Akhir tahun 2023 mendatang, kita akan disuguhkan dengan film terbaru Aquaman yang menjadi sekuel film pertama berjudul Aquaman and the Lost Kingdom. Dalam film ini, kita akan disuguhkan dengan cerita saat Aquaman berhadapan dengan Black Manta. Yap, Black Manta akan membalaskan dendamnya, yang baru akan terwujud di film ini. Dia tak segan untuk mengincar nyawa keluarga Aquaman, seperti yang diperlihatkan dalam trailer. Menariknya nih Geeks, kita juga akan di kenalkan dengan anak Aquaman di film ini. Lantas seperti apa anaknya? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini Geeks!

Hasil Hubungan Dengan Mera

Mera yang diperankan Amber Heard akan kembali muncul dalam film kedua. Nama Mera sebenarnya sudah dirujuk dalam sinopsis resmi filmnya, yang mengkonfirmasi bahwa Mera akan menjadi ratu sekaligus pewaris takhta. Lewat apa yang terungkap, maka kita mengetahui Mera dan Aquaman sudah saling bersama sejak film pertama. Ending film tersebut menceritakan saat Aquaman berhasil mengalahkan Orm dalam sebuah duel. Orm kemudian ditahan atas apa yang telah dia perbuat.

Dengan begitu, Aquaman berhak atas takhta Atlantis. Setelah dipimpin oleh Aquaman, Atlantis menjadi tempat yang damai, dan di sanalah Aquaman dan Mera memutuskan menikah, hingga akhirnya mereka dikaruniai bayi. Bayi itulah yang akan menjadi calon penerus Aquaman sebagai raja Atlantis. Yang menjadi pertanyaan terbesar adalah kapan anak itu lahir. Dalam trailer The Lost Kingdom, ada narasi yang mengatakan, “Empat tahun lalu, saya pada dasarnya menganggur, seorang pengembara tanpa rumah. Tapi sekarang saya adalah seorang suami dan ayah.”

Kalimat tersebut menegaskan bahwa sekuelnya mengambil latar sekitar tahun 2022, atau 4 tahun setelah film pertama yang mengambil latar waktu tahun 2018. Trailer filmnya juga memperlihatkan bahwa bayi Aquaman tidak lebih dari satu tahun. Yang harus dicatat, jika adegan yang menampilkan anak Aquaman bukan kilas balik, maka dapat dipastikan anak Aquaman lahir setelah Aquaman dinobatkan sebagai raja Atlantis di film pertama.

Sejarah Anak Aquaman yang Terlupakan

Itu berarti usia anak Aquaman di The Lost Kingdom sama seperti yang ada di komiknya, yaitu satu tahun. Tetapi ada juga beberapa versi cerita yang menampilkan anak Aquaman yang berusia remaja, termasuk dalam komik New Earth di DC Comics, serial animasi Young Justice, dan satu lagi di kartun The Brave and the Bold. Yap, anak Aquaman memang hanya diceritakan dalam dua umur saja, yaitu remaja dan saat masih balita. Dia tak pernah diceritakan menjadi dewasa dan menggantikan sang ayah sebagai pemimpin baru Atlantis.

Dalam komik, anak Aquaman sebenarnya memiliki nama julukan yaitu Aquababy. Karakternya melakukan debut di tahun 1965, dalam komik Aquaman #23. Sama seperti di film, Aqubaby adalah anak dari pasangan Aquaman dan Mera, dan kelahiran Aquababy disambut baik oleh Atlantis, termasuk saudara lelaki Aquaman yaitu Orm. Orm sebenarnya masih berbusuhan dengan saudaranya, tetapi dia mengesampingkan kebenciannya terhadap Aquaman, dan menjadi sangat dekat dengan Aquababy.

Sebagai seorang anak dari Mera dan Aquaman, Aquababy tentunya mewarisi kekuatan kedua orang tuanya. Dia tidak hanya mewarisi hidrokinesis dari ibunya, tetapi dia juga memiliki kemampuan untuk menciptakan kehidupan dari air. Sayangnya, Black Manta melihat Aquababy sebagai kesempatan untuk bisa menyakiti Aquaman. Usia Aquababy sebenarnya tidak begitu lama, karena Black Manta pernah menculik Aquababy. Black Manta kemudian membawa Aquababy ke daratan untuk menghirup udara dalam jangka waktu lama, yang perlahan membunuhnya.

Meskipun Aquaman sebenarnya berkesempatan untuk menyelamatkan putranya dengan mengalahkan teman dan sekutunya sendiri, Aqualad, Aquababy menyerah pada siksaan Black Manta, dan Aquaman menjadi sangat putus asa sehingga dia tidak dapat membalas dendam pada Black Manta di saat itu. Tragedi ini menyebabkan konflik antara Aquaman, Mera, dan Aqualad, namun mereka akhirnya mulai berangsur “move on” dan berdamai.

Nah yang menarik nih Geeks, Aquababy bernasib berbeda dengan karakter lainnya dalam komik DC. Karakternya tidak pernah dihidupkan kembali hingga sekarang. Padahal DC Comics biasanya gemar menghidupkan karakter yang telah mati, dan dihidupkan kembali dalam sebuah peristiwa. Tetapi nih Geeks, Aquababy pernah kembali sebagai Black Lantern yang mirip zombie dalam kurun waktu yang singkat dalam cerita Blackest Night. Tetapi pada akhirnya Aquababy dibunuh oleh Mera yang menjadi Red Lantern.

Bernasib Sama Seperti Komik?

Kemungkinan besar, filmnya akan benar-benar mirip seperti komiknya, di mana anak Aquaman akan diceritakan tewas. Dalam trailer, Black Manta mengatakan dengan jelas bahwa dia akan memburu semua keluarga Aquaman. “Saya akan membunuh keluarganya… dan membakar kerajaannya menjadi abu.” Jelas bahwa Black Manta berniat membunuh anak Aquaman. Karena itulah Aquaman dan Mera akan bersatu. Sadar bahwa ancaman Black Manta tidak main-main, Aquaman meminta bantuan terhadap Orm, yang pada akhirnya Orm bersedia membantunya, seperti yang terjadi dalam komik.

Sangat besar kemungkinan anak Aquaman tewas di filmnya. Apalagi ini adalah film terakhir dari DCEU, dan mengingat reboot DCU akan segera dimulai. Film The Lost Kingdom, bisa menceritakan hal apapun tanpa harus takut pada kesinambungan cerita. Dengan kematian anaknya, rasanya ini akan menjadi penutup yang sempurna untuk film DCEU, bagi kisah Aquaman, Mera, Orm, dan Black Manta.

Namun Geeks, buat kalian yang menantikan aksi Mera yang lebih besar, sayangnya hal tersebut tidak akan terjadi karena James Wan mengkonfirmasi bahwa durasi tampil Mera di The Lost Kingdom lebih kecil dari film pertama. Wan ternyata lebih ingin memfokuskan film ini untuk menampilkan hubungan antara Aquaman dan Orm. Jadi penampilan berbarengan antara Mera, Aquaman, dan anak mereka akan cukup kecil. Itulah dia Geeks anak Aquaman yang akan muncul di The Lost Kingdom. Mungkin karakternya akan dibuat sama atau justru berbeda. Kita tunggu aja ya Geeks!

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/