Spider-Man dikenal sebagai salah satu superhero Marvel yang luar biasa, namun jarang diketahui jika ada versi jahat dari superhero ini. Pertama kali muncul di tahun 1960an, Peter Parker tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan perhatian dari para penggemar komik. Karakternya sendiri diciptakan oleh Steve Ditko dan Stan Lee, di mana Peter digambarkan sebagai sosok superhero remaja.

Peter harus menghadapi kehidupan yang pelik di mana dia menjalankan kehidupan sebagai superhero dan juga sebagai pelajar SMA. Meskipun dikenal sebagai “friendly neighborhood Spider-Man” namun, tetapi ternyata di komiknya terdapat beberapa versi jahat dari Spider-Man yang jarang diketahui. Para Spider-Man ini memiliki sifat yang berbanding terbalik dengan sosok Peter Parker yang kita ketahui. Berikut adalah daftarnya.

The Last Stand

The Last Stand merupakan Spider-Man yang berasal dari cerita Happy Birthday, di mana dalam ceritanya Peter harus terjebak dalam timeline Marvel. Hal ini merupakan ulah dari Dormamu. Saat berada di dalam timeline Marvel, Peter melihat dua versi dari dirinya; yaitu sosok muda dan sosok yang muncul di masa depan. Peter versi muda merupakan Peter yang mendapatkan gigitan dari laba-laba radiasi.

Sedangkan, Peter versi masa depan nampak jauh berbeda dari yang kita ketahui selama ini. Ternyata, Peter versi masa depan merupakan sosok yang jahat dan berdarah dingin. Dia menjadi sosok superhero yang menghabisi nyawa lawan-lawannya. Hal ini terjadi setelah Peter menghabisi nyawa dari Kraven, karena membalas dendam kematian Kaine dan Mattie Franklin Spider-Woman. Sejak saat itu, Peter menghabisi satu persatu musuhnya. Akibat dari hal ini, Peter bahkan dikeluarkan dari Avengers. Dan dia pun memutuskan untuk memancing para polisi untuk menghabisi nyawanya.

Pestilence

Spider-Man versi jahat selanjutnya muncul dalam cerita Cable & Deadpool #15. Dalam komiknya, kita diperkenalkan versi alternatif dari Spider-Man yang berasla dari Earth-5701. Dalam komik tersebut diperlihatkan bagaimana Deadpool terlempar ke sebuah universe alternatif yaitu Earth-5701. Sesampainya di universe alternatif tersebut Deadpool kemudian disambut oleh sosok mengerikan.

Deadpool disambut oleh Four Horseman yang merupakan bawahan dari sosok supervillain Apocalypse. Yang menarik adalah salah satu dari Four Horseman tersebut merupakan versi alternatif dari Spider-Man. Bentuknya sendiri sangat mengerikan di mana dia memiliki empat lengan dan empat kaki. Spider-Man versi ini pun diketahui sangat brutal dan kejam, terbukti di mana dia mencoba untuk menghancurkan tubuh Wade Wilson.

Chasm

Ben Reilly merupakan karakter yang sudah menjadi favorit para fans sejak muncul pertama kali dalam Clone Saga. Ben merupakan kloning dari Peter Parker yang berasal dari universe lain. Seperti halnya Peter, Ben Reilly juga merupakan salah satu Spider-People di mana dia menggunakan nama Scarlet Spider. Meskipun begitu, Ben Reilly ternyata pernah berubah menjadi versi jahat dari Spider-Man.

Dalam cerita Beyond! diperlihatkan bagaimana Beyond Corporation memanipulasi pikiran Ben dengan menghilangkan ingatannya. Dia pun kembali menjadi sosoknya yang lama, yaitu kloning yang tidak memiliki pikiran. Hal itu membuat Ben berubah menjadi jahat. Dia kemudian menggunakan kostum Spider-Man berwarna hijau dan ungu serta menggunakan nama Chasm.

Sinister Spider-Man

Mac Gargan merupakan salah satu musuh abadi dari Spider-Man. Meskipun dia dikenal sebagai Scorpion dan juga sebagai Venom, namun Mac Gargan pernah juga menggunakan nama Spider-Man. Hal ini terjadi dalam cerita komik Dark Avengers. Di komik tersebut diperlihatkan bagaimana Mac Gargan bergabung dengan tim bentukan Norman Osborn yang kemudian dikenal dengan nama Dark Avengers.

Symbiote Venom kemudian menyatu dengan tubuh Mac Gargan. Yang menarik adalah perwujudan dari symbiote Venom tersebut kemudian menyerupai Spider-Man, dengan kostum berwarna hitam dan laba-laba berwarna putih. Osborn kemudian memberi nama kepada Mac Gargan yaitu Dark Spider-Man atau Sinister Spider-Man. Dalam cerita yang lain, Mac kemudian berhenti menggunakan identitas tersebut dan kembali menggunakan nama Scorpion.

Spider-Carnage

Spider-Carnage merupakan salah satu versi jahat dan berbahaya dari Spider-Man yang muncul bukan dari komik, melainkan dari series animasi Spider-Man: The Animated Series. Dalam series animasi yang berlangsung selama dua musim ini, diceritakan jika Peter Parker bukan hanya harus kehilangan paman Ben melainkan juga bibi May. Hal ini membuat Peter frustasi dan marah besar.

Kondisi Peter yang rapuh tersebut kemudian dimanfaatkan oleh symbiote Carnage untuk menjadi wadahnya. Spider-Carnage benar-benar sangat jahat di mana dia berencana untuk menghancurkan semua realita yang ada. Saking kuatnya Spider-Carnage, seluruh Spider-Man dari berbagai realita direkrut oleh the Beyonders untuk mengalahkannya. Bahkan, para villain pun bekerja sama untuk menghentikan Spider-Carnage. Namun, pada akhirnya paman Ben dari realita lain berhasil meyakinkan Spider-Carnage untuk menghentikan aksinya.

Spider-Nor-Man

Salah satu versi Spider-Man yang unik adalah ketika Norman Osborn yang menggunakan titel tersebut. Spider-Nor-Man merupakan versi lain dari Spider-Man yang berasal dari Earth-44145. Dan seperti yang sudah diduga, Spider-Nor-Man adalah salah satu versi Spider-Man yang jahat karena Norman Osborn tidak pernah berubah. Hal ini terbukti dalam cerita Spider-Geddon.

spider-man versi jahat

Spider-Nor-Man diceritakan merupakan hasil mutasi Norman Osborn yang mana hal itu membuatnya menumbuhkan lengan dan kaki tambahan. Dia bahkan menghabisi Peter Parker di universenya dan anaknya, Harry Osborn, bahkan berkorban nyawa untuk menghentikan sang ayah. Dalam cerita Spider-Geddon, Spider-Nor-Man memutuskan untuk tidak ikut bertarung menghadapi the Inheritors. Karena, menurutnya, kehilangan satu universe dianggap sebagai sebuah harga yang pantas.

Doppelganger

Doppelganger merupakan versi yang jauh lebih mengerikan, jahat, kejam, tidak berperikemanusiaan, dan memiliki delapan lengan versi dari Spider-Man. Doppelganger merupakan makhluk yang diciptakan oleh Magus, persona jahat dari Adam Warlock. Magus sengaja menciptakan versi jahat dari berbagai karakter superhero Marvel, yang mana salah satunya adalah Spider-Man.

spider-man versi jahat

Doppelganger pertama kali muncul dalam cerita Infinity War dan kemudian kembali muncul dalam cerita Maximum Carnage. Dalam cerita Maximum Carnage, Doppelganger menjadi “peliharaan” dari Carnage dan Shriek. Secara teknis sebenarnya Doppelganger sudah tewas di dua cerita tersebut. Namun, Marvel selalu berhasil menghadirkan kembali sosok karakter tersebut. Doppelganger memiliki jaring laba-laba yang sangat tajam serta kekuatannya enam kali lebih kuat dari Peter Parker.

Patton Parnel

Dari penampilan sendiri sosok Patton Parnel benar-benar sudah sangat mengerikan. Patton awalnya memiliki penampilan yang sama seperti Peter Parker, namun kepribadian dan juga perilakunya berbanding terbalik. Alasan mengapa kemudian Patton menjadi sosok mengerikan adalah karena sang paman, Ted, yang selalu menyiksa Patton. Dia kemudian mengalami hal yang sama dengan Peter yaitu digigit laba-laba radiasi.

spider-man versi jahat

Dengan kekuatan dahsyat yang baru dia miliki tersebut, hal itu seolah mendukung berbagai niat jahat dan kejam yang ada dalam pikirannya. Patton Parnel merupakan versi Spider-Man yang memiliki delapan mata merah, empat tangan dan kaki, serta yang mengerikan adalah dia memakan orang alias kanibal. Aksi mengerikan Patton di Earth-51412 berakhir ketika Morlun menghisap energi kehidupan miliknya.

The Spider

The Spider adalah Spider-Man versi jahat yang muncul dalam cerita komik Exiles #12 dan berasal dari Earth-15. Peter Parker di universe tersebut adalah sosok yang mengerikan dan menakutkan. Dia selalu senang akan kekacauan dan kehancuran. Peter versi ini selalu mengharapkan pertumpahan darah dan hal-hal brutal. Bukti nyata dari kejahatan Peter ini dia sampai didakwa hukuman mati sebanyak 67 kali.

spider-man versi jahat

Hal-hal mengerikan tersebut semakin meningkat setelah dia menyatu dengan symbiote Carnage. The Spider memiliki misi yang mengerikan dalam hidupnya. Dia ingin menghabisi nyawa sebanyak mungkin orang yang dia bisa. Dia pun ingin menghancurkan sebanyak mungkin realita yang ada. The Spider akhirnya berhasil dihentikan oleh Firestar, yang mana hal tersebut mengakibatkan keduanya harus tewas.

The Flesh-Eater

Versi Spider-Man yang paling jahat di Marvel Universe adalah The Flesh-Eater. Sesuai namanya, The Flesh-Eater merupakan Spider-Man yang gemar memakan daging manusia. Dia berasal dari Marvel Zombies, sebuah universe di mana sebuah karakter villain dan superhero berubah menjadi sosok zombie. Sebenarnya, sebelum wabah virus zombie melanda Peter Parker di Earth-2149 tersebut tidak ada bedanya seperti Peter Parker di universe utama.

spider-man versi jahat

Sampai kemudian Colonel America yang terinfeksi virus zombie menggigit Peter Parker yang kemudian merubahnya menjadi sosok yang mengerikan. Meskipun dia sempat berusaha untuk melawan nafsunya untuk memakan daging manusia, namun pada akhirnya dia menyerah. Peter bahkan memakan daging kekasihnya sendiri, Mary Jane, bahkan bibi May.

Spider-Man versi jahat ini menjadi gambaran bagaimana sosok Peter Parker ketika dia berubah menjadi sosok yang mengerikan, tidak memiliki belas kasihan, dan hal-hal buruk lainnya. Sebagian versi dari Spider-Man jahat ini juga menghadirkan karakter lain ketika menggunakan titel Spider-Man.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.