Avengers adalah salah satu tim superhero terkuat di Bumi, bahkan diseluruh semesta. Mereka bertugas melindungi Bumi dari segala macam ancaman yang muncul. Terbukti, mereka mampu mengalahkan banyak villain yang berniat menghancurkan Bumi, mulai dari Thanos hingga Ultron. Meski mereka dianggap pelindung, ternyata di Marvel Comics, ada beberapa villain yang “diciptakan” oleh Avengers, baik secara senjaga maupun tidak sengaja. Memang beberapa di antara villain ini tidak diciptakan langsung oleh Avengers, tetapi Avengers memberikan pengaruh dalam terbentuknya villain ini. Siapa saja villain yang diciptakan Avengers?

2Eric Williams

Eric Williams memang merupakan anak yang nakal saat masih kecil, tidak seperti saudara lelakinya, Simon Williams. Eric menjadi penjahat setelah Tony Stark (salah satu anggota Avengers) dianggap menghancurkan perusahaan keluarganya, sehingga menjadi bangkrut. Selain itu, Eric juga menyalahkan Avengers atas kematian Simon. Padahal ketika itu, Simon tewas setelah dia setuju secara sukarela untuk menjadi subjek eksperimen kekuatan yang dilakukan Baron Zemo, yang memberinya kekuatan ionik dan menjadi Wonder Man. Dengan kekuatan itu, Wonder Man kemudian menyamar menjadi Avengers, sebelum akhirnya tewas.

Nah berkat koneksinya, Eric meminta ilmuwan jahat yang dikenal sebagai Tinkerer untuk membuat senjata sabit yang digunakan untuk menggantikan tangan yang diamputasi. Sabit tersebut bisa mengeluarkan ledakan energi, dan berputar dengan kecepatan tinggi yang menjadikannya gergaji yang mematikan. Setelah itu, dia mengambil nama Grim Reaper, dan mengenakan kostum yang mirip seperti Grim Reaper untuk melawan Avengers, untuk membalaskan dendam atas kematian saudaranya.

Nah menariknya nih Geeks, saat Wonder Man kembali dari kematian, Grim Reaper menganggapnya sebagai versi palsu dari saudaranya. Reaper juga memiliki dendam terhadap Vision, melihatnya sebagai seseorang yang mencuri identitas Simon. Eric Williams alias Grim Reaper kemudian melanjutkan perang melawan Avengers, bahkan setelah dia meninggal dan dibangkitkan kembali.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/