Komik Marvel ternyata memiliki berbagai versi dari tim pahlawan kosmik Fantastic Four yang paling Powerful yang tidak kalah dari versi aslinya. Fantastic Four merupakan alasan utama mengapa penerbit Marvel bisa bertahan hingga sekarang. Tim pahlawan kosmik tersebut pertama kali muncul di tahun 1961 dan merupakan hasil karya dari Stan Lee dan Jack Kirby.

Dikenal dengan sebutan ‘Marvel First Family’ popularitas dan kesuksesan dari Fantastic Four yang membuat Marvel akhirnya terus menghadirkan berbagai karakter yang epik dalam berbagai cerita. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Fantastic Four sebenarnya memiliki berbagai versi yang powerful dan tidak kalah dahsyat dengan versi yang aslinya. Siapa saja mereka?

1. Challengers Of The Fantastic

Amalgam Universe dianggap sebagai crossover terbaik dalam sejarah komik, di mana kita melihat seluruh karakter dari DC dan Marvel Comics menyatu menjadi sebuah karakter baru. Hal ini pun memunculkan versi lain dari tim Fantastic Four yang paling powerful yaitu Challengers of the Fantastic. Ini merupakan hasil gabungan antara tim Fantastic Four dan Challengers of the Unknown.

Fakta menariknya adalah Challengers of the Unknown juga merupakan karakter hasil ciptaan dari Jack Kirby. Artinya, Challengers of the Fantastic merupakan gabungan dua karakter epik ciptaan Jack Kirby yang luar biasa. Selain identitas yang baru, para karakter ini juga memiliki markas yang baru dan kekutan super yang baru. Contohnya The Thing yang mampu menumbuhkan empat lengan.

2. Fantastic Thors

versi fantastic four paling powerful

Bagaimana jika tim Fantastic Four bukan berisi para pahlawan kosmik melainkan para Thor? Inilah yang dihadirkan dalam alur cerita Secret Wars. Ketika Doctor Doom menciptakan Battleworld, dia kemudian membentuk kelompok untuk membantunya menjaga Battleworld dari serangan zombie, iblis, superhero, supervillain, bahkan ancaman lain. Doom kemudian menciptakan Thor Corps.

Thor Corps sendiri merupakan pasukan keamanan yang memiliki kekuatan Thor. Yang menarik adalah beberapa anggota dari Thor tersebut merupakan bagian dari kelompok Fantastic Thors. Tidak banyak informasi yang diketahui tentang Fantastic Thors. Namun, mereka nampak memiliki kekuatan yang sama seperti Fantastic Four yang asli dengan tetap menggunakan palu mereka sebagai andalan.

3. Fearsome Four

Selain menjadi salah satu versi dari Fantastis Four yang paling Powerful, Fearsome Four mungkin adalah versi yang juga paling unik. Tim ini beranggotakan Howard the Duck, Nighthawk, She-Hulk, dan Frankenstein’s Monster. Tim Fearsome Four sendiri pertama kali muncul dalam cerita Fear Itself. Mereka memiliki satu tujuan yang sama yaitu mengalahkan sosok villain Psycho-Man.

Mereka juga berniat untuk menyelamatkan nexus dari seluruh realitas yang berada di dalam sosok Man-Thing. Sayangnya, tim Fearsome Four ini hanya muncul sekali yaitu dalam cerita Fear Itself. Namun, dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya memperlihatkan jika keempat karakter tersebut mampu untuk bekerja sama dengan baik. Sehingga, ketika kemudian ada cerita yang kembali mempertemukan keempat karakter ini semuanya akan berjalan efektif.

4. Future Foundation

versi fantastic four paling powerful

Future Foundation bisa dibilang adalah versi lain dari tim Fantastic Four yang menarik dan luar biasa. Karena, tim ini bukan beranggotakan empat atau lima orang melainkan lebih dari lima orang. Mereka semua adalah para pahlawan kuat dan cerdas di universe Marvel dan memiliki tujuan yang sama, yaitu menyelesaikan masalah dan menyelamatkan serta menjaga alam raya Marvel.

Reed Richards merasa bahwa banyak ilmuwan yang justru banyak menciptakan alat untuk menghancurkan dunia dibandingkan menyelamatkan dunia. Dia pun kemudian mengumpulkan para karakter yang cerdas untuk mewujudkan hal tersebut. Mereka bahkan mengesampingkan perselisihan dengan Doctor Doom dan memintanya untuk bergabung demi menyalamatkan bumi.

5. Fantastic Five

versi fantastic four paling powerful

Sesuai namanya, Fantastic Four adalah kelompok pahlawan yang berisi empat orang sosok kuat. Namun, Marvel pernah menghadirkan versi lain yaitu Fantastic Five yang berisi lima orang sosok kuat. Ketika Susan dan Reed Richards terluka dan harus absen dari aktivitas superhero, Johnny Storm yang kemudian mengambil alih sementara kepemimpinan kelompok tersebut.

Sebagai pemimpin, Johnny kemudian merekrut karakter lain yaitu Lyja the Skrull, Ms. Fantastic, The Thing, dan Franklin Richard. Kelompok ini kemudian dikenal dengan nama Fantastic Five. Kemunculan dua tambahan karakter ini benar-benar membuat versi Fantastic Four tersebut menjadi salah satu yang paling powerful, karena kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh masing-masing.

6. Ultimate Universe Future Foundation

versi fantastic four paling powerful

Seperti yang disebutkan di atas, Future Foundation merupakan organisasi yang mengumpulkan seluruh orang-orang cerdas di dunia Marvel untuk memecahkan berbagai masalah dan menyelamatkan alam raya. Namun, dalam versi Ultimate Universe, tim Fantastic Four mereka memiliki ide yang sama namun dengan anggota tim yang berbeda. Selain itu, tim ini dibentuk untuk menggantikan Fantastic Four bukan membantunya.

Tim pahlawan yang berisi karakter cerdas ini beranggotakan Iron Man, Susan Storn, Phil Coulson, Falcon, Doctor Doom, dan Machine Man. Selain itu, ada juga berbagai karakter cerdas lainnya yang bergabung dengan tim tersebut. Meskipun petualangan mereka di Ultimate Universe sangat luar biasa, namun tim ini benar-benar sangat aneh. Misalnya ketika Susan diminta untuk melahirkan anak dari Reed Richards sehingga universe dari Spider-Ham bisa selamat.

7. Future Fantastic Four

versi fantastic four paling powerful

Versi Fantastic Four paling powerful ini berasal dari Ultimate Universe. Akibta dari peristiwa dahsyat dalam cerita Ultimatum, banyak pahlawan dan villain yang tewas. Peristiwa ini juga memengaruhi Susan Storm. Pasalnya, akibat dari peristiwa tersebut dia harus kehilangan sang adik, Johnny. Susan pun kemudian bersumpah untuk membalas dendam terhadap semua mutan dan menghilangkan kekuatan super dari semua orang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Susan kemudian membentuk tim baru yaitu Namo, Ben Grimm yang kehilangan kekuatannya dan menggunakan armor Iron Man, serta kekasih dari Ben Grimm yaitu Firestar. Berbeda dengan tim Fantastic Four lainnya, tim ini lebih mengedepankan penggunaan ilmu pengetahuan dan berbagai alat canggih untuk memperlemah para mutan dan juga mahkluk super lainnya.

8. New Fantastic Four

Ketika seorang Skrull jahat bernama De’Lila berhasil menangkap Fantastic Four yang asli, dia memutuskan untuk membentuk tim Fantastic Four yang baru. Tujuannya adalah sebagai alat untuk mendapatkan kembali sebuah alat milik bangsa Skrull yang ada di tangan sosok villain, Mole Man. De’Lila mengumumkan kepada semua orang jika tim Fantastic Four yang lama sudah tewas.

Dia kemudian membentuk kelompok baru yaitu New Fantastic Four yang terdiri dari Spider-Man, Wolverine, Ghost Rider, dan The Incredible Hulk. Ini menjadi sebuah kejutan besar bagi para fans, karena bagaimana pun ini baru pertama kalinya mereka bergabung dan menjadi versi lain dari tim Fantastic Four. Sayangnya, mereka semua memutuskan untuk meninggalkan tim tersebut dan bergabung dengan tim lainnya.

9. Fearsome Four The House of M

versi fantastic four paling powerful

Fearsome Four memiliki juga versi lainnya yang muncul dalam cerita The House of M. Dalam cerita tersebut tim Fantastic Four melakukan perubahan terhadap asal-usul dari tim tersebut. Jika dalam cerita aslinya keempat orang tersebut mendapatkan kekuatan akibat radiasi kosmik, namun mereka justru tewas akibat hal itu dan menyisakan Ben Grimm. Doctor Doom kemudian menemukan Ben Grimm dan yang lain untuk kemudian dilakukan penelitian.

Doom kemudian berhasil untuk menciptakan kekuatan yang sama dengan para Fantastic Four. Dia kemudian memberikan kekuatannya kepada sang istri, Valeria, dan rekannya, Kristoff. Keempat karakter tersebut kemudian membentuk kelompok Fearsome Four. Yang membedakan adalah sumber kekuatan mereka berasal dari sihir dan bukan akibat radiasi kosmik seperti yang asli.

10. Black Panther dan Storm Fantastic Four

versi fantastic four paling powerful

Pasca peristiwa epik Civil War, Storm dan T’Challa diketahui harus kehilangan rumah mereka. Gedung kedutaan Wakanda pun hancur akibat pertempuran tersebut. Melihat hal tersebut, Reed Richard dan Susan Storm meminta keduanya untuk tinggal di Baxter Building dan menggantikan mereka untuk sementara waktu. Susan dan Reed berusaha untuk menyelesaikan permasalahan rumah tangga mereka.

Selama Susan dan Reed absen, Storm dan T’Challa pun kemudian mengisi posisi tersebut. Mereka pun kemudian menjadi bagian dari tim Fantastic Four bersama dengan Ben Grimm dan Johnny Storm. Mereka bahkan mengalahkan Galactus dan terlibat dalam cerita World War Hulk. T’Challa dan Storm benar-benar menjadi pengganti yang pas bagi Susan dan Reed Richard.

Tim Fantastic Four akan tetap menjadi tim pahlawan yang populer, bahkan hingga sekarang dan tahun-tahun yang aakan datang. Wajar memang karena tim pahlawan ini menarik serta unik, sehingga memberikan kesempatan bagi Marvel Comics untuk menghadirkan berbagai perubahan yang membuat ceritanya semakin menarik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.