Teka-teki mengapa universe Miguel O’Hara hancur mungkin akhirnya terjawab di mana TVA adalah penyebab dari hal mengerikan tersebut. Dalam alur cerita film Spider-Man: Across the Spider-Verse para fans berhasil dibuat terkagum-kagum dengan sosok Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099. Namun, di sisi lain, para fans juga penasaran bagaimana kemudian universe dari Miguel bisa hancur. Terdapat sebuah teori menarik mengenai hal ini.

Asal-usul Spider-Man 2099

Kemunculan Miguel O’Hara alias Spider-Man 2099 merupakan salah satu tambahan karakter yang sangat dinantikan oleh para fans pasca kesuksesan Spider-Man: Into the Spider-Verse. Film yang rilis di tahun 2018 tersebut berhasil menghadirkan berbagai variant dari Spider-Man yang ada di multiverse Disney. Contohnya adalah Miles Morales, Spsider-Ham, Spider-Gwen, dan sebagainya.

Film animasi ini bisa dibilang sudah hampir menghadirkan seluruh variant Spider-Man yang pernah ada. Namun, para fans masih menyaksikan salah satu variant Spider-Man yang sangat populer yaitu Spider-Man 2099. Kabar baik kemudian muncul ketika Sony mengumumkan jika Spider-Man 2099 muncul di sekuel filmnya yaitu Spider-Man: Across the Spider-Verse.

Dalam film tersebut, Miguel O’Hara adalah sosok penting dan juga berpengaruh. Spider-Man 2099 tersebut adalah orang yang membentuk sebuah kelompok bernama Spider-Society yang merupakan kumpulan berbagai variant dari Spider-Man yang ada di multiverse Marvel. Miguel juga diketahui memiliki misi utama dalam film tersebut yaitu mencegah berbagai peristiwa nexus.

Inilah yang kemudian menjadi alasan Spider-Man 2099 coba untuk menghentikan Miles Morales. Bahkan, pada akhirnya, ini pun alasan mengapa Spider-Man 2099 kemudian menjadi musuh bagi Miles. Ada alasan mengapa kemudian Miguel melakukan hal tersebut. Menurut penuturannya, universe dari Miguel O’hara, Earth-928, harus hancur karena dia jadi penyebab sebuah peristiwa nexus.

Penyebab Hancurnya Universe Miguel

tva miguel o'hara

Siapa yang menghancurkan universe Miguel O’hara? Apa yang terjadi kepada universe tersebut? Filmnya sendiri tidak memberikan penjelasan mengenai siapa yang menghancurkan universe Miguel O’Hara. Satu hal yang jelas adalah Miguel mencoba untuk mencegah agar hal tersebut tidak lagi terjadi. Namun, yang terjadi justru situasinya kian memburuk.

Para fans pun coba untuk berteori mengenai siapa pihak yang kemudian bisa menghancurkan universe dari Miguel. Terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika ada kemungkinan Time Variance Authority alias TVA adalah penyebab dari hancurnya universe Miguel O’hara yaitu Earth-928. Mengapa TVA yang jadi penyebabnya? Seperti yang dijelaskan dalam series Loki, TVA adalah organisasi yang menjaga sacred timeline agar tetap sesuai dengan alurnya.

TVA selalu memonitor setiap hal yang bisa menyebabkan atau memunculkan peluang munculnya peristiwa nexus atau sebuah cabang dari peristiwa utama. Inilah yang kemudian menjadi penyebab kemunculan berbagai variant dari Loki. Siapa pun yang menciptakan cabang timeline akan ditangkap oleh TVA dan yang paling parah adalah terkena Prune.

Miguel O’Hara, dalam Across the Spider-Verse, bercerita bahwa dia melakukan sesuatu yang dia pikir adalah sebuah tindakan yang benar. Namun, ternyata apa yang terjadi itu merupakan sebuah “canon event” atau peristiwa yang memang sudah seharusnya terjadi dan tidak boleh diganggu gugat. Apa yang Miguel lakukan tersebut menjadi penyebab munculnya peristiwa nexus atau nexus event.

TVA pun pernah menyebutkan untuk menjaga agar tidak terjadi kekacauan yang lebih parah, dan menghapus cabang timeline yang ada, maka mereka akan menghancurkan universe itu. Pertanyaan besarnya kemudian apakah TVA memang bisa menghancurkan Earth-928? Dari dua film animasi Spider-Man ini, memang tidak ada tanda atau petunjuk mengenai kemunculan dari TVA.

Meskipun begitu, bukan berarti jika TVA tidak ada. Petunjuk terbesarnya sendiri adalah multiverse. Meskipun universe dari Spider-Society dan juga universe MCU berbeda, namun mereka semua ada di sebuah multiverse yang sama. Inilah yang kemudian membuat Spider-Man versi Tom Holland bisa muncul di film Venom. Atau bahkan membuat The Vulture (dan Spider-Man) bisa muncul dalam film Morbius.

Berdasarkan hal tersebut, meskipun tidak ada petunjuk mengenai keberadaan mereka di dua filmnya rasanya cukup masuk akal jika kemudian TVA mampu memberikan pengaruh atau bisa memiliki peran terhadap alur cerita di universe Spider-Verse, salah satunya adalah dengan menghancurkan universe dari Miguel O’Hara. Namun, dengan sosok He Who Remains, yang merupakan pemimpin dari TVA, diceritakan tewas oleh Sylvie menarik untuk menyaksikan apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah mereka akan juga ikut campur dalam film ketiga Spider-Verse nanti atau justru akan ada kejutan lain yang akan muncul masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.