Pada artikel kali ini kita akan membahas penampilan cameo termahal dalam sejarah Hollywood yang telah terungkap kepada publik. Secara harfiah, cameo sendiri adalah munculnya seorang aktor atau aktris terkenal dalam sebuah pertunjukan, tetapi durasi penampilanya relatif sebentar dan terkadang tidak perlu banyak bicara. Nah walaupun tugasnya terbilang sederhana dan bobot perannya juga tidak terlalu besar, tetapi tujuh penampilan cameo yang akan kita bahas sekarang justru bayarannya sangat fantastis. Mari langsung saja simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Bill Murray – Ghostbusters: Afterlife

Bill Murray adalah salah satu aktor veteran Hollywood yang pertama kali terjun ke dunia akting pada tahun 1970-an. Di mana salah satu perannya yang paling populer adalah sebagai pemburu hantu Peter Venkman di film Ghostbusters I (1984) dan II (1989). Nah ketika waralaba Ghostbuster merilis kisah lanjutan yang berjudul Afterlife pada tahun 2021 lalu, Murray yang sudah tidak lagi muda kembali mengulang perannya sebagai Peter. Menurut Showbiz Galore, dengan penampilan cameo singkatnya di film Ghostbusters: Afterlife, Murray mendapatkan bayaran termahal hingga 300 ribu dolar atau sekitar 4,6 miliar rupiah, jauh lebih mahal dari pemeran veteran lainnya.

Harry Styles – Eternals

Di luar industri perfilman Hollywood, Harry Styles sebenarnya sudah sangat terkenal sebagai penyanyi pop yang digandrungi oleh banyak penggemar di seluruh dunia. Karena alasan itulah bayarannya saat membintangi sebuah film bisa langsung meroket, termasuk ketika Styles hanya melakukan cameo singkatnya di film MCU Eternals (2021). Hanya tampil beberapa detik saja di credit scene Eternals sebagai Eros alias Starfox, menurut Daily News Catcher penampilan cameo Styles dibayar dengan harga termahal 380 ribu dolar atau jika dikonversi ke rupiah bisa lebih dari 5,8 miliar. Patton Oswalt dan Mahershala Ali juga sempat melakukan cameo suara di Eternals, tetapi bayarannya tidak terungkap.

Sean Connery – Robin Hood: Prince Of Thieves

penampilan cameo termahal

Ketika Robin Hood: Prince of Thieves rilis perdana pada tahun 1991, banyak penonton yang langsung berbondong-bondong ke bioskop untuk menyaksikan penampilan jajaran bintang seperti Morgan Freeman, Alan Rickman, dan Kevin Costner di filmnya. Satu hal yang menjadi kejutan bagi para penggemar pada saat itu adalah cameo dari bintang James Bond lawas Sean Connery sebagai raja Inggris, Richard the Lionheart. Menurut laporan yang beredar, dengan penampilan cameo singkatnya Sean Connery dibayar dengan harga termahal pada saat itu yang mencapai 500 ribu dolar atau sekitar 7,6 miliar rupiah. Hebatnya, Connery lantas menyumbangkan setengahnya ke beberapa badan amal.

Mark Hamill – Star Wars: The Force Awakens

penampilan cameo termahal

Saat waralaba sci-fi Star Wars dilanjutkan dengan trilogi sekuel yang berfokus pada jedi wanita bernama Rey (Daisy Ridley), banyak penggemar yang merasa yakin bahwa Mark Hamill akan mengulang perannya sebagai Luke Skywalker. Ternyata benar saja, saat film pertama dari trilogi sekuel yang berjudul The Force Awakens rilis di bioskop, terungkap bahwa Hamill memang tampil sebagai cameo singkat di endingnya tanpa dialog sedikit pun. Mark Hamill sendiri sempat mengaku kaget saat pertama kali mendapatkan tawaran dari LucasFilm. Karena saat dia mencoba melempar harga penampilan cameo termahal hingga 1 juta dolar atau 15 miliar, siapa sangka ternyata pengajuan tersebut langsung disetujui.

Maguire & Garfield – Spider-Man: No Way Home

penampilan cameo termahal

Masih ingatkah kalian dengan penampilan Tobey Maguire dan Andrew Garfield sebagai cameo varian Spidey di Spider-Man: No Way Home (2021)? Ternyata untuk penampilan cameo mereka, Maguire dan Garfield mendapatkan bayaran termahal hingga 1 juta dolar atau sekitar 15 miliar untuk penampilan singkat menjelang akhir filmnya. Nilai ini dilaporkan oleh Market Research Telecast yang juga menegaskan bahwa penampilan mereka selama tiga puluh menit masih terhitung cameo, karena Maguire dan Garfield sama sekali tidak terlibat dalam promosi filmnya. Selebihnya, para pemeran villain veteran yang kembali di No Way Home, sampai hari ini masih belum terungkap bayarannya.

Benedict Wong – Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

penampilan cameo termahal

Benedict Wong merupakan salah satu aktor yang paling sering muncul dalam tayangan MCU, baik itu series maupun film. Namun siapa sangka ternyata penampilan cameo Wong sebagai Wong di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings mendapatkan bayaran termahal. Menurut Showbiz Galore untuk tampil dalam pertarungan melawan Abomination di pertengahan film serta kembali di credit scene bersama karakter Bruce Banner dan Captain Marvel, ternyata Wong dibayar 2 juta dolar yang jika dirupiahkan lebih dari 30 miliar. Di sisi lain Mark Rufallo dan Brie Larson yang namanya tidak tertulis di kredit, tidak diketahui berapa bayaran cameonya.

Marlon Brando – Superman: The Movie

penampilan cameo termahal

Pada tahun 1978, aktor Marlon Brando berperan sebagai ayah Kal-El yang bernama Jor-El di film Superman: The Movie. Perannya kurang lebih berdurasi 10 menit karena karakternya langsung diceritakan mati bersama kehancuran Planet Krypton. Walaupun begitu sebagai pemenang Oscar dua kali, Brando mengaku bahwa dia awalnya dibayar hingga 3,7 juta dolar untuk cameonya. Setelah mengetahui bahwa filmnya mendulang pendapatan hingga 300 juta dolar, Brando lantas meminta bonus dan akhirnya untuk penampilan cameo selama 10 menit dia mendapatkan bayaran termahal hingga 19 juta dolar Amerika atau sekitar 291 miliar.

Itulah tujuh penampilan cameo termahal yang tercatat dalam sejarah perfilman Hollywood. Perlu kita catat bahwa nilai-nilai ini merupakan hasil konversi ke nilai tukar rupiah saat ini. Kalaupun tetap mengacu pada nilai sesuai masanya, bayaran para aktor ini masih tetap masuk dalam kategori besar karena bisa membuat seseorang kaya secara mendadak. Alasan mengapa bayaran cameo bisa sangat mahal sebenarnya tergantung dari negosiasi para pemeran dan perusahaan filmnya. Untuk kasus para aktor mahal ini, perusahaan film artinya sudah menganggap mereka layak untuk mendapatkan bayarannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.