Dalam salah satu momen yang muncul di episode 1 Loki season 2 nampak bagaimana Loki di Prune oleh sosok misterius di masa depan. Namun, siapa sosok misterius tersebut? Series Loki akhirnya kembali tayang dengan musim terbaru dan cerita baru. Dalam season baru ini, kita diperlihatkan momen kelanjutan dari apa yang terjadi kepada Loki pasca dia dan Sylvie menghabisi nyawa He Who Remains.

Nasib Loki

Dalam episode 1 tersebut kita melihat bagaimana Loki sempat terjebak di masa lalu. Hal ini terbukti bagaimana semua orang di TVA, seperti Mobius, tidak mengenal siapa Loki. Namun, tiba-tiba dia kemudian tertarik ke masa dia berasal. Bahkan, Loki juga sempat tiba-tiba pindah ke masa depan. Hal ini terus terjadi dan berulang-ulang yang mana menurut Loki cukup menyakitkan dan membuatnya menderita.

Setelah bertemu dengan O.B. alias Ouroboros, akhirnya diketahui jika fenomena yang terjadi kepada loki tersebut ternyata adalah time-slipping. Pada awalnya, O.B. mengatakan jika time-slipping tidak bisa diperbaiki. Namun, kemudian dia meralat hal tersebut dengan mengatakan satu-satunya cara bagi Loki untuk bisa kembali seperti semula adalah membereskan semua cabang timeline yang melintasi ambang batas aman.

Untuk kemudian Loki dan Mobius bisa menghentikan time-slipping tersebut mereka membutuhkan sebuah alat khusus bernama Temporal Aura Extractor yang kemudian terhubung dengan sebuah ruangan khusus bernama Temporal Loom. O.B. sendiri sudah memberikan petunjuk jika situasinya sudah berubah aman, di mana warna di alat khusus yang Loki pegang berubah dari merah menjadi hijau, maka dia harus melakukan prune terhadap dirinya sendiri.

Karena, jika dia tidak melakukan hal tersebut maka Loki akan terjebak di ruang waktu untuk selamanya. Namun, ketika Loki berada di timeline yang dia kunjungi dia tidak menemukan alat untuk melakukan prune. Loki pun pasrah ketika warna di alat yang dia pegang sudah berubah menjadi hijau. Yang menarik adalah saat itu dia ada sosok misterius yang berhasil melakukan prune terhadap Loki, yang membuatnya bisa menghentikan time-slipping yang terjadi.

Siapa yang Lakukan Prune

siapa loki prune

Pertanyaan besar yang kemudian ada di benak para fans saat ini adalah siapa yang melakukan prune terhadap Loki? Siapa sosok misterius tersebut? Salah satu teori yang cukup banyak dibahas oleh para fans adalah sosok yang melakukan prune terhadap Loki adalah dirinya sendiri di masa depan. Mengapa demikian? Hal ini karena Loki sadar jika pada satu poin waktu, salah satu versi dari dirinya akan muncul di momen dia membutuhkan bantuan.

Momen Loki membutuhkan bantuan adalah ketika dia tidak menemukan alat untuk melakukan prune agar bisa kembali ke masanya dan sebagai cara untuk menghentikan time-slippin. Ini artinya Loki sudah mempersiapkan dirinya sendiri untuk momen tersebut. Petunjuk jika sosok misterius yang prune loki di masa depan adalah dirinya sendiri yaitu hanya dia sendiri juga yang tahu di mana akan muncul dan apa yang akan terjadi serta kapan. Ditambah sosok Sylvie juga seolah sedang mencari Loki padahal time slip Loki sama sekali tidak bisa diprediksi.

Yang menarik adalah O.B. sebelumnya mengatakan jika Loki harus melakukan prune terhadap dirinya sendiri agar rencana menghentikan time-slipping bisa berhasil. Ini bisa diartikan jika Loki sudah memenuhi apa yang O.B. katakan. Namun, jika kemudian benar demikian maka apa yang Loki lakukan akan menciptakan sebuah lingkaran waktu tiada akhir (time loop) di MCU. Hal ini sama dengan apa yang terjadi kepada Kamala Khan ketika dia tertarik ke tahun 1942 dalam cerita Ms. Marvel.

Kemungkinan Lain

siapa loki prune

Selain Loki, ada juga kemungkinan lainnya tentang siapa yang sudah prune Loki di masa depan. Yang pertama adalah Sylvie. Dalam episode perdana kemarin Sylvie nampak sudah bebas dari misi besarnya, yaitu mencari tahu siapa dalang di balik TVA yang tidak lain adalah He Who Remain. Dan di akhir musim perdana Sylvie berhasil menghabisi nyawanya, yang jadi penyebab momen tidak biasa di Sacred Timeline.

Karena sudah tidak lagi memiliki misi, Sylvie mungkin memutuskan untuk membantu Loki untuk menghentikan momen time-slipping. Sylvie memang muncul dari dalam lift dan ini juga yang membuat Loki terpana. Namun, jika Geeks perhatikan pakaian yang Sylvie gunakan di dalam lift berbeda dengan pakaian yang dia kenakan di season 1 dan yang dia perlihatkan di tahun 1980an.

Kemungkinan selanjutnya adalah Ravonna Renslayer. Di episode perdana kemarin, karakternya memang tidak muncul. Namun, berbagai petunjuk yang ada memberikan sinyal koneksi kuat antara He Who Remain dengan Renslayer seperti yang Loki dengarkan di War Room. Dalam trailernya sendiri sosok Renslayer nampak muncul di season 2 yang memunculkan spekulasi jika dia adalah salah satu orang yang sudah prune Loki di masa depan.

Menurut salah satu teori yang yang ada di kalangan fans, Renslayer mungkin sengaja melakukan prune terhadap Loki atas perintah dari He Who Remain, Kang, atau sosok jahat lainnya. Dengan dmeikian, alasan kemudian mengapa Renslayer memutuskan untuk melakukan prune dan peran Loki kedepannya adalah dia akan menghadapi lawan yang berat. Bahkan, sosok jahat tersebut mungkin ingin kembali mengirim Loki ke Citadel at The End of Time.

Sosok lainnya adalah O.B. alias Ouroboros. O.B. diketahui ingat apapun yang terjadi dalam hidupnya dan ini bisa jadi petunjuk jika dia tahu bahwa Loki akan membutuhkan bantuannya di masa depan. Dalam cerita di episode perdana kemarin kita melihat bagaimana O.B. mengetahui jika Loki gagal untuk kembali tepat waktu. Karena O.B. ingat semuanya dia kemungkinan tahu kapan Loki akan muncul dan membutuhkan bantuan. Banyak yang menduga jika peran O.B. kedepannya akan sangat penting dan mungkin ini adalah salah satunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.