Dalam dunia fiksi dan pop culture dunia, Godzilla terkenal sebagai ikon kaiju dari tahun 1950-an yang hingga sekarang tak tergantikan. Monster raksasa dari Jepang ini bisa dibilang telah mengilhami banyak sekali ragam kreasi dan adaptasi di dunia hiburan khususnya yang bertema kaiju. Namun sebagai penggemar, pernahkah kalian berpikir bagaimana jadinya jika DNA Godzilla digunakan untuk menciptakan kaiju baru yang lebih mengerikan? Faktanya dalam sejarah Godzilla sendiri memang ada setidaknya lima kaiju yang lahir dari DNA-nya. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Biollante

Kaiju DNA Godzilla

Terlepas dari bentuknya yang mungkin tidak terlalu mirip dengan sang King of Monsters, pada kenyataannya Biollante adalah kaiju yang diciptakan seorang ilmuwan bernama Genichiro Shiragami dari DNA Godzilla, bunga mawar, dan bahkan manusia. Gabungan terlarang ini lantas membuat Biollante menjadi monster yang sudah tidak bisa dikendalikan oleh siapa pun dan terus tumbuh menjadi seekor kaiju jahat. Karena pada dasarnya Biollante adalah keturunan dari Godzilla, dia juga akhirnya mengembangkan kemampuan regenerasi yang membuatnya sangat sulit untuk dikalahkan. Dalam pertarungan mereka, Godzilla bahkan sampai kewalahan karena cairan asam dan sulur-sulur milik Biollante.

Destoroyah

Destoroyoha memang bukan kaiju yang sejak awal lahir dari Godzilla. Dia sebenarnya adalah gabungan dari koloni krustasea yang bermutasi akibat terkena efek ledakan Oxygen Destroyer, sebuah bom dahsyat yang dipakai umat manusia untuk membunuh Godzilla pertama pada tahun 1954. Namun saat muncul pertama kali ke permukaan, kaiju mirip campuran serangga dan kepiting ini justru berhasil menyerap DNA Godzilla Junior dan kemudian membunuhnya. Pada titik inilah dia berevolusi menjadi wujud sempurnanya yang lebih mirip seperti iblis, di mana ukurannya jauh lebih besar dari Godzilla dewasa.

Kiryu

Kaiju DNA Godzilla

Meskipun banyak yang bilang bahwa Mechagodzilla lebih cocok disebut sebagai robot daripada kaiju, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk versi Kiryu yang pada dasarnya lahir dari DNA Godzilla. Kiryu sendiri adalah Mechagodzilla keempat yang dibangun oleh Anti-Megalosaurus Force dari tulang Godzilla asli yang tewas karena ledakan Oxygen Destroyer. Awalnya dia diprogram untuk untuk mengalahkan Godzilla baru, tetapi saat sang King of Monsters mengaum, Godzilla di tubuh Kiryu malah bangkit sehingga dia mengamuk dan tidak bisa dikendalikan lagi. Tubuh yang lebih canggih dan murka Godzilla, menjadikannya seekor kaiju semi robot yang sangat berbahaya bagi umat manusia sendiri.

Orga

Kaiju DNA Godzilla

Memiliki cerita origin yang cukup unik, Orga ternyata merupakan kaiju yang lahir dari DNA Godzilla. Semuanya bermula ketika bangsa alien Milennian menginvasi Bumi dengan pesawat UFO andalan mereka. Untuk mencapai tujuannya, pesawat mereka lantas mencoba menyerap DNA Godzilla sampai akhirnya berubah menjadi kaiju mengerikan bernama Orga. Pada titik perubahan inilah Millenians justru malah kehilangan kendali atas pesawatnya, di mana tujuan utama Orga berubah menjadi ingin melahap Godzilla. Dengan lengan yang besar serta mulut yang bisa membuka sampai ke perut, Orga menjadi lawan yang sangat tangguh bagi sang King of Monsters Godzilla.

SpaceGodzilla

Kaiju DNA Godzilla

SpaceGodzilla adalah kaiju jahat yang terlahir dari gabungan DNA Godzilla dengan mineral dan energi luar angkasa yang entah bagaimana awal mulanya. Medan gaya dari black hole lantas membuat gabungan yang terbilang mustahil ini justru hidup sebagai kaiju baru yang sekilas mirip Godzilla, tetapi dengan bongkahan kristal keras yang tumbuh pada beberapa bagian tubuhnya. Selain bentuknya yang mengerikan, SpaceGodzilla juga dibekali dengan berbagai kekuatan luar biasa, termasuk telekinesis, telepati, kemampuan untuk melayang, memanipulasi energi alam, dan bahkan mengendalikan pikiran musuh. Dengan semua itu, tidak aneh jika dia menjadi ancaman besar bagi Godzilla, Bumi, dan seluruh isinya.

Eksistensi lima kaiju mengerikan yang lahir dari DNA Godzilla ini mengingatkan kita pada konsekuensi manipulasi genetik dan eksperimen ilmiah yang sebagian besarnya dilakukan oleh manusia itu sendiri. Skenario ini menunjukkan bahwa bahaya yang dihasilkan karena mempermainkan kekuatan alam, apalagi yang berhubungan dengan Godzilla, malah akan sangat mengancam Bumi dan seluruh isinya. Pada akhirnya Godzilla sendiri yang harus turun tangan untuk mengatasi masalah manusia dengan mengalahkan para keturunan tidak langsungnya ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.