Di antara para karakter yang ada di Marvel Comics, Hulk mungkin menjadi yang paling diingat oleh penggemar. Bagaimana tidak? Dia adalah pahlawan di Bumi. Tetapi di saat yang sama, dia juga sering menghancurkan Bumi saat mengamuk. Selama ini, Hulk yang paling sering muncul adalah Hulk versi Bruce Banner. Dan sebenarnya ada karakter lainnya yang pernah menjadi Hulk seperti Amadeus Cho, John Eisenhart, dan Jennifer Walter. Karena banyak versi Hulk yang pernah muncul, yang menjadi pertanyaan adalah siapa di antara mereka yang paling kuat? Berikut adalah versi Hulk terkuat di Marvel Universe.

Ultimate Hulk

Sesuai dengan namanya, Ultimate Hulk berasal dari Ultimate Universe, tepatnya di Earth-1610. Dia lebih brutal dibanding Hulk biasa. Yang membuat karakternya semakin menarik adalah fakta bahwa Ultimate Hulk bukan karakter yang terpisah dari Banner. Dia justru perwujudan dari Banner itu sendiri. Banner menjadi Ultimate Hulk setelah membuat ulang Serum Super Soldier dan mencampurkannya dengan Gamma. Setelah itu, dia menggunakannya pada diri sendiri. Ultimate Hulk mirip dengan kebanyakan versi Hulk karena dia memiliki tingkat kekuatan yang tak terbatas, yang ditentukan oleh kemarahannya. Dan yang harus dicatat bahwa Ultimate Hulk bukanlah pahlawan dan lebih mirip seperti villain karena tingkah lakunya.

Hulk The End

Dalam masa depan Marvel Universe, Hulk menjadi sosok terakhir yang hidup di Bumi. Tidak ada manusia yang tersisa, sehingga akhirnya Hulk hidup menyendiri. Tetapi justru itulah mimpinya untuk hidup menyendiri. Meski Hulk ingin sendiri, tetapi tidak dengan alter egonya, Bruce Banner yang ternyata masih ada dalam tubuh Hulk. Ketika itu, Banner tidak bisa mengambil alih tubuhnya, karena Hulk lah yang mengendalikan tubuhnya. Hulk The End memang sangat kuat. Pasalnya setiap hari, dia harus melawan kecoak-kecoak raksasa yang berkerumun di seluruh dunia, memakan apapun yang mereka temukan. Bahkan kecoak itu mampu memakan sebagian besar tubuh Hulk. Hulk The End memang hidup dilingkungan yang ekstrim, sehingga tubuhnya terbiasa dan membuatnya semakin kuat.

Red Hulk

Hulk terkuat selanjutnya adalah Red Hulk. Rasanya semua orang sudah mengetahui siapa Red Hulk. Red Hulk memang sangat kuat, bahkan mampu menyaingi kekuatan Hulk dengan mudah. Bagaimana tidak? Red Hulk mampu menyerap energi dari orang lain di sekitarnya. Ini berarti, setiap Hulk melawan Red Hulk, maka Hulk akan kehilangan radiasi gammanya karena kekuatan itu akan diserap oleh Red Hulk. Dan semakin banyak energi yang Red Hulk serap, maka semakin kuat pula dirinya. Dalam komik, Red Hulk juga bisa menyerap Power Cosmic dari Silver Surfer. Jika Bruce Banner adalah sosok dibalik Hulk, sementara sosok dibalik Red Hulk adalah Jenderal Thaddeus Ross alias Thunderbolt.

Old Man Hulk

Dalam alur cerita Old Man Logan, Bruce Banner alias Hulk menjadi gila setelah orang-orang jahat mengambil alih dunia. Lebih gilanya lagi, Hulk melakukan hubungan sedarah dengan sepupunya yang membuatnya memiliki beberapa anak dari hasil hubungan tersebut. Nah, ketika Banner berubah menjadi Old Man Hulk, tubuh Hulk lebih besar dari inkarnasi Hulk yang biasa. Old Man Hulk terkenal sangat kuat, sampai-sampai membuat Hulk biasa terlihat sangat biasa. Dalam komik, Old Man Hulk pernah dipertemukan dengan Wolverine untuk bertarung. Hulk terbukti mampu menghabisi Wolverine dan memakannya. Tetapi ternyata itu adalah siasat Wolverine untuk mengalahkan Hulk.

Maestro

Hulk Terkuat berikutnya adalah Maestro. Maestro adalah versi Hulk yang menjadi penguasa Bumi. Tetapi dia bukanlah pahlawan melainkan villain yang telah membunuh setiap orang yang memiliki kekuatan super. Karena tidak adalagi yang menentangnya, Maestro kemudian menjadi penguasa di Bumi dan menjadi gila. Maestro memang sangat overpowered dibandingkan dengan Hulk biasa. Hal itu disebabkan karena akumulasi radiasi Gamma yang dia terima sejak lama. Radiasi itulah yang membuatnya berkali-kali lipat lebih kuat dari Hulk. Karena Maestro gila, dia menjadi tidak bisa marah, sehingga Maestro menjadi salah satu Hulk yang memiliki batas kemarahan.

World Breaker Hulk

Sebelum Civil War terjadi, Illuminati pernah mengirim Hulk ke luar angkasa, hingga akhirnya dia hidup di sebuah planet Sakaar. Dalam planet tersebut Hulk menjadi seorang petarung gladiator. Itulah yang akhirnya menempa Hulk menjadi lebih kuat hingga akhirnya dia bisa menjadi penguasa di Sakaar dan memiliki keluarga. Ketika istrinya tewas dalam sebuah peristiwa, World Breaker Hulk menjadi sangat marah dan kembali ke Bumi. Ketika itulah World Breaker Hulk yang memiliki kekuatan dan kecerdasan di atas rata-rata Hulk mulai membuat onar. Bahkan Hulk mampu mengalahkan seluruh anggota illuminati. Beruntung karena Sentry akhirnya muncul untuk menghentikan Hulk. Namun pertarungan keduanya justru merusak Bumi.

Uni Power Hulk

Dalam komik Captain Universe #1, komik tersebut menampilkan versi Hulk terkuat sepanjang masa. Dia adalah Uni Power Hulk yang mendapatkan kekuatan Uni Power dari Captain Universe. Setelah itu, kulit Hulk berubah menjadi biru. Saat memiliki Uni Power, Hulk mampu mengontrol amarahnya lebih mudah, sehingga dia tidak banyak membuat kerusakan. Uni Power bukanlah kekuatan biasa, karena sudah banyak pahlawan super di Marvel yang mendapatkan kekuatan itu. Namun dengan Hulk biasa saja yang sudah sangat kuat, dapat dibayangkan seperti apa kekuatan Hulk dengan Uni Power. Dengan Uni Power, berarti Hulk memiliki kekuatan kosmik. Tetapi kekuatan ini tidak berlangsung lama, karena kekuatannya menghilang setelah Hulk dan kawan-kawan mengalahakan sekelompok musuh.

Itulah dia Geeks beberapa versi Hulk terkuat di Marvel Universe. Jika Hulk biasa saja sudah sangat kuat, maka tentu saja mereka jauh lebih kuat lagi. Di antara para Hulk terkuat itu, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/