dari catatan pengguna layanan Game Pass yang memainkan game tersebut.

starfield rekor bethesda

Di kolom komentar unggahan tersebut reaksi dari para pemain terhadap pencapaian itu ditanggapi dengan sangat positif. Bisa dibilang tidak ada reaksi negatif dari para pengguna Xbox untuk game ini dan mereka mengaku benar-benar menikmati gamenya dan senang. Bahkan, ada juga yang mengaku jika ini akan jadi game RPG baru yang akan “merenggut” kehidupannya. Dengan Starfield yang sangat fenomenal saat ini, menarik untuk melihat apakah hal ini juga akan memengaruhi tingkat penjualan dari konsol Xbox itu sendiri.

Menurut informasi yang ada, dalam waktu tiga tahun terakhir Microsoft harus mengalami kebuntuan dalam penjualan konsol Next-Gen mereka yaitu Xbox Series X dan Series S. Penjualan unit mereka kalah telak dibandingkan Nintendo Switch atau bahkan PlayStation 5. Yang menarik adalah beberapa minggu sebelum game Starfield resmi dirilis, para pengguna Xbox pun meningkat cukup tajam dan keuntungan mereka juga ikut meningkat.

Mereka menghilangkan biaya trial atau uji coba gamenya yaitu sebesar 1 Dollar Amerika demi menggaet para pemain. Microsoft sendiri merilis model terbaru untuk Xbox Series S beberapa hari sebelum perilisan game Starfield, dengan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Kapasitas tersebut dirasa penting, karena game Starfield dan Forza Motorsport sendiri membutuhkan banyak ruang kosong.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.