Avengers adalah salah satu tim superhero terkuat di Bumi, bahkan diseluruh semesta. Mereka bertugas melindungi Bumi dari segala macam ancaman yang muncul. Terbukti, mereka mampu mengalahkan banyak villain yang berniat menghancurkan Bumi, mulai dari Thanos hingga Ultron. Meski mereka dianggap pelindung, ternyata di Marvel Comics, ada beberapa villain yang “diciptakan” oleh Avengers, baik secara senjaga maupun tidak sengaja. Memang beberapa di antara villain ini tidak diciptakan langsung oleh Avengers, tetapi Avengers memberikan pengaruh dalam terbentuknya villain ini. Siapa saja villain yang diciptakan Avengers?

1Ultron

Contoh paling jelas dari seorang Avengers yang menciptakan villain adalah saat Hank Pym alias Ant-Man membuat penemuan terhebatnya yaitu Ultron. Dengan menggunakan pola dari otaknya sendiri, Pym tidak menyadari bahwa ada ancaman yang menunggunya dari balik Ultron. Yap, ketika Ultron dibuat, dia mulai memberontak melawan sang penciptanya. Bahkan Ultron ingin membunuh dan menggantikan Pym. Ultron dengan cepat berevolusi dan membentuk Master of Evil-nya sendiri, lalu mencuri Adamantium untuk tubuh barunya.

Tidak peduli sudah berapa kali Ultron dikalahkan, tetapi dia mampu kembali. Dia seolah memiliki rencana darurat. Dan kebenciannya terhadap manusia membawanya kepada misi untuk melakukan genosida, seperti menghabisi seluruh penduduk Slorenia. Yang lebih gilanya lagi, Ultron kemudian mencuri pola otak dari Wonder Man, dan menyalinnya ke tubuh android Human Torch, hingga akhirnya menciptakan Vision. Kemudian dia juga menciptakan Jocasta menggunakan pola otak Janet Pym. Tetapi sama seperti Vision, Jocasta akhirnya memberontak melawan Ultron.

Sadar bahwa Hank Pym telah menciptakan villain menakutkan, rasa bersalahnya akhirnya menyebabkan Pym mengalami gangguan saraf. Yang harus dicatat bahwa asal-usul Ultron di komik berbeda dengan MCU. Selain itu, Hank Pym di komik adalah salah satu pendiri dari Avengers. Berbeda dengan Ant-Man di MCU yang hanya sebagai anggota Avengers, yaitu Scott Lang.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/