Meskipun sudah disebut atau direferensikan dalam cerita, berbagai karakter ini nyatanya masih belum juga muncul di MCU. Selama lebih dari 10 tahun muncul, MCU sudah banyak menghadirkan karakter epik dan menarik. Sebagian dari karakter tersebut sudah direferensikan atau disebut dalam cerita di berbagai film. Sayangnya, meskipun sudah disebut para karakter itu masih belum muncul hingga sekarang di MCU. Siapa saja mereka?

1. Nova

Nova merupakan salah satu karakter yang sudah sejak lama disebutkan dalam cerita di MCU. Dalam cerita Guardians of the Galaxy sendiri kita bisa melihat bagaimana para Nova Corps merupakan pasukan pengamanan dari planet Xandar. Mereka berusaha untuk mempertahankan diri dari serangan Kree Empire. Dalam film Avengers: Infinity War, Thor mengatakan jika planet dan seluruh penduduknya sudah hancur oleh Thanos dalam pencarian Power Stone.

Petunjuk tersebut membuat para fans MCU kini sedang menantikan kemunculan dari sosok Richard Rider alias Nova dalam jagat sinematik Marvel. Sebenarnya, banyak yang sempat menduga jika Nova akan muncul di film Infinity War tetapi dugaan tersebut meleset. Hingga sekarang, para fans masih menantikan kemunculan dari sosok Richard Rider yang merupakan sosok terakhir dari Nova Corps.

2. Amadeus Cho

Sosok Amadeus Cho juga merupakan salah satu karakter yang sudah sempat disebutkan di awal kemunculan MCU. Dalam film Avengers: Age of Ultron, para fans diperkenalkan dengan karakter Helen Cho yang diperankan oleh Claudia Kim. Dia adalah ilmuwan yang bertanggung jawab atas terciptanya Vision. Helen Cho sendiri merupakan ibu dari karakter superhero Marvel Amadeus Cho.

Kemunculan karakter Helen Cho menghadirkan spekulasi di kalangan fans jika Marvel sudah mempersiapkan karakterr Amadeus Cho. Dalam cerita komiknya, Amadeus Cho merupakan seorang ilmuwan yang sangat cerdas di mana dia menjadi penerus dari Bruce Banner dengan menggunakan nama Totally Awesome Hulk dan Brawn. Namun, hingga sekarang Amadeus Cho masih belum muncul.

3. Human Torch Versi Jim Hammond

Dalam komik Marvel Comics #1 bukan hanya memperkenalkan karakter Captain america dan Namor the Sub-Mariner, tetapi juga Human Torch. Sebelum julukan ini digunakan dan populer oleh Johnny Storm dari tim Fantastic Four, sebenrnya sosok karakter Jim Hammond adalah yang pertama kali menggunakan naama tersebut. Dia adalah android atau robot yang diciptakan oleh Phineas Horton.

Di MCU sendiri Human Torch sebenarnya sudah muncul secara sekilas dalam acara Stark Expo pada tahun 1943 dalam film Captain America: The First Avengers. Dalam pameran tersebut, karakternya tertulis sebagai “The Synthetic Man.” Sebelum rencana kemunculan Fantastic Four sekarang, sebenarnya karakter Jim Hammond bisa saja muncul. Namun, untuk saat ini, kemunculan Human Torch versi Jim Hammond bisa memunculkan kebingungan di kalangan fans.

4. Jocasta

karakter belum muncul mcu

Pasca Ulton mengunduh JARVIS ke tubuh yang dia ciptakan sendiri dalam film Avengers: Age of Ultron, yang kemudian menjadi sosok yang kita kenal sebagai Vision, Tony Stark butuh kecerdasan buatan lain untuk keperluannya. Dia kemudian menghadirkan FRIDAY, meskipun sebelumnya dia sudah merancang sebuah program bernama JOCASTA. Ini merupakan sebuah referensi menarik.

Dalam komiknya, Jocasta merupakan android yang juga diciptakan oleh Ultron untuk menjadi pengantinnya. Dia juga disetting untuk menjadi jahat oleh Ultron. Namun, dia kemudian berhasil lepas dari kendali Ultron dan menjadi pahlawan. Meskipun MCU sudah kalah, namun bisa jadi dia belum benar-benar hilang. Banyak yang meyakini jika kesadaran Ultron akan kembali di series Vision Quest bersamaan dengan kemunculan Jocasta.

5. Beta Ray Bill

karakter belum muncul mcu

Dalam film Thor: Ragnarok, ketika Sakaar muncul dalam cerita diperlihatkan jika Hulk merupakan juara dari arena milik Grandmaster. Namun, selain Hulk, ada juga karakter Marvel populer yang pernah dianggap sebagai mantan juara di arena tersebut. Mereka adalah Man-Thing dan juga Beta Ray Bill. Sosok Beta Ray Bill adalah salah satu dari sedikit non Asgard yang mampu mengangkat Mjolnir.

Film Thor 5 sendiri sudah dikabarkan sedang dalam masa pengembangan oleh pihak Marvel. Dengan respon yang beragam terkait dengan film Love and Thunder dan bagaimana Chris Hemsworth juga ingin ada pendekatan baru terkait karakternya, Thor 5 bisa jadi momen yang tepat untuk memperkenalkan karakter Beta Ray Bill. Ini juga bisa jadi jalan untuk memperkenalkan berbagai karakter kosmik MCU lain.

6. Miles Morales

karakter belum muncul mcu

Miles Morales merupakan salah satu karakter populer Marvel saat ini dan MCU sebenarnya sudah memiliki kesempatan untuk memperkenalkan karakternya. Referensi mengenai Miles Morales muncul dalam film Spider-Man: Homecoming. Dalam ceritanya, diperlihatkan bagaimana Peter Parker harus berhadapan dengan seorang penjahat bernama Aaron Davis, yang diperankan oleh Donald Glover.

Aaron Davis sendiri merupakan paman dari Miles Morales, yang terkenal dengan sebutan the Prowler. Aaron sendiri sempat diperlihatkan menelpon Miles pada saat itu. Referensi dari Miles Morales juga sempat muncul di film No Way home, di mana dia sempat mengatakan bahwa pastinya ada dunia di mana Spider-Man berkulit hitam yang tidak lain adalah Miles Morales. Dari laporan sebelumnya, sempat muncul informasi jika Marvel sudah mengantongi nama aktor yang mungkin bisa memerankan karakter Miles Morales.

7. Rick Jones

karakter belum muncul mcu

Rasanya memang aneh bagaimana Rick Jones masih belum juga muncul di MCU, padahal namanya sudah disebut atau direferensikan di film sebelumnya. Rick Jones merupakan karakter sidekick yang sudah pernah bekerja sama dengan Hulk, Captain Marvel, Captain America, dan sebagainya. Karakter Rick Jones sempat muncul dalam tayangan opening credit di film The Incredible Hulk.

Rick digambarkan sebagai murid di Culver University dan rekan dari Bruce Banner. Setelah 17 tahun berlalu sosok Rick Jones masih belum juga muncul di MCU. Namun, yang menarik adalah dengan adanya informasi karakter The Leader yang akan kembali muncul di film Captain America: New World Order, artinya sosok Rick Jones juga bisa saja muncul di film tersebut nanti.

Marvel Studios mungkin sudah memiliki rencana jangka panjang tersendiri sehingga membuat mereka belum menghadirkan berbagai karakter di atas di MCU, terlepas dari nama mereka sudah disebut atau direferensikan. Tetapi, ada peluang jika para karakter di atas akan muncul dalam berbagai proyek film Marvel kedepannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.