Tidak selamanya film memberikan hiburan atau sesuatu yang berkesan bagi seseorang, namun ada juga film yang justru hancurkan hidup orang lain. Film merupakan medium yang sengaja diciptakan untuk memberikan hiburan bagi para penontonnya. Meskipun begitu, pengaruh dari film memang harus kita akui sangatlah besar. Bahkan, saking besarnya pengaruh sebuah film ada beberapa judul film yang justru hancurkan hidup orang lain. Apa saja?

8The Conjuring

The Conjuring merupakan salah satu film horor yang sangat populer dalam satu dekade terakhir. Film ini menghadirkan sesuatu yang baru bagi genre horor, di mana bahkan terdapat universe khusus dari filmnya. The Conjuring sendiri bersetting di Rhode Island pada tahun 1971, di mana seorang ahli aktivitas paranoemal, Ed dan Lorraine Warren, mencoba untuk menolong keluarga Perron.

Keluarga tersebut sering mengalami berbagai kejadian aneh dan mengerikan di rumah mereka. Efek yang kemudian muncul dari film ini adalah tidak ada lagi orang yang mau untuk membeli berbagai benda-benda atau artefak kuno dari seseorang. Mayoritas takut jika benda tersebut ternyata berhantu. Selain itu, pemilik dari bangunan keluarga Perron yang selanjutnya, Gerald Helfrich dan Norma Sutclife, justru harus menanggung akibat lain dari film itu.

Sejak film The Conjuring rilis pada 2013, keluarga tersebut banyak mendapat teror dari orang-orang berupa vandalisme, masuk tanpa izin, dsb. Diketahui total ada sekitar 500 kasus yang mereka laporkan kepada pihak kepolisian. Keluarga tersebut  juga sempat menuntut pihak produser filmnya di tahun 2015 atas apa yang terjadi. Pada 2019, rumah tersebut dijual kepada pasangan Warren dan rumah itu dijadikan sebagai museum.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.