Sejak diluncurkan pada tahun 2008 melalui film Iron Man, saat ini Marvel Cinematic Universe telah menjadi fenomena global yang berhasil mendominasi dunia hiburan. Seiring berjalannya waktu, MCU sendiri terus memperluas dunia fiksinya dengan memperkenalkan lebih banyak lagi karakter dari Marvel Comics melalui konsep multiversenya. Namun, sebenarnya masih ada sejumlah karakter non Marvel yang punya potensi menarik untuk berdampingan dengan superhero dan supervillain MCU. Berikut ini adalah para karakter dari luar semesta Marvel yang bisa menjadi tambahan menarik untuk jagat sinema MCU!

Kick-Ass

Karakter Non Marvel MCU

Pada tahun 2010 dan 2013, Marv Films dan Plan B Entertainment pernah merilis dua film superhero dunia nyata yang menjadi bagian dari waralaba Kick-Ass. Sesuai dengan judulnya, film-filmnya sendiri berfokus pada seorang anak muda bernama Dave (Aaron Johnson) yang memutuskan untuk menjadi vigilante bertopeng dan menyebut dirinya Kick-Ass. Karena Kick-Ass mengadaptasi kisah komik dari penerbit Icon Comics yang dimiliki oleh Marvel juga, tidak mustahil bagi Kick-Ass dan karakter non Marvel di sekitarnya seperti Hit-Girl (Chloe Grace Moretz) dan villain The Mother F*cker (Christopher Mintz-Plasse) untuk muncul di MCU sebagai karakter dari semesta alternatif.

Men In Black

Karakter Non Marvel MCU

Karakter lainnya yang bisa masuk ke MCU karena diadaptasi juga dari penerbit milik Marvel adalah para agen pengawas alien yang disebut Men in Black alias MIB. Pada tahun 2019 lalu waralabanya sendiri telah merilis film keempatnya yang berjudul Men in Black: International. Itu artinya ada banyak sekali karakter live action non Marvel yang mungkin bisa masuk ke MCU jika Marvel Studios dan Columbia Pictures mau bekerja sama. Misalnya Agen J (Will Smith), Agen K (Tommy Lee Jones), Agen H (Chris Hemsworth), dan Agen M (Tessa Thompson). Lagi-lagi hal tersebut bisa terjadi karena MIB mengadaptasi kisah komik dari penerbit milik Marvel, yaitu Malibu Comics.

Night Man

Karakter Non Marvel MCU

Debut di series berjudul sama pada akhir 1990-an, Night Man yang diperankan oleh Matt McColm adalah seorang superhero yang mempunyai kemampuan unik untuk mendeteksi kejahatan di sekitarnya. Demi melancarkan misinya sebagai seorang pembasmi kejahatan, karakter bernama asli Johnny Domino ini beraksi sambil memakai kostum antipeluru, sabuk anti-gravitasi untuk terbang, jubah tembus pandang, dan lensa merah yang bisa menembakkan sinar laser. Karena karakter non Marvel ini diadaptasi dari kisah Malibu Comics, sepertinya akan sangat menarik jika suatu hari nanti Night Man menemukan jalannya untuk berdampingan dengan superhero MCU.

Diamond

Karakter Non Marvel MCU

Diamond adalah nama karakter utama dari sebuah series superhero berjudul Powers. Kisahnya sendiri mengadaptasi komik berjudul sama yang diluncurkan anak perusahaan Marvel yaitu Icon Comics. Awalnya karakter bernama asli Christian Walker (Sharlto Copley) ini adalah seorang superhero yang tidak bisa dihancurkan serta mampu terbang. Namun ketika semua kekuatannya dicuri, Diamond memutuskan untuk menjadi detektif yang melawan para supervillain dengan otaknya. Dengan premis yang cukup unik tersebut, karakter non Marvel ini bisa jadi tambahan yang menarik untuk jagat sinema MCU.

Kingsman

Karakter Non Marvel MCU

Satu lagi waralaba film aksi dari perusahaan Marv yang ternyata mengadaptasi kisah Icon Comics milik Marvel adalah Kingsman. Sejauh ini setidaknya ada tiga film yang mengambil inspirasi dari kisah utamanya, yaitu Kingsman: The Secret Service, The Golden Circle, dan The King’s Man. Pada dasarnya semua filmnya sendiri berfokus kepada para mata-mata Inggris yang menyebut diri mereka Kingsman. Jika mau Marvel Studios bisa saja menghadirkan para karakter non Marvel, seperti Eggsy (Taron Egerton) dan lain sebagainya, sebagai bagian dari organisasi rahasia Inggris di MCU. Apalagi filmnya sendiri didistribusikan oleh 20th Century Studios yang sama sama dibawah naungan Disney.

Karakter Ultraverse

Ultraverse adalah sebutan untuk semesta superhero Malibu Comics yang saat ini hak siarnya dimiliki Marvel Comics. Di dalamnya ada banyak sekali karakter menarik non Marvel seperti Prime, Hardcase, Firearm, dan lain sebagainya yang sepertinya akan sangat menarik jika melakukan debutnya juga di jagat sinema MCU. Apalagi di komiknya sendiri banyak dari karakter Ultraverse yang sering berbagi kisah dengan para superhero Marvel Universe. Misalnya Prime, superhero dengan otot super besar serta mampu terbang, yang dalam sejarahnya pernah melakukan petualangan bersama Hulk, Captain America, dan Hulk.

Primata di Planet of the Apes

Planet of the Apes adalah waralaba film terakhir yang memiliki banyak sekali karakter non Marvel, tetapi tidak mustahil untuk masuk ke MCU. Pasalnya pada tahun 2022 lalu, Marvel mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan kembali lisensi komik Planet of the Apes. Ditambah lagi saat ini waralaba filmnya juga dipegang oleh 20th Century Studios yang dinaungi oleh Disney. Jika semuanya sepakat untuk berkolaborasi, MCU bisa saja menceritakan eksistensi semesta alternatif Planet of the Apes layaknya semesta primata di Marvel Comics yang disebut Monkeyverse. Dengan begitu simpanse yang bisa berbicara seperti Caesar (Andi Serkis) mungkin dapat bertemu dengan para karakter MCU.

Itulah para karakter non Marvel yang bisa menjadi bagian dari MCU karena lisensinya dipegang oleh Marvel bahkan Disney. Dengan hak siar yang sebelumnya tersebar, MCU memiliki potensi untuk memperkenalkan karakter-karakter di luar Marvel dalam kerangka cerita yang lebih besar dari sebelumnya. Melalui konsep multiverse, hal seperti ini tentunya bukanlah sesuatu yang mustahil. Jika crossover ini benar-benar dilakukan, penggemar mungkin akan bisa melihat interaksi dan alur cerita baru yang sangat menarik. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.