71. Momen Superman Sebagai Gangbuster

Kisah Superman non canon yang pertama adalah ketika Superman menggunakan identitas lain yang sangat brutal. Dalam mayoritas cerita komik DC, Geeks tentunya mengenal Superman sebagai sosok pahlawan dari kota Metropolis. Dengan kekuatan yang dia miliki, Superman selalu berusaha melindungi dan menyelamatkan penduduk kota Metropolis dari berbagai ancaman yang ada.

Superman juga menjadi bagian dari tim pahlawan Justice League yang membuktikan sedahsyat apa sosoknya. Namun, dalam salah satu cerita diperlihatkan jika kota Metropolis pernah memiliki sosok vigilante seperti Batman yaitu Gangbuster. Sosok Gangbuster menggunakan kekuatannya untuk mengalahkan para kriminal. Tetapi, sosok di balik nama Gangbuster kemudian terungkap yang ternyata adalah Clark Kent.

Ternyata, dia sengaja menggunakan identitas tersebut dan bertindak sebagai vigilante. Gangbuster merupakan perwujudan dari rasa bersalah dari Clark Kent atas apa yang sudah dia lakukan sebelumnya, yaitu menghabisi nyawa penduduk Krypton lainnya dan Zod (meskipun dilakukan di pocket dimension). Selain itu, Clark juga frustasi ketika orang-orang sudah mulai lupa dengan keberadaan Superman sehingga dia mengasingkan dirinya dengan menjadi sosok brutal.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.