Meskipun pada umumnya anime memiliki tema yang populer, seperti menjadi superhero atau berpetualang, namun ada juga anime bertema Tokusatsu. Istilah Tokusatsu sendiri sering kali didefinisikan pada sebuah film atau series atau pertunjukan yang berasal dari Jepang dengan ciri khasnya yaitu menggunakan efek khusus. Kamen Rider dan Super Sentai adalah contoh dari Tokusatsu. Namun, ada juga beberapa judul anime yang memiliki tema Tokusatsu. Apa saja?

7Gatchaman Crowds

Anime bertema Tokusatsu yang pertama adalah Gatchaman Crowds. Dalam cerita seriesnya, sang protagonis utama, Hajime Ichinose, terpilih untuk menjadi Gatchaman. Gatchaman sendiri merupakan superhero yang mendapatkan kekuatan super dengan tujuan untuk menjadi pelindung bagi kota Tachikawa. Hajime kemudian bergabung dengan G-Crew sebagai salah satu anggota batu.

Dia dan rekan-rekannya kemudian mendapatkan tugas unuk melindungi umat manusa dan menghadapi monster alien mengerikan yang dikenal dengan MESS dan juga Berg Katze. Series ini mengadaptasi dari series Gatchaman yang populer dari era 1970an. Series yang rilis di tahun 2013 ini menghadirkan beberapa elemen nostalgia bagi para fansnya, meskipun ada juga banyak hal yang baru.

Karakter yang menarik dan seru, serta adegan pertarungan yang juga sangat menyenangkan, menjadi beberapa hal yang jadi nilai plus dari series Gatchaman Crowds. Yang juga tidak kalah menarik adalah alur cerita dari seriesnya. Jika dalam series orisinal ini berfokus pada kehidupan yang terjadi di masyarakat, sekuelnya, Gatchaman Crowds Insight, menghadirkan cerita tentang media sosial, kampanye politik, dan sebagainya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.