6The Saga of Crystar: Crystal Warrior

Setelah gagal dengan Shogun Warrior, Marvel Comics kemudian merilis komik adaptasi mainan lainnya di tahun 1983 yaitu Crystar. Pada tahun tersebut, Marvel menyiapkan sebuah konsep yang sudah mereka kembangkan di mana secara spesifik rencana tersebut memang bertujuan untuk menjual mainan. Perusahaan bernama Remco akhirnya tertarik untuk membelinya setelah terkesima dengan dunia yang Marvel buat.

Marvel sendiri sempat menjual satu figur dari Crystar satu tahun sebelumnya. Setelah perilisan komiknya, Marvel terus coba mengembangkan cerita tentang Crystar yang ditulis soleh Mary Jo Duffy dan Michael Golden. Cerita dari Crystar di komiknya sendiri sebenarnya cukup simpel. Para pejuang kebenaran, Crystal Warriors, harus berhadapan dengan para karakter pembawa kekacauan yaitu Magma People.

Pemimpin dari Magma People sendiri adalah saydara dari Crystar yaitu Moltar. Kesuksesan dari Crystar sendiri bisa dianggap masih cukup tinggi bahkan hingga sekarang. Beberapa karakter populer Marvel pun pernah muncul di komik Crystar yaitu Dr Strange, Nightcrawler, dan Alpha Flight. Penjualanan mainannya sendiri masih eksis hingga sekarang dan mampu bersaing dengan mainan lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.