Hampir di semua komik supehero, karakter supervillain sering kali diidentikan dengan ambisi dan perbuatan jahat yang merugikan banyak orang bahkan mengancam dunia. Tanpa terkecuali di Marvel Comics yang diisi oleh para big bad villain paling mengerikan sepanjang masa, seperti Thanos dan Kang the Conqueror. Namun, khusus di Marvel sendiri sebenarnya ada momen-momen langka ketika para villain justru rela mengorbankan dirinya hingga akhirnya mati sebagai pahlawan. Berikut ini adalah tujuh supervillain Marvel yang telah mengambil langkah terakhir mereka untuk kebaikan yang lebih besar!

Loki

villain marvel mati pahlawan

Akhir-akhir ini berbagai media Marvel sudah jarang menceritakan Loki sebagai supervillain. Padahal dahulu saudara Thor ini memulai semuanya sebagai sosok yang sangat licik. Jika kita runut ke belakang ternyata memang ada satu momen yang mengubah semuanya. Di mana Loki yang terkenal sebagai villain malah membagikan Norn Stones kepada para Avengers di kisah Siege. Hal tersebut dia lakukan demi melindungi Asgard dari Norman Osborn dan para Dark Avengers. Perbuatan sang villain pertama Avengers ini pada akhirnya membuatnya mati sebagai seorang pahlawan Marvel di tangan Sentry yang membelah tubuhnya dengan cara brutal.

Magneto

villain marvel mati pahlawan

Kita semua pasti tahu bahwa Magneto adalah mutan pengendali logam yang memulai semuanya sebagai musuh bebuyutan X-Men sekaligus pemimpin organisasi jahat Brotherhood of Mutants. Selama bertahun-tahun dia digambarkan sebagai sosok yang sangat ingin menyingkirkan manusia agar para mutan bisa hidup bebas. Terlepas dari cita-citanya yang sangat berbahaya, ternyata villain X-Men ini pernah mengorbankan dirinya untuk kebaikan yang lebih besar di Marvel Universe sebelum akhirnya mati sebagai pahlawan. Tepatnya ketika Magneto berusaha mati-matian mengalahkan Uranos yang hampir menghancurkan Bumi dan memusnahkan para mutan di Arakko.

Doctor Octopus

villain marvel mati pahlawan

Doctor Octopus dikenal sebagai musuh Spider-Man yang punya empat tangan mekanis tambahan di punggunnya. Dalam sejarahnya dia terbilang cukup sering berusaha membunuh Spidey yang selalu menghalangi kejahatannya. Namun dalam salah satu kisah Marvel, villain ini ternyata pernah melakukan aksi heroik dan rela mati sebagai pahlawan. Semuanya bisa terjadi setelah dia sengaja mencuri tubuh Peter Parker dan sempat menjadi Superior Spider-Man untuk sementara waktu. Pada akhirnya setelah mendalami nilai-nilai kepahlawanan, Doc Ock lantas mengembalikan tubuhnya kepada Peter dan rela mati karenanya.

Wonder Man

Saat ini mungkin para penggemar lebih mengenal Wonder Man sebagai seorang superhero sekaligus anggota Avengers terkuat yang telah melindungi Bumi dalam berberapa kesempatan. Faktanya karakter yang bernama asli Simon Williams ini sebenarnya melakukan debutnya sebagai villain yang membenci Iron Man. Dengan rekayasa genetik dan bantuan Helmut Zemo, dia memang berhasil menyusup ke tim Avengers, tetapi pada akhirnya malah nyaman sebagai superhero. Pada titik inilah mantan villain Marvel ini memutuskan untuk berkhianat kepada Zemo dan rela mati sebagai pahlawan agar para Avengers bisa benar-benar mengalahkan Zemo dan para Masters of Evil.

Doctor Doom

villain marvel mati pahlawan

Ketika berbicara tentang big bad villain Marvel, pasti ada saja yang berpikir bahwa salah satunya adalah Doctor Doom. Bagaimana tidak, musuh bebuyutan Fantastic Four ini pernah terbukti berhasil mendapatkan kekuatan Mahakuasa pasca kehancuran multiverse dan membuat semua orang bertekuk lutut kepadanya di sebuah planet ciptaannya yang disebut Battleworld. Walaupun begitu villain tangguh Marvel ini ternyata pernah mati sebagai pahlawan demi melindungi negaranya sendiri yang disebut Latveria. Pada saat itu dia harus menghadapi entitas kosmik sekelas Mad Celestials demi melindungi penduduknya dan bahkan para keluarga Fantasic Four yang telah membantunya.

Galactus

villain marvel mati pahlawan

Satu lagi big bad villain Marvel yang ternyata pernah mati sebagai pahlawan adalah Galactus. Dikenal sebagai sang Pemakan Planet, entitas kosmik yang satu ini memang sering menjadi musuh bagi para superhero Bumi. Namun dalam salah satu kisahnya ternyata dia pernah diceritakan memberikan sebagian kekuatan kosmiknya kepada Thor agar sang God of Thunder bisa mengalahkan Pemakan Semesta yang disebut Black Winter. Pada akhirnya, walaupun tidak berdasarkan pilihannya, kekuatan kosmik Galactus sepenuhnya diserap oleh Thor smpai mati dan membuat sang superhero bisa meledakan Black Winter. Karena alasan tersebut lah keberadaan Galactus bisa dibilang sangat berjasa.

Progenitor

Sama seperti Galactus, Progenitor sejatinya adalah entitas kosmik yang sangat mengancam bagi Bumi. Sebagai bagian dari Celestial, tugasnya tidak lain adalah menghukum Bumi jika para Celestial memang sepakat untuk melakukannya. Dalam kisah A.X.E. Judgment Day, Progenitor yang diutus untuk menghancurkan Bumi dan seluruh isinya justru malah mulai memahami manusia. Pada titik inilah villain Mahakuasa Marvel ini memutuskan untuk mati sebagai pahlawan dengan memberikan seluruh kekuatannya kepada Eternal Ajak, sehingga kehancuran Bumi bisa dibalik dan semua orang bisa selamat.

Kisah-kisah yang dialami oleh ketujuh villain ini pada akhirnya mendorong perubahan karakter mereka, sampai rela mati sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa. Pengorbanan yang telah mereka lakukan juga pada akhirnya membuktikan bahwa para villain paling jahat sekalipun memiliki potensi untuk berubah menjadi lebih baik. Pada akhirnya kompleksitas karakter dan perubahan emosional dari para villain malah menghasilkan cerita yang menyenangkan sekaligus menginspirasi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.