Sejumlah karakter besar ternyata batal tampil di berbagai proyek film MCU yang mana hal tersebut tentunya membuat banyak fans kecewa. Marvel Cinematic Universe alias MCU merupakan sebuah jagat sinematik yang besar di mana ada banyak karakter epik yang kemudian muncul dan diperkenalkan kepada para fans. Sebagian karakter tersebut memiliki peranan penting di MCU.

Sebagian lainnya, sudah mulai jarang muncul yang membuat para fans berharap jika mereka bisa kembali muncul pada masa depan. Berkaitan dengaan hal tersebut diketahui jika ada beberapa karakter besar yang akhirnya batal tampil di MCU. Batalnya para karakter besar ini muncul di MCU dikarenakan berbagai alasan yang ada. Lalu, siapa saja mereka?

Balder The Brave

Balder the Brave merupakan saudara dari Thor yang rencananya akan muncul di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Sayangnya, karakter tersebut akhirnya batal untuk muncul di MCU. Hal ini diketahui berdasarkan unggahan dari pemeran pengganti Elizabeth Olsen, CC Ice, yang membagikan gambar di balik layar pembuatan filmnya. Dan ada hal menarik dari unggahan tersebut.

Nampak sosok Balder yang terluka muncul di unggahan CC Ice, di mana Balder diperlihatkan terluka akibat menusuk diri sendiri karena dipengaruhi oleh Wanda. Yang menarik adalah aktor yang kemungkinan akan memerankan karakter Balder sendiri adalah Daniel Craig. Hal ini berdasarkan unggahan artist, Darell Warner, yang membagikan gambar dari Balder yang mana sosok di gambar itu mirip dengan sang aktor. Daniel sendiri kemudian sempat menyebutkan jika dia ingin muncul di film Thor 5.

Morgan Stark

Sosok Morgan Stark berhasil mencuri perhatian para fans di film Avengers: Endgame. Lexi Rabe berhasil memerankan karakter putri dari Tony Stark dan Pepper Potts tersebut dengan sangat baik, yang mana karakternya cukup memberikan dampak besar di MCU. Katherine Langford direncanakan akan berperan sebagai Moran Stark versi dewasa. Dia juga seharusnya muncul dalam adegan yang emosional.

Morgan Stark dewasa seharusnya muncul dalam kepala Tony Stark seperti yang terjadi kepada Thanos yang melihat sosok Gamora kecil ketika dia melakukan Decimation. Namun, pada akhirnya rencana kemunculan Langford akhirnya dibatalkan seiring dengan Marvel Studios yang berencana untuk menghadirkan Young Avengers. Mungkin, pihak Marvel menganggap kemunculan Morgan Stark tidak lagi signifikan.

Wonder Man

Sosok Nathan Fillion merupakan aktor yang sering menjalin kerja sama dalam berbagai proyek yang disutradarai oleh James Gunn. Mulai dari Slither sampai The Suicide Squad, Nathan Fillion selalu muncul dalam proyek Gunn tersebut. Dan sebenarnya, Nathan Fillion pun hendak muncul dalam film Guardians of the Galaxy Vol. 2 sebelum kemudian karakternya dipotong di ruang editing.

Nathan Fillion awalnya hendak memerankan karakter Simon Williams alias Wonder Man. Gunn sempat mengungkapkan bahwa dia sudah melakukan proses pengambilan gambar untuk karakternya. Namun, pada akhirnya adegan tersebut tidak jadi muncul karena dianggap menyimpang dari ceritanya. Meskipun begitu, karakter Wonder Man sendiri dikabarkan akan muncul dalam series solonya dan akan dibintangi oleh Yahya Abdul-Mateen II.

Captain America

Film Ant-Man and the Wasp memiliki tempat tersendiri di MCU. Selain menjadi film penting yang memperkenalkan Dunia Quantum, film garapan Peyton Reed ini memiliki warna tersendiri di MCU dengan berbagai komedi yang dihadirkan di filmnya. Yang menarik adalah sebenarnya Chris Evans sempat direncanakan untuk muncul di film tersebut di mana Reed berencana menghadirkan cameo Avengers yang mengejutkan.

Kejutan anggota Avengers tersebut tidak lain adalah Captain America. Menurut penuturan Reed, dalam draft awal yang dia buat terdapat adegan di mana Luis merangkum peristiwa dari film Captain America: Civil War. Momen komedi yang jadi ciri khas film Ant-Man di mana Luis menceritakan sesuatu pada akhirnya memang muncul di film Ant-Man and the Wasp, tetapi peristiwa yang diceritakan adalah momen di film Ant-Man.

Grandmaster

Grandmaster merupakan salah satu karakter kosmik yang diperkenalkan dalam alur cerita Thor. Karakter Grandmaster pertama kali muncul dalam film Thor: Ragnarok di mana dia menjadi pemimpin dari planet Sakaar. Bahkan, dia juga yang kemudian menjadikan Hulk sebagai petarung andalannya. Rencananya, Grandmaster juga akan kembali muncul di film Thor: Love and Thunder sebelum kemudian rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

Setelah rumor bahwa karakter Grandmaster batal untuk muncul di film Thor: Love and Thunder, seorang concept artist membagikan desain karakter baru dari Grandmaster. Dalam concept art tersebut nampak bagaimana Grandmaster menggunakan banyak anggota tubuh buatan. Taika Waititi pun mengonfirmasi mengenai hal tersebut. Jika kemudian Grandmaster muncul di Love and Thunder direncanakan dia akan jadi salah satu korban dari Gorr.

The Wasp

Salah satu perubahan besar dari komiknya yang dihadirkan oleh MCU adalah perubahan anggota dari para Avengers. Dalam cerita komiknya, Ant-Man dan the Wasp merupakan bagian dari Avengers sejak lama. Namun, dalam versi MCU hal tersebut dirubah. Meskipun begitu, sebenarnya The Wasp direncanakan akan muncul dan jadi bagian dari Avengers dalam film The Avengers pada 2012.

Joss Whedon sempat mengungkapkan jika ada banyak karakter yang rencanannya akan dia hadirkan. Selain The Wasp, dia juga hendak menghadirkan Obadiah Stane. Tetapi, Whedon kemudian tidak yakin dengan apa yang dia buat dan akhirnya batal untuk menghadirkan The Wasp di film tersebut. Namun, yang kemudian jadi pertanyaan adalah apakah sosok The Wasp yang Whedon maksud adalah Hope atau Janet.

Howard The Duck

Meskipun sering kali muncul sebagai cameo, karakter Howard the Duck cukup banyak difavoritkan oleh para fans. Karakter yang suaranya diisi oleh Seth Green ini diketahui sempat akan dimunculkan dalam Avengers: Infinity War. Fakta ini diketahui ketika Anthony Russo mengaku jika karakter Howard sempat muncul dalam draft awal filmnya. Russo juga menyebutkan jika akan ada perubahan dari karakter tersebut.

Karakter Howard the Duck yang muncul di film Infinity War akan diganti pengisi suaranya dari Seth Green menjadi Ken Jeong. Dia juga akan muncul dalam adegan bermain poker bersama Star-Lord. Namun, karakter Howard the Duck sendiri kemudian kembali muncul di Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Doctor Strange

WandaVision dianggap sebagai salah satu hal terbarik yang pernah dihadirkan oleh MCU. Dalam series ini, diperlihatkan bagaimana Wanda Maximoff membangun realitanya sendiri yang kemudian disebut sebagai The Hex. Yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah sebenarnya series WandaVision sempat akan menghadirkan karakter kejutan yaitu Stephen Strange alias Doctor Strange.

karakter batal tampil mcu

Rencananya, Doctor Strange hendak mengirimkan pesan kepada Wanda. Namun, Kevin Feige sendiri kemudian beralasan bahwa batalnya cameo Doctor Strange di series WandaVision karena dia khawatir kemunculannya akan mencuri momen Wanda. Dan Wanda serta Strange sendiri pada akhirnya muncul bersama di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

America Chavez

Karakter besar yang batal tampil di MCU selanjutnya adalah America Chavez. Karakter America Chavez hendak muncul dalam film Spider-Man: No Way Home sebagai salah satu kejutan seperti halnya kemunculan Andrew Garfield, Tobey Maguie, dan bahkan kita pun melihat kemunculan Charlie Cox yang berperan sebagai Matt Murdock. Sayangnya, kemunculan karakter Xochiti Gomez tersebut akhirnya batal.

karakter batal tampil mcu

Seorang concept artist untuk film No Way Home, Maciej Kuciara, sempat mengunggah desain konsep dari kemunculan karakter America Chavez di mana dia diperlihatkan memegang sebuah buku misterius dalam sebuah adegan multiversal. Concept artist lainnya, Maerk Okon, membagikan gambar di mana America Chavez memegang sebuah obat penawar dari Green Goblin. Namun, peran dari America Chavez tersebut kemudian diberikan kepada Ned Leeds dan Chavez pun muncul di film sekuel Doctor Strange.

Red Skull

Red Skull merupakan salah satu karakter villain yang ikonik di MCU, selain juga beberapa karakter lain seperti Thanos atau Baron Zemo. Dalam ceritanya, Red Skull diketahui berada di Vormir menjadi penjaga dari Soul Stone. Namun, kembalinya Red Skull di MCU sebenarnya bisa saja lebih cepat di mana dia rencananya muncul jauh sebelum Infinity War yaitu di film The Avengers.

karakter batal tampil mcu

Dalam acara Comic-Con di tahun 2012 kemarin, penulis film Zak Penn mengatakan bahwa dalam draft awal film The Avengers sempat muncul nama Red Skull. Penn juga sempat menyinggung nama Thanos dalam diskusi pengembangan filmnya, namun kemudian pilihan villain di film The Avengers akhirnya jatuh ke tangan Loki. Meskipun begitu, diyakini jika Red Skull akan kembali di film Captain America 4.

Captain Marvel

Dalam rencana panjang Marvel Studios, sosok Captain Marvel atau Carol Danvers sebenarnya akan menjadi karkater baru dengan tim Avengers. Carol Danvers direncanakan muncul dalam film Avengers: Age of Ultron yang mana hal ini terbukti dari kemunculannya dalam sebuah adegan yang dihapus dari filmnya. Joss Whedon yang memperjuangkan karakter Brie Larson untuk bisas muncul di filmnya.

karakter batal tampil mcuNamun, Kevin Feige pada akhirnya memutuskan bahwa kemunculan Maximoff bersaudara dianggap sudah cukup untuk filmnya. Brie Larson pada akhirnya secara resmi diperkenalkan sebagai Captain Marvel dalam acara Comic-Con di tahun 2016 dan baru muncul di film Captain Marvel yang rilis pada 2019. Setelah muncul juga di film Endgame, Carol Danvers akan kembali di film The Marvels.

The Eternals

Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai kemunculan The Eternals di series Moon Knight. Namun, sutradara Mohamed Diab sempat mengatakan bagaimana di adegan awal dan di akhir seriesnya seharusnya ada adegan crossover dengan series atau film lain. Kemudian, produser eksekutif dari Moon Knight, Jeremy Slater, mengonfirmasi jika sebenarnya The Eternals hendak muncul di seriesnya.

karakter batal tampil mcu

Namun, rencana tersebut akhirnya batal untuk dilakukan karena menurut Slater sangat sulit untuk menghadirkan para Eternals. Dalam cerita yang seharusnya muncul di series Moon Knight, tiga atau empat anggota Eternals dikabarkan akan bertemu dengan salah satu Avatar dari Khonsu di zaman Mesir Kuno.

Tentunya sangat disayangkan jika kemudian para karakter di atas pada akhirnya tidak jadi muncul dalam film atau series tertentu. Kemunculan para karakter itu jelas akan memberikan alur cerita yang berbeda di MCU. Namun, pada akhirnya keputusan pun harus diambil di mana menurut mereka karakter besar tersebut harus batal tampil demi masa depan MCU yang lebih baik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.