62. Superman dan Lex Luthor Tidak Saling Kenal

Dalam sejarah kemunculan Superman di DC Comics, Lex Luthor merupakan musuh bebuyutan dari sosok Superman. Sosok Lex Luthor mirip seperti Joker dalam cerita Batman. Sosok Lex Luthor selalu berusaha untuk bisa menyingkirkan Superman yang dianggap sudah menghancurkan mimpinya untuk menjadi sosok pahlawan. Banyak cara yang sudah dilakukan Lex untuk mengalahkan Superman, meskipun selalu gagal.

Tetapi, hal berbeda diperlihatkan dalam miniseries Man of Steel karya John Byrne yang merupakan cerita pasca peristiwa Crisis of Infinite Earths. Miniseries ini menghadirkan banyak perubahan besar, di mana salah satunya adalah bagaimana Lex Luthor bukan dihadirkan sebagai ilmuwan jahat melainkan seorang pebisnis seperti halnya Maxwell Lord. Selain itu, Lex Luthor dan Clark Kent juga diceritakan tidak saling mengenal.

Mereka berdua diceritakan tidak berasal dari satu wilayah yang sama, yaitu Smallville. Ini tentunya menjadi sebuah perubahan yang masif dalam mitologi Superman di DC Comics. Namun, hal ini kemudian dibatalkan beberapa kali. Misalnya, yang pertama adalah dalam komik Superman: Birthright di mana dalam komik ini mereka diperlihatkan tumbuh sebagai teman. Kemudian, di series Smallville juga dihadirkan seperti itu. Meskipun di New 52 kisah non canon superman ini tidak dihadirkan, namun di era modern beberapa judul komik kembali menghadirkan cerita ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.