OB merupakan karakter baru yang muncul di Loki season 2, namun siapa sebenarnya karakter tersebut? Dan apa pengaruhnya dalam cerita Loki? TV series Loki akan segera menghadirkan musim terbarunya yang akan tayang perdana pada Oktober 2023 mendatang. Seriesnya akan melanjutkan petualangan Loki dan Mobius pasca apa yang terjadi di TVA. Dan Loki season 2 akan hadirkan karakter baru, yaitu OB, namun siapa dia sebenarnya?

OB di Loki Season 2

ob loki season 2

OB merupakan karakter baru yang akan muncul di season 2 Loki. Karakter ini akan diperankan oleh aktor Ke Huy Quan. Karena merupakan karakter baru, belum ada penjelasan detail mengenai siapa sebenarnya OB. Namun, pihak eksektif produser dari seriesnya sempat memberikan petunjuk mengenai peranan dari OB di Loki season 2 ini di mana OB ternyata adalah seorang teknisi.

OB merupakan teknisi yang sangat cerdas yang bekerja di TVA. Dia adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendesain, menciptakan, dan memperbaiki semua teknologi, komputer, dan hal lainnya yang ada di TVA. Artinya, semua alat dan teknologi yang digunakan oleh TVA merupakan ciptaan dan rancangan dari OB. Juga, ini artinya OB bukan hanya sekedar teknisi cerdas.

Dari petunjuk tersebut, OB tahu seluk-beluk mengenaik TVA. Dia tahu semua hal atau bahkan berbagai fenomena yang ada, seperti yang terjadi kepada Loki. Dalam trailer terbaru kemarin kita melihat bagaimana Mobius dan Loki pergi untuk menemui OB. Mereka untuk mencari solusi dari fenomena time-slipping yang terjadi kepada Loki. Dan OB sendiri nampaknya tahu dan sering melihat fenomena tersebut, meskipun tidak tahu cara memperbaikinya.

Bagaimana kemudian Mobius dan Loki meminta bantuan kepada OB memberikan petunjuk jika dia akan memiliki peranan yang besar dalam seriesnya. Yang menarik adalah Loki merupakan series pertama dari Marvel Studios yang mendapatkan musim kedua, sehingga menarik untuk melihat seperti apa kelanjutan ceritanya. Namun, apakah kemudian OB merupakan karakter yang berasal dari komik?

OB Versi Komik

ob loki season 2

Dari apa yang yang diketahui sejauh ini, memang OB bisa dikatakan adalah karakter baru yang muncul di MCU. Meskipun begitu, ada kemungkinan jika karakternya mereferensikan terhadap salah satu karakter yang ada di cerita komiknya. Menurut rumor yang ada, karakter yang diperankan oleh Ke Huy Quan tersebut mereferensikan karakter Mr. Ouroboros.

Lalu, siapa sebenarnya Mr. Ouroboros? Dalam cerita Marvel Comics, Mr. Ouroboros merupakan kloning daring Mr. Paradox. Dia merupakan salah satu hakim yang ada di Time Variance Authority. Dia merupakan salah satu hakim yang ada saat persidangan She-Hulk. Namun, baik Mr. Paradox dan Mr. Ouroboros kemudian harus menghilang dari seluruh timeline Marvel ketika Retroactive Cannon digunakan untuk melawan mereka.

Mr. Paradox, yang juga dikenal dengan nama Mr. Tesseract, merupakan salah satu anggota manajemen junior di TVA yang melaporkan berbagai hal terhadap Mobius ketika Mobius naik jabatan. Dari apa yang muncul di trailernya sendiri, OB – yang bisa jadi adalah kependekan dari Ouroboros – memang nampak seperti bawahan dari Mobius dan juga sudah cukup lama tidak bertemu.

Sehingga, Marvel menggabungkan elemen dalam cerita komik dengan orisinalitas versi mereka. Yang menarik adalah Ouroboros juga bisa mengacu pada sebuah elemen sihir yang ada di Marvel Comics, yaitu Oculus Oroboros. Doctor Doom pernah berusaha untuk menggunakan dan mengendalikan kekuatan dari Oculus Oroboros, meskipun kemudian Doctor Strange berhasil untuk menghentikannya.

Ada juga karakter lainnya yang muncul di Marvel Comics dengan menggunakan nama tersebut, yaitu Admiral Ourobos. Karakter Admiral Ouroboros muncul dalam komik Silver Surfer Vol. 7 #11 yang rilis pada 2015. Dalam ceritanya, dia digambarkan sebagai karakter antagonis yang sempat bertarung menghadapai Silver Surfer.

Koneksi Dengan Mitologi Nordik

Selain adanya kemungkinan referensi dengan karakter di Marvel Comics bernama Ouroboros, OB juga kemungkinan memiliki koneksi dengan mitologi Nordik. Dalam mitologi Nordik, nama Ouroboros erat kaitannya dengan seekor ular yang memakan ekornya sendiri. Ulah tersebut tercipta oleh Jörmungandr atau Midgard Serpent atau World Serpent, ular yang sangat besar yang bersemayam di bawah laut.

Ouroboros memiliki ukuran yang sangat besar, di mana seluruh tubuhnya dikatakan bisa melilit seluruh bumi dan bahkan menggigit ekornya sendiri. Menurut legenda juga, ketika Jörmungandr melepaskan ekor dari Ourobors maka peristiwa mengerikan Ragnarok akan terjadi. Yang menarik kemudian adalah Ouroboros ini merupakan salah satu dari anak Loki dalam mitologinya.

Selain Ouroboros, anak Loki lainnya adalah Hel dan Fenrir yang mana keduanya sudah diadaptasi dalam cerita Thor: Ragnarok. Jadi, karakter OB sebenarnya memang memiliki kaitan yang erat dengan sosok Loki. Namun, seperti yang disebutkan di atas tentunya akan ada perubahan detail terkait dengan hal ini. Menarik tentunya untuk melihat seperti apa karakter OB dan seperti apa peranannya dalam Loki season 2.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.