Marvel Cinematic Universe telah menghadirkan banyak sekali kisah petualangan superhero yang epik dan penuh aksi selama bertahun-tahun, baik itu dalam bentuk film layar lebar, series, maupun tayangan animasi. Tidak hanya film utamanya saja yang menjadi sorotan, tetapi juga mid/post credit scene yang seringkali menyisakan pertanyaan menarik tentang masa depan MCU. Meskipun banyak yang sudah terjawab, tetapi beberapa di antaranya seakan ditinggalkan. Dalam artikel ini, kami akan membahas delapan credit scene MCU yang paling menggantung karena masih meninggalkan pertanyaan besar hingga hari ini!

Doctor Strange (2016)

Post credit scene film Doctor Strange pertama bisa dibilang telah menyisakan sebuah misteri menggantung di MCU yang sampai hari ini tidak pernah terjawab. Dalam adegannya kita diperlihatkan kepada karakter Karl Mordo yang mengambil kemampuan sihir Jonathan Pangborn, dia lantas menjelaskan ambisisnya untuk menghabisi para penyihir yang ada di Bumi. “Aku akhirnya mengetahui apa yang salah dengan dunia ini, yaitu ada banyak sekalig penyihir,” ungkap Mordo. Namun setelah bertahun-tahun berlalu sampai hari ini seakan-akan tidak ada satu orang pun yang sadar dengan perbuatannya, bahkan Doctor Strange dan Sorcerer Supreme Wong di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Spider-Man: Homecoming (2017)

Selanjutnya, masih ingatkah kalian dengan mid credit scene Spider-Man: Homecoming yang malah meninggalkan pertanyaan menggantung kepada para penggemar MCU. Benarkah Mac Gargan akan menjadi villain di film selanjutnya? Saat itu kita diperlihatkan pada adegan di mana mantan supervillain Vulture’ Adrian Toomes dijegal oleh Mac Gargan yang mengaku akan segera membalaskan dendamnya kepada Spidey. Dari sinilah banyak penggemar yang berharap bisa melihatnya kembali sebagai supervillain Scorpion seperti di Marvel Comics. Namun pada kenyataannya setelah Marvel Studios merilis dua film sekuel Spidey di MCU, jangankan Scorpion, nama Mac Gargan juga seperti hilang ditelan Bumi.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)

Misteri menggantung MCU yang ditinggalkan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings terdapat pada mid credit scene filmnya. Di mana penggemar seakan-akan dibiarkan berspekulasi sendiri tentang eksistensi Ten Rings. Semuanya bermula dari ajakan Wong kepada Shang-Chi dan Katy untuk mengikuti pertemuan rahasia bersama Bruce Banner dan Captain Marvel. Meskipun mereka tidak tahu dari mana asalnya, tetapi kesimpulannya Ten Rings mengirimkan sinyal ke suatu tempat. Ada yang berteori bahwa artefak tersebut berasal dari planet Naga Makluans, ada juga yang merasa Ten Rings mirip seperti teknologi Kang the Conqueror. Namun tidak ada satu pun teorinya yang terbukti hingga hari ini.

Eternals (2021)

Credit scene mcu menggantung

Tidak tanggung-tanggung, film Eternals justru bisa dibilang telah menyisakan misteri menggantung dengan kedua adegan kreditnya di MCU, baik itu mid maupun post credit scene. Pada mid credit scene, setelah sisa Eternal diculik oleh Arishem the Judge, Makkari, Druig, dan Thena yang tengah di luar angkasa bertemu dengan Eros, saudara Thanos yang juga seorang Eternal dari Titan. Kemudian pada post credit, kita diperlihatkan pada adegan Dane Whitman yang membuka peti Ebony Blade dan tiba-tiba dihalangi oleh suara misterius. Sampai hari ini tidak ada penjelasan pasti bagaimana kelanjutan kisah para Eternals dan Dane Whitman yang masing-masing bertemu orang asing tersebut.

Spider-Man: No Way Home

Credit scene mcu menggantung

Satu lagi film sang Web-Slinger MCU yang credit scene filmnya meninggalkan sebuah misteri menggantung adalah Spider-Man: No Way Home. Setelah semua karakter varian kembali ke semesta alternatif masing-masing, dan seluruh dunia akhirnya lupa dengan identitas rahasia Spider-Man, pada adegan post credit scene kita diperlihatkan bahwa ternyata Venom dari Sony’s Spider-Man Universe sempat terbawa juga ke MCU. Nah setelah dia kembali ke semestanya ada seonggok symbiote yang tertinggal. Artinya jika kisah tersebut dilanjutkan, seharusnya saat ini sudah ada seorang Venom baru di MCU. Sayangnya belum ada kisah lanjutan yang bisa menceritakan harl itu.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Credit scene mcu menggantung

Meskipung menyinggung sebuah ancaman yang besar di MCU, yaitu peristiwa Incursion, tetapi mid credit scene Doctor Strange in the Multiverse of Madness malah meninggalkan misteri yang sangat menggantung. Dalam adegannya kita diperlihatkan pada pertemuan antara Doctor Strange dengan Clea yang berasal dari Dark Dimension. Keduanya lantas pergi ke Dark Dimension untuk menyelesaikan peristiwa incursion yang disebabkan oleh Strange. Sebagai pengingat, Incursion adalah peristiwa kiamat yang ditandai dengan dua atau lebih semesta yang saling bertabrakan. Namun sampai sekarang tidak ada yang tahu apa yang akan dilakukan oleh Strange untuk mencegah ancaman tersebut.

Thor: Love and Thunder (2022)

Credit scene mcu menggantung

Tidak ada bedanya dengan Multiverse of Madness, mid credit scene film keempat Thor yang berjudul Love and Thunder juga telah menyisakan sebuah misteri besar yang sangat menggantung. Padahal dalam adegannya kita diperlihatkan pada kemunculan sosok Hercules, yang mendapatkan perintah dari ayahnya Zeus untuk mengembalikan kejayaan dewa-dewa di mata manusia dengan membunuh sang God of Thunder Thor. Di Marvel Comics sendiri premis seperti ini seharusnya sudah menyebabkan perang besar antara dua pantheon dewa, Asgard dan Olympus. Namun anehnya hingga saat ini masih belum terdengar pergerakan yang berarti dari Hercules, mungkin suatu saat nanti.

Ant-Man and the Wasp Quantumania (2023)

Credit scene mcu menggantung

Terakhir, misteri besar yang sampai hari ini masih menggantung di MCU adalah apa yang terlihat di mid credit scene Ant-Man and the Wasp Quantumania. Di mana Council of Kangs yang dipimpin oleh Immortus, Rama-Tut, dan Centurion, diperlihatkan mengadakan pertemuan setelah kematian Kang the Exile di Quantum Realm. Mereka lantas sepakat untuk segera mencegah gangguan dari para superhero yang sudah mulai mengetahui eksistensi multiverse. Meskipun baru terjadi, tetapi tidak sedikit penggemar yang sudah tidak sabar ingin mengetahui apa rencana besar yang disusun oleh Council of Kangs. Jawabannya mungkin akan terungkap di film Avengers: The Kang Dynasty mendatang.

Itulah delapan credit scene MCU paling menggantung yang sampai hari ini masih ditunggu kelanjutannya oleh banyak penggemar. Berbeda dari sebagian besar credit scene yang langsung dijawab dengan kisah lanjutan atau memang sudah ada jawabannya sejak awal, credit scene yang kita bahas kali ini justru belum ada tanda-tanda akan diselesaikan oleh Marvel Studios. Meskipun kemungkinan besar akan segara terungkap dengan kisah yang akan datang, tetapi perlu kita ingat juga bahwa makin lama sebuah credit scene dibiarkan menggantung maka bahwa kisahnya akan makin terkubur dan ditinggalkan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.