Menyatu Dengan Armornya

Selain menyatu dengan berbagai karakter Marvel lain, Tony Stark juga ternyata pernah menyatu dengan armor Iron Man miliknya yang jadi salah satu plot twist epik dari kisah Iron Man. Jika dalam momen Tony Stark menyatu dengan para karakter Marvel lain nampak menyenangkan dan menarik, momen Tony yang menyatu dengan armor miliknya ini justru nampak mengerikan.

Dalam komik Tony Stark: Iron Man #16, Tony diperlihatkan berusaha untuk menyalamat sang kekasih, Janet, yang diculik oleh Ultron Pym. Tony dan para sekutunya kemudian menemukan Ultron Pym di Avengers Mansion yang tidak terpakai. Dalam pertempuran tersebut, Tony terkena ledakan dari sebuah generator molekul yang membuatnya harus menyatu dengan armor yang dia kenakan.

Tony Stark Diciptakan Robot Alien

plot twist iron man marvel

Banyak fans yang mungkin melihat sosok Tony Stark sebagai karakter yang hampir mustahil untuk muncul di universe tersebut. Kecerdasan, talenta, karisma, dan kemampuannya benar-benar sangat luar biasa. Komik Marvel kemudian muncul dengan kisah plot twist yang menarik di mana Iron Man alias Tony Stark sengaja didesain seperti itu. Dalam hal ini, Tony sengaja didesain dan diciptakan oleh robot alien.

Dalam cerita Secret Origin of Tony Stark, Marvel memperkenalkan Recorder 451, robot alien dari planet lain. Ternyata, Recorder 451 sudah sejak lama terkoneksi dengan keluarga dari Tony Stark. Ketika ibu Tony mengandung, sebenarnya bayi Tony memiliki kesempatan kecil untuk selamat. Record 451 kemudian menawarkan kesepakatan di mana Tony akan bisa lahir dengan selamat jika dia bisa melakukan rekayasa genetik yang menjadikannya super jenius dan kemampuan membuat senjata untuk melindungi bumi.

Punya Adik Rahasia

plot twist iron man marvel

Yang menarik adalah Recorder 451 ternyata bukan hanya menyelamatkan nyawa dari Tony. Ketika Howard Stark menyadari jika anak yang didesain oleh Recorder 451 tidak akan bertahan selama 30 tahun, dia pun kemudian melakukan rekayasa genetik sendiri. Dia menyuntikan sang istri, Maria, dengan serum buatannya dengan harapan bisa mengubah desain yang sudah dihadirkan oleh Recorder 451.

Yang terjadi, justru serum tersebut mengacaukan semua rekayasa genetik yang sudah dilakukan oleh Recorder 451. Anak mereka pun kemudian lahir yang kemudian diberi nama Arno. Sayangnya, Arno justru harus mengalami penyakit aneh yang membuatnya tidak bisa bergerak. Mereka pun memutuskan untuk menyembunyikan hal tersebut dari sang alien dengan cara mengadopsi anak lainnya yaitu Tony. Yang menarik adalah Arno stark merupakan sosok di balik Iron Man 2020.

Tony Stark Asli Sudah Tewas

plot twist iron man marvel

Kisah plot twist dari Iron Man dalam komik Marvel yang terakhir adalah Tony Stark sebenarnya sudah tewas selama ini. Dalam event Civil War II, Tony Stark diceritakan menghadapi koma yang mana menjadi akhir dari kisah Tony. Untuk bisa “selamat” dari kematian, tubuhnya kemudian dibangun ulang dari satu molekul ke molekul lain. Sayangnya, rencana tersebut tidak sesuai dengan perkiraan.

Ternyata sosok Tony yang “kembali dari kematian” tersebut merupakan versi baru dari Tony. Sosok tersebut memiliki kepribadian yang sama, wajah yang sama, dan bahkan ingatan yang sama. Tetapi, tubuh tersebut nyatanya dibangun dari DNA yang baru. Setelah beberapa tahun Tony baru menyadari jika dia bukan seperti yang dipikirkan. Pada kenyataanya, sosok Iron Man muncul dalam cerita sejauh ini bukanlah manusia melainkan manusia buatan dan robot canggih yang menggunakan kecerdasan buatan.

Dunia komik memang memiliki kesempatan untuk menghadirkan berbagai cerita yang menarik dan epik, apalagi dengan berbagai kisah plot twist yang mengejutkan para pembacanya. Dan berbagai kisah plot twist Iron Man di atas jadi contoh tentang berbagai plot twist yang pernah muncul dalam cerita di komik Marvel.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.