Akhir-akhir ini bisa dibilang multiverse adalah tema yang sangat ‘seksi’ untuk dibicarakan oleh para penggemar superhero. Pasalnya sekarang hampir semua media superhero Amerika mulai mengeksplorasi lebih jauh konsep multiverse yang pertama kali mereka perkenalkan pada awal 1960-an. Tanpa terkecuali Marvel yang punya satu elemen andalan untuk membuat keberagaman semestanya makin menarik lagi, yaitu tim superhero Web Warriors yang terdiri dari para Spidey. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas seperti apa eksistensi Web Warriors di multiverse Marvel. Penasaran? Simak di bawah ini, Geeks!

Web Warrior Penjaga Multiverse

Dalam sejarah Marvel Universe sebenarnya ada cukup banyak tim superhero Spidey yang menamai diri mereka Web Warriors pada pertengahan hingga akhir 2010-an. Namun yang paling utama di multiverse Marvel sendiri adalah tim Web Warriors yang melakukan debutnya di komik Amazing Spider-Man Vol. 3 (2015). Kisahnya sendiri bermula setelah Spider-Army berhasil mengalahkan para Inheritors dalam peristiwa komik ‘Spider-Verse‘. Dari sinilah para anggota Spider-Army yang tersisa, seperti Spider-UK, Arana, Spider-Ham, Spider-Gwen, dan Spider-Man India memutuskan untuk menjaga Web of Life and Destiny.

web warriors Marvel

Bagi para Spidey, Web of Life and Destiny tidak lain adalah multiverse Marvel yang punya keterikatan satu sama lain seperti jaring laba-laba. Nah nama Web Warriors sendiri merupakan singkatan dari Warriors of the Great Web yang mereka anggap penyebutannya terlalu menyulitkan. Sayangnya tidak lama setelah Web Warriors dibentuk, multiverse justru diceritakan hancur karena Incursion, sementara mereka ditempatkan dalam salah satu wilayah Planet Battleworld yang disebut Arachnia dan dipimpin oleh Norman Osborn. Pada titik inilah mereka mulai menjalankan misi pertamanya sebagai penjaga multiverse.

Demi membebaskan diri dari tirani Norman, para Web Warriors berjuang untuk mengambil alih Arachnia. Di mana dalam prosesnya mereka harus mengalahkan Norman dan sejumlah villain Spidey lainnya, seperti varian Carnage, Venom, dan bahkan Sinister Six. Singkat cerita mereka akhirnya berhasil memaksa Norman dan para villain lain untuk menyerahkan kekuasaan Arachnia. Tidak lama setelah itu multiverse Marvel akhirnya kembali utuh seperti sediakala, tetapi tugas Web Warriors jauh dari kata selesai. Karena mereka harus melindungi multiverse dari tim supervillain Electro-Verse yang terdiri dari para Electro.

Setelah melalui pertempuran yang sengit, Web Warriors diceritakan berhasil mengalahkan Electro-Verse dengan bantuan para anggota baru, termasuk Spider-Woman, Spider-Girl, Spider-May, Spider-Ben, Lady Spider, Spider-Punk, dan MegaMorph Spider-Man. Setelah itu mereka juga sempat kembali berurusan dengan para Inheritors dalam peristiwa ‘Spider-Geddon’, serta membantu Peter Parker utama untuk lepas dari makhluk aneh bernama Gog. Namun seperti biasa, Web Warriors yang terus bertambah besar dengan keterlibatan para varian Spidey lainnya, pada akhirnya selalu berhasil menjaga multiverse Marvel.

Berbagai Versi Alternatif Web Warrior

Di multiverse Marvel sendiri terdapat beberapa versi alternatif Web Warriors yang tidak kalah menarik dari versi utama, di mana masing-masing dari mereka bahkan muncul di series animasi dan video game Spider-Man. Yang paling pertama ada tim Web Warriors yang dibentuk dalam peristiwa komik ‘Totem War’ oleh Miles Morales dan Peter Parker utama. Menurut Arana, nama dan tujuan dari tim Web Warrior inilah yang pada akhirnya menjadi sumber inspirasi Warriors of the Great Web alias Web Warrior utama di multiverse Marvel.

web warriors Marvel

Kemudian ada juga tim Web Warriors dari series animasi Ultimate Spider-Man yang dibentuk oleh Peter Parker Earth-12041 bersama Agent Venom, Iron Spider, Kid Arachnid, Scarlet Spider, Spider-Man 2099, Spider-Noir, dan Spyder-Knight, Spider-Ham, dan Spider-Woman. Di mana misi mereka adalah melindungi Eart-12041 dari ancaman Goblin yang menjadi Spider-Goblin, Doctor Octopus, dan Arnim Zola yang ingin menguasai New York.

Terakhir, ada juga tim Web Warriors yang diperkenalkan di video game. Seperti tim yang pernah dipanggil oleh entitas Anansi the Spider God untuk membantu Spider-Cowboy melindungi semestanya dari invasi Symbiote di game Spider-Man Unlimited. Tidak ketingalan juga yang diperkenalkan di Marvel Contest of Champions pada tahun 2017 dan Marvel Strike Force pada tahun 2018. Berdasarkan semua versi alternatif ini bisa kita simpulkan bahwa siapa pun bisa menamai tim superhero mereka dengan Web-Warriors selama terdiri dari para Spidey yang menjaga multiverse Marvel.

Eksistensi Web Warrior Sekarang

Untuk saat ini baik versi Marvel Comics maupun video game memang belum ada lagi yang mengeksplor lebih jauh kisah tim superhero Web Warriors. Namun kita bisa melihat irisannya dalam waralaba film animasi Spider-Verse yang diproduksi Sony Pictures. Di film terbarunya yang berjudul Spider-Man: Across the Spider-Verse, Miles Morales diceritakan harus berhadapan dengan para Spidey yang dipimpin oleh Spider-Man 2099 karena berpotensi merusak kestabilan multiverse. Nah walaupun mereka menyebut kelompoknya sebagai Spider-Society, tetapi cara kerja mereka kurang lebih mirip seperti Web-Warriors.

Demikianlah pembahasan tentang tim superhero penjaga multiverse Marvel yang dikenal sebagai Web Warriors. Terlepas dari banyaknya versi Web Warriors yang tersebar di multiverse, kita tidak perlu bingung dengan eksistensi mereka. Karena pada dasarnya mereka adalah tim para Spidey yang mendedikasikan dirinya untuk menjaga dan mengamankan multiverse siapa pun musuhnya. Semoga saja ke depannya kita bisa melihat lebih banyak lagi kisah Web Warriors ya Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.