Tahun lalu Legendary mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Apple TV+ untuk menciptakan sebuah series live action Monsterverse. Sekarang setelah penantian yang cukup lama akhirnya para penggemar bisa melihat deretan foto yang memamerkan first look para karakter utama dan sang King of Monsters Godzilla di series yang berjudul resmi Monarch: Legacy of Monsters. Nah sambil menunggu perilisan trailer perdananya, alangkah baiknya kita kenali lebih jauh series tentang organiasi Monarch dan Godzilla ini melalui tujuh fakta menarik yang jarang diketahui. Penasaran? Simak di bawah ini, Geeks!

Digarap Pakar Fiksi

series godzilla monarch

Meskipun kisah spinoff Godzilla ini belum dirilis, tetapi tidak sedikit penggemar yang percaya bahwa series Monarch: Legacy of Monsters akan baik-baik saja. Pasalnya series live action berjumlah sepuluh episode ini ada di tangan para pakar fiksi. Penciptanya tidak lain adalah Chris Black yang sebelumnya terlibat berbagai series populer, seperti Star Trek: Enterprise dan Xena: Warrior Princess. Black sendiri sampai menggaet penulis komik Matt Fraction (Hawkeye, The Invincible Iron Man) untuk mengembangkan ceritanya. Selain itu Matt Shakman, yang sebelumnya mengerjakan series WandaVision, dipastikan akan menggarap dua episode perdananya. Sejauh ini cukup menjanjikan ya, Geeks.

Gonta-Ganti Judul

Sejak proyeknya pertama kali diumumkan pada akhir tahun lalu, banyak penggemar kaiju yang penasaran dengan judul series perdana Monsterverse ini. Sebelum terungkap bahwa judul resminya adalah Monarch: Legacy of Monsters, ternyata series yang digadang-gadang akan kembali menghadirkan Godzilla ini sempat bergonta-ganti judul. Misalnya awal tahun lalu ComicBook pernah mengungkapkan bahwa working title seriesnya adalah ‘Hourglass’. Sebulan kemudian The Illuminerdi mengklaim bahwa judulnya adalah ‘Monarch’. Terakhir sebelum menjadi seperti sekarang, banyak insider dan portal berita yang percaya bahwa judul series yang sangat diantisipasi ini adalah ‘Godzilla and the Titans’.

Fokus ke Manusia

series godzilla monarch

Sesuai dengan judulnya, Monarch: Legacy of Monsters akan lebih menceritakankisah seputar organisasi Monarch. Di Monsterverse sendiri Monarch adalah organisasi ilmiah yang dijalankan secara rahasia oleh para ilmuwan manusia, dimana seluruh penelitiannya berfokus pada kaiju khususnya Godzilla yang diprediksi paling kuat di antara semuanya. Lebih sepesifik lagi, menurut sinopsis resminya setelah Godzilla muncul pada tahun 2014 di San Francisco dan membuktikan bahwa monster raksasa benar-benar ada, series ini akan lebih berfokus pada dua bersaudara yang mencoba mengikuti jejak ayah mereka untuk mengungkap hubungan keluarganya dengan organisasi rahasia Monarch.

Punya Dua Timeline

series godzilla monarch

Bersamaan dengan terungkapnya first look para karakter utama di Monarch: Legacy of Monsters, kita juga akhirnya mengetahui bahwa seriesnya akan menceritakan peristiwa di dua timeline yang berbeda. Periode waktu yang pertama adalah tahun 1950-an, di mana Perwira Angkatan Darat bernama Lee Shaw yang diperankan Wyatt Russell pertama kali mengetahui keberadaan kaiju. Setengah abad kemudian, setelah Godzilla kembali muncul ke permukaan, kita juga akan melihat cerita lanjutan dari POV Shaw tua yang diperankan oleh ayah kandung Wyatt, Kurt Russell. Kisah dramatis yang terbentang selama tiga generasi ini diharapkan akan mengungkapkan rahasia besar Godzilla dan Monarch.

Hadirkan Banyak Kaiju

series godzilla monarch

Meskipun kita baru diperlihatkan pada first look Godzilla di Monarch: Legacy of Monsters, tetapi bukan berarti hanya sang King of Monsters saja yang akan muncul di seriesnya. Faktanya sutradara Matt Shakman telah berjanji bahwa di series garapannya nanti akan ada banyak kaiju, baik yang lama maupun baru. Sayangnya untuk sekarang masih belum diketahui secara pasti siapa saja kaiju yang akan unjuk gigi. Namun, mengingat salah satu timeline Legacy of Monsters terjadi saat Godzilla pertama kali menyerang San Francisco, kemungkinan besar kita juga akan melihat musuh pertamanya, yaitu MUTO (Massive Unidentified Terrestrial Organism). Selebihnya hanya waktu yang bisa menjawabnya.

Narasi Tumpang-Tindih

Karena Monarch: Legacy of Monsters terjadi sebelum peristiwa Godzilla vs Kong (2021), sutradara Matt Shakman pernah mengungkapkan bahwa potensi narasi tumpang-tindih bisa terjadi di seriesnya nanti. Dengan kata lain akan ada beberapa elemen di seriesnya nanti yang tidak selaras dengan film Godzilla vs Kong dari sutradara Adam Wingard. Hal tersebut bisa terjadi karena menurut Shakman, tim kreatif seriesnya tidak melakukan pembicaraan secara mendalam dengan Wingard dan timnya. Walaupun begitu, Legendary mengaku bahwa mereka sudah mempertimbangkan semuanya. Jadi kita lihat saja nanti seperti apa hasilnya, apakah akan sangat berdampak atau hanya perbedaan minor.

Tayang di Apple Vision

series godzilla monarch

Selain dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming Apple TV+, ternyata penggemar juga nantinya akan bisa menonton series Monarch: Legacy of Monsters melalui Apple Vision Pro. Bagi yang belum tahu Apple Vision Pro sendiri adalah salah satu produk teranyar dari Apple berbentuk headset + goggles, yang dilengkapi dengan teknologi mixed reality (gabungan augmented reality dan virtual reality). Artinya jika punya Apple Vision Pro, kita bisa melihat Godzilla di series Monarch: Legacy of Monsters dalam bentuk 3D. Untuk mewujudkan hal tersebut proses pengambilan gambar seriesnya memang dilakukan dengan kamera 3D yang kemudian dikonversi ke Spatial Video Format khusus Apple.

Itulah tujuh fakta menarik dari series Monarch: Legacy of Monsters yang akan mengeksplorasi lebih jauh hubungan antara manusia dengan Godzilla. Selain Wyatt dan Kurt Russell, series ini juga akan dimeriahkan oleh Anna Sawai, Kiersey Clemons, Ren Watabe, Mari Yamamoto, Anders Holm, Joe Tippett, dan Elisa Lasowski. Sekarang Monarch: Legacy of Monsters memang masih belum punya tanggal rilis pasti, tetapi jika beruntung dalam waktu dekat ini mungkin kita akan bisa melihat trailer perdananya. Maka dari itu pantau terus perkembangan beritanya hanya di Greenscene.com.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.