7Shogun Warriors

Robot atau mecha memang sudah jadi hal yang menarik dan jadi salah satu daya tarik dari mainan di Jepang. Kepopuleran mecha bahkan sudah mewabah sejak puluhan tahun lalu. Salah satu lini mainan yang populer saat itu adalah Shogun Warriors. Melihat kepopuleran dari mainan mecha di Jepang pihak Amerika, dalam hal ini adalah Marvel Comics, coba untuk mengadaptasinya dalam cerita komik.

Shogun Warriors merupakan mainan yang lisensinya dipegang oleh perusahaan mainan Mattel, di mana Shogun Warriors menghadirkan sederet mainan robot dari Jepang. Mattel sendiri membeli lisensi mainannya dari sebuah perusahaan mainan asal Jepang bernama Popy. Di tahun 1979 hingga 1980 Marvel Comics coba untuk menghadirkan para karakter robot itu dalam komik mereka.

Dari sekian banyak robot di bawah banner Shogun Warriors, Marvel Comics hanya menghadirkan tiga robot saja; Raydeen, Combattra, dan Dangard Ace. Sayangnya, kepopuleran dari komiknya tidak terlalu terdengar. Bahkan, hampir tidak ada orang yang ingat dengan keberadaan komik ini. Di akhir cerita komiknya, ketiga Shogun Warriors tersebut mengalami nasib yang buruk di mana mereka dikalahkan dan hancur oleh Samurai Destroyer tanpa diperlihatkan apa yang terjadi. Hal ini terjadi setelah Marvel kehilangan lisensi dari karakternya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.