Beberapa rumah produksi di berbagai negara ternyata ada yang tidak ragu untuk memproduksi tiruan dari para Tokusatsu Jepang. Tokusatsu merupakan sebuah seriesl pahlawan Jepang yang memiliki ciri khas efek spesial yang kental. Ultraman dan Kamen Rider menjadi beberapa contoh dari karakter tokusatsu Jepang yang populer. Dengan kepopuleran Tokusatsu, tidak jarang berbagai negara coba untuk menghadirkab versi mereka.

Indonesia sendiri memiliki Tokusatsu resmi yang mendapat izin dari Ishinomori, yaitu Bima Satria Garuda. Namun, ternyata ada juga beberapa rumah produksi di berbagai negara yang mencoba untuk menghadirkan tiruan dari para Tokusatsu tersebut. Dan yang mengejutkan juga adalah bisa dibilang tiruan ini tidak resmi atau tidak mendapatkan izin dari pemilik franchisenya. Lalu, apa saja Tokusatsu tersebut?

1The Beast Girl

Tokusatsu tiruan dari berbagai negara yang pertama adalah The Beast Girl. Ada fakta menarik mengenai film ini seperti ada beberapa judul resmi yang diperkenalkan. Dalam versi Tiongkok, judul dari filmnya adalah “Pertempuran Cahaya dan Kegelapan.” Ketika kemudian filmnya rilis secara internasional, film ini memiliki judul lain yaitu The Beast Girl atau Dragon Blade.

Film ini merupakan hasil kerja sama dari dua rumah produksi di dua negara, Tiongkok dan Malaysia. Ceritanya sendiri berfokus pada tiga orang gadis yang merupakan bagian dari kelompok pembasmi alien bumi. Ketiga gadis itu memiliki profesi lain yaitu penyanyi idola. Yang kemudian menjadi titik tiruan dari filmnya adalah ketika mereka menggunakan robot raksasa di akhir cerita. Geeks mungkin akan merasa jika robot tersebut mirip dengan Ultraman di era modern ini.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.