Dalam sejarah kemunculannya di komik Marvel, karakter Iron Man pernah mendapatkan berbagai kisah plot twist yang luar biasa. Geeks tentu sudah tidak asing dengan karakter Tony Stark alias Iron Man. Popularitasnya di Marvel Cinematic Universe otomatis mengangkat juga popularitas karakternya di komik. Tony Stark memang merupakan karakter yang unik dan menarik.

Dalam berbagai cerita kita bisa melihat bagaimana Iron Man adalah sosok yang bisa oranglain andalkan. Dengan kecerdasan yang Tony miliki menjadikannya karakter yang penting dalam berbagai hal. Yang menarik adalah dalam cerita komik Marvel, Tony Stark memiliki beragam kisah plot twist yang mungkin tidak semua Geeks ketahui. Lalu, apa saja kisahnya?

Bekerja Sama Dengan Kang

Tony Stark sering kali Marvel gambarkan sebagai sosok yang selalu bisa dipercaya oleh semua orang, bahkan oleh rekan-rekannya di tim Avengers. Namun, hal ini kemudian terbukti salah karena ternyata Tony merupakan sosok pengkhianat. Dalam cerita The crossing yang rilis di tahun 1995, terungkap jika Tony Stark merupakan pengkhianat terbesar dalam tim Avengers.

Tony ternyata selama ini sudah menjalin kerja sama dengan sosok villain Kang the Conqueror. Dalam ceritanya, Kang berhasil memengaruhi Tony untuk mau bekerja sama dengannya. Dan yang paling ekstrim adalah bagaimana kemudian Tony pun mau untuk melakukan hal mengerikan yang Kang perintahkan, yaitu menghabisi nyawa teman-temannya. Para Avengers kemudian memutuskan untuk kembali ke masa lalu dan merekrut Tony Stark muda untuk mengalahkan versi masa depannya dan Tony dari masa depan pun kalah.

Tony Stark Adalah Pecandu Alkohol

Dalam cerita di MCU, kita melihat Tony Stark adalah sosok yang flamboyan, seorang bilyuner yang jenius, dan hampir tidak memiliki sisi negatif selain paranoid yang parah yang membuatnya beberapa kali hampir menghancurkan dunia. Namun, dalam cerita komik Marvel ada kisah plot twist dari Tony Stark yang mungkin tidak disukai banyak orang yaitu dia adalah pecandu alkohol.

Dalam cerita Demon in the Bottle yang rilis di era 1970an, komik Marvel menghadirkan cerita bagaimana Tony Stark harus menghadapi kecanduannya terhadap alkohol. Perusahaannya, Stark industries, mengalami banyak ancaman dan spionase. Tony juga mengalami banyak ancaman pembunuhan dari berbagai pihak. Kecanduannya terhadap alkohol pada akhirnya menghancurkan Tony dan kehidupannya. Beruntung, sosok Bethany Cabe berhasil menolong Tony dari kencaduannya.

Tony Stark Jadi Penyihir Agung

plot twist iron man marvel

Ini adalah salah satu kisah plot twist Iron Man yang paling menarik dalam daftar ini, meskipun sebenarnya dalam komiknya sendiri hampir tidak ada kaitan antara para X-Men dengan Iron Man. Dalam All-New X-Men Annual#1 para pembaca diperlihatkan salah satu anggota dari X-Men yaitu Eva Bell alias Tempus. Dia diketahui memiliki kekuatan yang dahsyat untuk memanipulasi dan melakukan perjalanan waktu.

Sayangnya, kekuatan Tempus tersebut tidak stabil yang mana hal tersebut sering menghadirkan bencana terutama bagi para mutan sendiri. Dalam cerita itu kemudian diperlihatkan bagaimana Tempus berusaha menemukan suami dan putrinya yang terlempar ke timeline lain. Dan Tempus meminta bantuan dari penyihir agung. Tetapi, yang mengejutkan sosok penyihir agung tersebut bukan Doctor Stephen Strange melainkan Doctor Anthony Stark.

Iron Man Menyatu Dengan Semua Karakter

Marvel Comics sering menghadirkan berbagai event crossover yang menarik dan sangat epik. Beberapa diantaranya adalah Infinity Warps yang kemudian diikuti oleh Secret Warps. Dalam ceritanya, Gamora diperlihatkan menggunakan Infinity Stones untuk membagi Marvel Universe menjadi dua. Efek dari hal tersebut adalah semua karakter yang ada di universe Marvel menyatu satu sama lain.

Kita pun kemudian diperkenalkan dengan berbagai karakater menarik seperti ArachKnight yang merupakan gabungan Spider-Man dan Moon Knight. Namun, yang paling menarik dari semuanya adalah Iron Hammer. Ini merupakan gabungan antara Tony Stark dan Thor. Tidak berhenti sampai disitu, universe kemudian kembali menyatu yang membuat Iron Man menyatu dengan Black Panther, Ghost Rider, Thor, Spider-Man, Captain America, Doctor Strange, dan Moon Knight. Gabungan dari 10 kepribadian tersebut memunculkan pahlawan epik bernama The Hammer Supreme. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.