Chapter terbaru dari Boruto: Two Blue Vortex hadirkan sebuah teknik terbaru dari Boruto yaitu Rasengan Uzuhiko dan ini penjelasan tekniknya. Setelah timeskip selama kurang lebih empat tahun, Boruto Uzumaki kembali ke desa Konoha. Kondisi fisiknya berubah drastis di mana dia jauh lebih besar dan jauh lebih kuat. Bukti peningkatan kekuatan boruto adalah bagaimana dia menggunakan teknik Rasengan baru yaitu Rasengan Uzuhiko.

Penjelasan Rasengan Uzuhiko

rasengan uzuhiko borutoRasengan Uzuhiko merupakan teknik terbaru yang Boruto hadirkan dalam cerita Boruto: Two Blue Vortex. Teknik ini muncul di halaman terakhir chapter 2 manganya. Boruto menggunakan teknik Rasengan Uzuhiko untuk menghadapi Code yang tidak mau pergi dari Konoha. Namun, ada hal menarik dari teknik Rasengan baru yang digunakan oleh Uzumaki Boruto ini.

Seperti yang Geeks ketahui, Boruto merupakan sosok shinobi yang sangat luar biasa meskipun usianya masih sangat kecil. Boruto diketahui mampu menciptakan Jutsu versinya sendiri yang merupakan pengembangan dari teknik yang ada. Misalnya, teknik Vanishing Rasengan yang menjadi salah satu pengembangan teknik Rasengan dari Boruto. Rasengan Uzuhiko pun kemungkinan besar adalah hasil pengembangan dan ciptaan dari Boruto.

Namun, ada yang menarik dari Rasengan Uzuhiko. Meskipun telapak tangan Boruto nampak mengumpulkan chakra seperti umumnya penggunaan teknik tersebut, namun dari apa yang dihadirkan dalam halaman tersebut justru chakra yang terkumpul bukan hanya ada di telapak tangannya saja. Jika Geeks perhatikan, chakra tersebut justru berkumpul di sekitar tubuh dari Boruto.

Dengan kata lain, ada kemungkinan jika Rasengan Uzuhiko adalah teknik atau Jutsu yang merubah Boruto menjadi manusia Rasengan atau Rasengan versi manusia. Yang juga menarik, seperti halnya Naruto, Boruto pun kemungkinan menambahkan Wind Release terhadap Rasengan miliknya tersebut, yang membuatnya bisa menghadirkan sebuah Rasengan yang tidak biasa.

Seberapa Kuat Rasengan Uzuhiko

rasengan uzuhiko boruto

Mengingat teknik Rasengan adalah sebuah teknik yang dahsyat, maka pengembangannya seperti Rasengan Uzuhiko jelas bisa diasumsikan sebagai sebuah jutsu yang tidak kalah dahsyat. Apalagi, jika kemudian Boruto memang memasukan atau mengombinasikan Transformasi Alam ke teknik tersebut. Merubah dirinya menjadi manusia Rasengan dan mengaplikasikan Wind Release akan memberikan Boruto keuntungan saat bertarung.

Satu serangan dari Rasengan Uzuhiko mungkin akan sanggup banyak sekali musuh yang ada di sekitarnya. Selain itu, serangan dari Boruto juga mungkin akan meningkat dengan tajam yang mana tentu akan membuat Code kewalahan. Boruto juga bahkan bisa saja menggunakan tekniknya dan lapisi pedang miliknya dengan Rasengan tersebut menambah daya serangan dari Boruto.

Yang juga menarik sekaligus penasaran adalah selain menggunakan Wind Release apakah kemudian Boruto juga mampu menggabungkan teknik Rasengan tersebut dengan Lightning Release. Boruto diketahui mampu menggunakan Lightning Release dan menggabungkannya dengan teknik Rasengan, yang mana inilah awal mula terciptanya Vanishing Rasengan.

Code sendiri nampak mengenal teknik Rasengan. Code menganggap Rasengan adalah teknik yang luar biasa. Namun, Rasengan Uzuhiko jelas akan membuat Code terkejut karena ini merupakan sebuah bentuk yang baru dan beda. Chapter 3 dari manga Two Blue Vortex bisa jadi akan memberikan penjelasan lebih mengenai teknik Rasengan Uzuhiko ini.

Inspirasi Rasengan Uzuhiko

Meskipun kemudian Boruto yang kemudian menciptakan atau mengembangkan teknik Rasengan Uzuhiko, para fans sendiri berspekulasi jika kemungkinan ada dua hal yang menginspirasinya. Yang pertama adalah asal-usul Rasengan dan keluarga Uzumaki. Sebagian fans menduga jika Rasengan Uzuhiko merupakan perwujudan dari penghormatannya terhadap keluarga atau klan Uzumaki.

Dalam manga one-shot Minato, dijelaskan jika nama Rasengan sendiri terinspirasi dari ulir bernama ‘Rasen’ yang menjadi sumber filosofis klan Uzumaki. Dan mengingat Minato sengaja menciptakan Rasengan untuk istrinya, Uzumaki Kushina, bisa dikatakan Rasengan adalah Jutsu yang memang erat dengan klan Uzumaki. Hal ini juga yang mungkin menginspirasi Boruto untuk menciptakan Rasengan Uzuhiko.

Selain klan Uzumaki, spekulasi para fans juga menduga jika teknik Chidori dari Sasuke menjadi inspirasi atas terciptanya Rasengan Uzuhiko. Sasuke memang merupakan sosok yang dekat dengan Boruto. Dia adalah mentor dari Boruto sekaligus juga sosok yang sangat dia percayai. Bukti kedekatan dari keduanya terbukti di chapter sebelumnya, bagaimana Sasuke memberikan ikat kepala miliknya kepada Boruto.

Dan yang paling jelas adalah bagaimana di chapter 2 ini terlihat Boruto memiliki pedang Kusanagi milik Sasuke dan juga jubah miliknya. Yang menarik juga adalah sebelum timeskip terjadi, Sasuke berjanji untuk membantu Boruto menghadapi semuanya. Pasca Kawaki menggunakan kekuatan Eida untuk mengubah kenangan ingatan dari orang orang tentang Boruto, Sasuke merupakan salah satu yang skeptis.

Sasuke mengakui jika dia merasa bahwa ada yang salah dengan ingatan miliknya, di mana dia mengenal sosok Boruto. Sasuke pun kemudian berjanji akan membantu Boruto, yang merupakan keinginan dari Sarada. Meskipun belum ada informasinya, Sasuke mungkin memang yang kemudian melatih Boruto saat timeskip terjadi. Dan pada momen inilah Boruto kemudian menciptakan Rasengan Uzuhiko, yang terinspirasi dari Chidori milik Sasuke dan sosok Sasuke itu sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.