Final form merupakan transformasi puncak atau terakhir dari seorang Kamen Rider dan ada beberapa final form yang dianggap sebagai yang terkuat. Kamen Rider merupakan sosok pahlawan yang sangat populer yang berasal dari Jepang. Dengan kekuatan super yang mereka miliki, para Kamen Rider berusaha untuk melindungi bumi dan manusia dari berbagai ancaman para monster.

Para Kamen Rider tersebut pun diketahui memiliki berbagai form atau transformasi yang membuat mereka semakin kuat saat menghadapi monster. Dan ketika musuh sudah bertambah kuat dan transformasi Kamen Rider sudah mencapai puncaknya, maka mereka akan menghadirkan final form. Ada beberapa final form Kamen Rider yang dianggap sebagai yang terkuat. Apa saja?

Hyper Form/Hyper Kabuto

Hyper Form atau Hyper Kabuto merupakan final form dari Kamen Rider Kabuto. Untuk bisa mengaktifkan final form ini Tendou Souji membutuhkan sebuah alat khusus bernama Hyper Zecter. Alat ini berasal dari masa depan dan diketahui tahan terhadap berbagai serangan sehingga tidak bisa dihancurkan. Ketika final form ini diaktifkan, maka kekuatan Kamen Rider Kabuto akan bertambah berkali-kali lipat.

Contohnya adalah bagaimana serangan dari Kabuto bisa meningkat sangat cepat, yang mana bahkan para monster atau musuhnya pun tidak sadar dan tidak bisa mengimbangi kecepatannya. Kecepatann Hyper Kabuto ini lebih cepat dari Clock Up para Rider lainnya serta dari para Worm lainnya, ketika Hyper Clock Up diaktifkan. Yang luar biasa juga adalah Kabuto akan mampu menghentikan waktu dengan final form ini atau bahkan kembali ke masa lalu. Senjata dari Hyper Kabuto juga sangat luar biasa karena bisa digabungkan dengan Zecter lainnya.

Ultimate Kuuga

Kamen Rider Kuuga merupakan Kamen Rider pertama yang membuka era sebelumnya yaitu Heisei. Kamen Rider Kuuga sendiri merupakan salah satu Kamen Rider terkuat yang terbukti di mana Rider Kick yang dilakukan oleh Godai Yuusuke ini mampu menghadirkan ledakan yang sangat dahsyat. Kekuatan dari Kamen Rider Kuuga juga bisa dilihat dari beberapa form sebelumnya terbukti sangat dahsyat.

final form kamen rider terkuat

Misalnya dalam form Raising Mighty sosok Kuuga bisa menciptakan sebuah kebakaraan yang hebat. Namun, final form dari Kuuga, Ultimate Kuuga, adalah puncak kekuatannya sekaligus jadi salah satu final form terkuat Kamen Rider. Ultimate Kuuga terbukti mampu untuk mengalahkan N-Daguva-Zeba yaang merupakan pemimpin para Gurongi. Efek negatif dari final form ini adalah Godai akan kehilangan kesadarannya dan berubah menjadi sosok mengerikan dan brutal.

Complete 21/Complete Form

Kamen Rider Decade merupakan Kamen Rider yang diketahui bisa menggunakan atau mengakses kekuatan dari para Kamen Rider lainnya. Inilah yang kemudian membuat Kamen Rider tersebut memiliki final form terkuat yaitu Complete 21 atau Complete Form. Dengan mengakses final form ini, Tsukasa mampu menggunakan kemampuan dan kekuatan dari seluruh Kamen Rider sebelumnya.

Untuk bisa mengakses Complete Form ini, Tsukasa memerlukan sebuah alat khusus bernama K-Touch. Alat ini berhasil dia dapatkan ketika pergi ke sebuah dunia di mana semua Rider adalah sosok yang jahat. Yang luar biasa dari Complete Form adalah Decade mampu mengakses kekuatan dari Final Form Kamen Rider sebelumnya. Dia juga bahkan bisa memanggil para Kamen Rider untuk kemudian ikut bertarung dan menggunakan kekuatan dahsyat mereka.

Xross Saber

Xross Saber merupakan Final Form dari Kamen Rider Saber. Transformasi tersebut berhasil didapatkan oleh Kamen Rider Saber ketika dia menggabungkan hampir seluruh Seiken atau pedang suci yang dimiliki oleh hampir seluruh Kamen Rider yang ada. Ketika pedang-pedang tersebut bersatu, muncul sebuah tema baru yaitu luar angkasa atau galaksi. Pedangnya sendiri bernama Haouken Xross Saber.

final form kamen rider terkuat

Dengan menggunakan dan memiliki pedang tersebut, Kamen Rider Saber mampu mengakses Final Form yaitu Xross Saber. Berbicara masalah kekuatan, bukti kedahsyatan dari Xross Saber adalah serangan Haouken mampu menciptakan retakan dimensi yang membuat siapa pun musuhnya akan terhisap ke dalamnya. Yang dahsyat dari Xross Saber adalah dia mampu memulihkan kondisi alam semesta yang sempat terancam akibat Solomon.

Grand Zi-O

Grand Zi-O merupakan Final Form terkuat Kamen Rider terakhir dalam daftar ini. Grand Zi-O merupakan Final Form dari Kamen Rider Zi-O. Desain dari Final Form ini sangat menarik. Jika Xross Saber memiliki tema luar angkasa, maka Grand Zi-O memiliki tema emas dan relief atau patung. Corak warna emasas mendominasi kostum yang dikenakan di mana terdapat relief dari para Kamen Rider sebelumnya.

final form kamen rider terkuat

Final Form ini bisa diakses setelah Sougo mengumpulkan 20 Legendary Rider Ride Watch yang kemudian dia kombinasikan dengan Grand Zi-O Ride Watch. Kekuatan dari Grand Zi-O kurang lebih mirip seperti Complete Form dari Kamen Rider Decade. Dengan menyentuh relief Kamen Rider di tubuhnya, maka dia akan bisa memanggil para Kamen Rider tersebut. Kecepatannya pun akan meningkat tajam.

Final Form merupakan salah satu hal yang sangat menarik dan sangat dinantikan oleh para fans dari Kamen Rider. Meskipun baru muncul di era Heisei, namun terbukti jika Final Form tersebut bisa sangat populer dan menjadi salah satu momen menarik dari seriesnya. Lalu, apakah ada Final Form favorit kalian dalam daftar ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.