Sampai hari ini kaiju atau monster raksasa sering kali menjadi elemen andalan yang dapat membuat sebuah film atau series bertambah menarik. Tanpa terkecuali di industri hiburan Hollywood yang dari dahulu hingga sekarang telah melahirkan banyak sekali tayangan berkualitas. Meskipun istilah kaiju pertama kali dipopulerkan oleh Jepang melalui film Godzilla (1954), Hollywood atau Amerika juga sebenarnya punya wajah kaiju sendiri yaitu King Kong (1933). Namun tahukah kalian bahwa selain King Kong, sampai hari ini Amerika juga punya deretan kaiju lainnya yang tidak kalah menarik. Apa saja? Mari kita bahas!

Them

kaiju amerika

Kaiju Amerika pertama yang punya nuansa mirip seperti King Kong adalah para semut raksasa di film Them! (1954). Diproduksi oleh Warner Bros Pictures dan disutradarai oleh Gordon Douglas, cerita film hitam-putih ini bermula ketika sebuah sarang semut raksasa yang terkena radiasi nuklir ditemukan di Meksiko. Semuanya bertambah buruk ketika para semut rakasa yang disebut ‘Them’ ini mulai memangsa manusia, ditambah lagi ratu semut dan pasangannya berambisi untuk membangun sarang baru. Meskipun ukuran pastinya tidak terhitung, mungkin sekitar belasan meter, tetapi kaiju Them ini terbukti mampu mengangkat beban 3 ton dengan mudah menggunakan rahangnya.

Cthulhu

kaiju amerika

Cthulhu mungkin adalah kaiju paling besar dan paling mengerikan yang pernah diciptakan oleh penulis Amerika, H.P. Lovecraft. Saking mengerikannya, kaiju dalam laut yang wajahnya sering digambarkan mempunyai banyak tentakel ini dapat membuat manusia yang melihatnya langsung hilang akal. Sebagai kaiju yang ukurannya cukup bervariasi, konon Cthulhu memang mempunyai kemampuan untuk mengubah ukurannya sesuka hati, di mana paling tinggi bisa mencapati ratusan meter. Sejauh ini ada banyak sekali film dan series Hollywood yang menjadikan Cthulhu sebagai cameo, salah satunya yang paling mengerikan adalah di film horor sci-fi Underwater (2020) yang dibintangi Kristen Stewart.

Kraken

kaiju amerika

Satu lagi kaiju yang berasal dari kisah legenda dan sering dijadikan elemen penting dalam berbagai film Amerika adalah Kraken. Salah satu penggambaran sosok Kraken yang dianggap cukup epik bisa kita lihat di film Clash of the Titans (2010) yang disutradarai oleh Louis Leterrier dan dibintangi Sam Worthington. Di film bertema mitologi Yunani ini Kraken diperlihatkan sebagai kaiju krustasea yang memiliki banyak lengan seperti tentakel, kepala aneh, dan mulut penuh gigi taring yang sangat tajam. Meskipun tingginya mencapai 60 meter dan kekuatan fisiknya sangat luar biasa, tetapi sang demigod Perseus (Worthington) akhirnya berhasil mengubah Kraken menjadi batu dengan potongan kepala Medusa.

Shai-Hulud

kaiju amerika

Jika dilihat dari ukurannya, cacing masif di novel dan film Dune yang disebut Shai-Hulud termasuk dalam kategori kaiju Amerika yang layak untuk bersanding dengan King Kong. Monster cacing yang hanya ada di Planet Arrakis ini panjangnya bisa mencapai seribu meter. Tubuhnya punya kulit berwarna cokelat yang sangat keras, serta dihiasi dengan gigi-gigi besar yang menjulur ke luar. Mereka memiliki kemampuan untuk bergerak dengan cepat di bawah permukaan pasir, menciptakan ‘spice melange’ yang bisa dipakai untuk bahan bakar perjalanan antar-bintang. Di film sci-fi lainnya kita juga bisa menemukan jenis monster serupa, misalnya Exogorth dalam cerita Star Wars.

Slattern & Pacific Rim’ Kaiju

Penggemar setia film sci-fi dan kaiju Amerika pasti tahu waralaba Pacific Rim yang digarap oleh sutradara Guillermo del Toro. Secara garis besar film-filmnya sendiri bercerita tentang perjuangan umat manusia yang harus menciptakan berbagai robot raksasa, setelah celah di Samudera Pasifik menciptakan sebuah portal yang terhubung ke planet para kaiju. Selain aksi para robot Jaegers yang epik, Pacific Rim juga menyuguhkan banyak kaiju dengan berbagai bentuk dan ukuran. Ada Raiju, Knifehead, Leatherback, Otachi, dan yang paling kuat dan paling besar di antara semuanya tidak lain adalah Slattern. Di mana ukurannya yang mencapai 181 meter membuat robot Gypsy Danger seperti action figure.

Clover

kaiju amerika

Clover dari film found footage Cloverfield (2008) adalah salah satu monster alien yang membuat Kaiju terkenal di Amerika Serikat. Monster raksasa yang diciptakan oleh ilustrator Neville Page dan sutradara J.J. Abrams ini tingginya sekitar 75 meter saat masih bayi. Di film The Cloverfield Paradox (2018), untuk versi dewasanya ternyata bisa mencapai 2.000 meter. Dengan ukuran yang sangat masif ini tidak aneh jika Bumi lebih mirip seperti taman bermain yang bisa mereka hancurkan kapan saja. Kaiju serupa tapi tak sama juga pernah diperlihatkan di film sci-fi yang berbeda, yaitu Independence Day: Resurgence (2016), di mana monster aliennya disebut Queen Harvesters.

Rampage Monsters

Terakhir monster raksasa Amerika yang masuk dalam kategori kaiju adalah trio monsters di film live action Rampage yang disutradarai oleh Brad Peyton dan dibintangi Dwayne Johnson. Kemunculan tiga kaiju di filmnya dimulai setelah eksperimen CRISPR mengubah seekor gorila albino bernama George, buaya bernama Lizzie, dan serigala bernama Ralph menjadi hewan raksasa agresif setinggi belasan meter. Meskipun pada akhirnya George berhasil mengalahkan Lizzie dan Ralph, tetapi dampak dari pertempuran mereka sangatlah merugikan, di mana banyak gedung dan manusia di sekitarnya yang menjadi korban.

Itulah para kaiju Amerika yang tidak kalah kuat dan menarik dari King Kong. Sepertinya akan sangat menarik jika para monster raksasa ini berbagi semesta yang sama dengan King Kong dan bahkan Godzilla, misalnya di jagat sinema Monsterverse yang saat ini masih terus dikembangkan oleh perusahaan film Legendary. Jika disuruh memilih, dari sekian banyak monster di daftar ini mana yang paling ingin kalian lihat bertarung dengan King Kong atau Godzilla?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.