Teka-teki mengapa Kuma memutuskan untuk melindungi kapal Thousand Sunny mungkin sudah terjawab di mana dia tahu Luffy adalah Nika. Momen tidak biasa terjadi ketika kru Topi Jerami berada di Sabaody. Salah satu Shichibukai, yaitu Bartholomew Kuma, justru “membantu” kru Topi Jerami sehingga berkembang seperti sekarang. Banyak fans yang penasaran dengan apa yang membuat Kuma seperti itu. Tetapi, teka-teki tersebut mungkin akhirnya sudah terpecahkan.

Peristiwa di Sabaody

kuma tahu luffy nika

Dalam arc Sabaody yang terjadi dua tahun lalu di timeline One Piece, pada saat itu kru Topi Jerami sedang mencari rekannya Camie yang ternyata ditemukan di pelelangan manusia. Dalam peristiwa ini, Luffy pun kemudian menghajar salah satu kaum naga langit, Saint Charlos, yang menembak Hacchin. Akibatnya, kerusuhan pun terjadi yang mana angkatan laut menerjunkan admiral yaitu Kizaru.

Pasca kedatangan angkatan laut dan juga Kizaru, krtu Topi Jerami berusaha untuk melawan namun level kekuatan mereka jauh berada di bawah admiral. Belum lagi, angkatan laut juga menerjunkan senjata andalan mereka Pacifista. Ketika kru Topi Jerami nampak tidak lagi memiliki pilihan dan hampir tewas, sesuatu mengejutkan pun muncul. Sosok Kuma yang asli meminta Pacifista untuk berhenti menyerang.

Dengan kekuatan iblisnya, Kuma juga menerbangkan kru Topi Jerami ke berbagai tempat yang kemudian jadi momen timeskip dan jadi momen untuk meningkatkan kemampuan masing-masing. Yang mengejutkan kemudian adalah ketika Franky menjadi yang pertama kembali ke Sabaody dan mengecek keberadaan Thousand Sunny, dia pun terkejut ada Pacifista yang menjaga kapal tersebut.

Hal ini pun memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, mengapa kemudian Kuma mau melakukan hal tersebut? Dan yang tidak kalah menarik adalah Kuma sempat membisikan sesuatu kepada Rayleigh yang mana ucapan dari Kuma tersebut menyebutkan jika dia adalah bagian dari Pasukan Revolusi yang hendak membantu dan melindungi kru Topi Jerami.

Kuma juga mengatakan bahwa dia tidak memiliki waktu lagi sebelum kemudian tubuhnya benar-benar dirubah menjadi Pacifista. Meskipun alasan tersebut mungkin memang masuk akal, apalagi Kuma merupakan sosok yang dekat dengan Monkey D Dragon yang merupakan ayah dari Luffy, namun bagaimana jika kemudian bukan itu alasan sebenarnya mengapa Kuma membantu Luffy?

Kuma Tahu Luffy Adalah Nika

kuma tahu luffy nika

Terdapat sebuah spekulasi yang menarik mengenai kemungkinan alasan sebenarnya mengapa Kuma kemudian mau membantu Luffy saat peristiwa di Sabaody. Dalam spekulasi ini dijelaskan jika Kuma kemungkinan tahu jika Luffy adalah Nika. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Spekulasi ini muncul berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam chapter terbaru One Piece yaitu chapter 1095.

Dalam chapter baru tersebut para fans akhirnya mengetahui tentang asal-usul Kuma, di mana dia berasal dari sebuah ras bernama ras Buccaneer. Menurut penjelasan di chapternya, ras tersebut merupakan orang-orang yang masa lalunya memiliki catatan kriminal atau pernah berbuat jahat. Selain itu, ras Buccaneer ini juga diketahui memiliki DNA dari suku raksasa.

Karena hal itu, para ras Buccaneer terkenal akan kekuatan mereka yang dahsyat yang mana inilah yang membuat para kaum naga langit tertarik untuk menjadikan mereka budak. Bahkan, ayah Kuma dan Kuma juga pada akhirnya menjadi budak dari kaum naga langit sebelum kemudian dia bertemu dengan dua orang di mana salah satunya adalah Emporio Ivankov.

Yang menarik adalah ras Buccaneer sudah sejak turun-temurun mengenal sosok legendaris Nika. Mereka bahkan mengajarkan anak-anak mereka tentang tarian dan drum kebebasan milik Nika. Lalu, apa kaitannya dengan Luffy? Seperti yang Geeks ketahui, sejak 800 tahun lalu sosok Nika tidak pernah muncul. Sampai kemudian Luffy memakan buah iblis Gomu Gomu alias buah iblis nika.

Kuma kemungkinan tahu tentang buah iblis tersebut dan dia juga tahu jika Luffy yang kemudian memakan buah iblis tersebut, apalagi kabar tentang Luffy begitu masif. Mengetahui hal tersebut, Kuma kemungkinan memutuskan untuk melindungi Luffy agar masa depannya bisa lebih baik. Dalam hal ini, Kuma ingin Luffy mewujudkan tujuan utama dari Nika yaitu membebaskan para budak dan juga dunia dari cengkraman kaum naga langit.

Inilah yang mungkin membuat Kuma memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi melindungi Luffy. Dan jika melihat apa yang terjadi, misi besar dari Kuma tersebut sudah berhasil sejauh ini. Yang masih harus kita tunggu adalah apa yang kemudian terjadi kepada Kuma sehingga dia harus pergi ke Mary Geoise. Dan apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu Kuma sehingga dia dianggap sebagai sosok yang mengerikan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.