Sejak Disney mengakuisisi Fox, para penggemar Marvel sudah tidak sabar ingin segera melihat film Deadpool 3 memboyong para mutan Fox-Verse ke MCU. Selain Deadpool dari Ryan Reynolds, sebelumnya Marvel sendiri sudah mengonfirmasi keterlibatan Wolverine yang akan kembali diperankan Hugh Jackman. Nah menariknya, menurut sebuah kabar terbaru ada satu lagi mutan tangguh yang akan muncul juga di filmnya. Dia adalah Xavier, tetapi bukan Xavier yang mendirikan X-Men, melainkan kembaran jahatnya Cassandra Nova yang dikabarkan akan jadi villain di Deadpool 3. Siapakah dia? Mari kita bahas!

Emma Corrin sebagai Cassandra Nova

Kabar tentang identitas villain di film Deadpool 3 ini baru saja disampaikan oleh sejumlah scooper terpercaya, seperti Daniel Richtman dan CanWeGetSomeToast. Di mana mereka mengklaim bahwa aktris Emma Corrin, yang sebelumnya dikonfirmasi akan menjadi villain misterius di filmnya, ternyata berperan sebagai Cassandra Nova Xavier. Para penggemar setia Marvel Comics pasti tahu siapa Cassandra Nova. Dalam dunia komik Marvel Universe, dia dikenal sebagai saudara kembar jahat dari pendiri X-Men sekaligus mutan legendaris berkekuatan telepati, Charles Xavier alias Professor X.

Villain Deadpool 3

Sebelumnya Emma Corrin juga telah mengaku kepada Empire, sambil tetap berhati-hati agar tidak membocorkan identitas karakternya, bahwa dia sangat senang bisa menjadi villain di Deadpool 3 mendatang. “Saya merasa sangat bersemangat untuk berperan sebagai villain. Karena saya tidak pernah melakukannya dan saya sangat ingin menunjukannya [kepada kalian],” ungkapnya. Meskipun Marvel Studios belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait kabar Corrin sebagai Cassandra Nova, tetapi ini tentu saja akan sangat menarik untuk petualangan Deadpool dan Wolverine di MCU nanti.

Origin dan Kekuatan Cassandra

Di Marvel Comics sendiri, Cassandra Nova Xavier punya kisah yang terbilang rumit dan sedikit membingungkan. Berbeda dari Charles Xavier yang sudah melakukan debutnya sekitar enam dekade lalu, eksistensi calon villain Deadpool 3 ini justru baru diceritakan di komik New X-Men #114 yang rilis tahun 2001. Cassandra sejatinya adalah parasit psikis ‘mummudrai’ yang tidak memiliki fisik dan berasal dari dunia astral. Suatu hari dia tertarik pada kekuatan psikis luar biasa milik Charles Xavier yang masih berada dalam kandungan ibunya Sharon Xavier. Pada titik inilah dia mulai menempel di samping janin Charles Xavier.

Villain Deadpool 3

Saat berada di dalam rahim Sharon, sosok astral Cassandra perlahan-lahan mulai berubah dan membentuk DNA yang sama seperti Xavier. Dengan kesadaran dan kekuatan yang dimilikinya, Cassandra lantas mencoba mencekik Charles dengan tali pusarnya. Untungnya Charles versi janin yang tidak kalah hebat darinya berhasil membela diri dan menghajarnya dengan ledakan psikis. Hal ini menyebabkan Sharon mengalami keguguran, di mana Charles bisa lahir dengan selamat sedangkan Cassandra mati.

Bertahun-tahun setelah peristiwa tersebut, kesadaran Cassandra yang ternyata masih bertahan akhirnya berhasil kembali dengan tubuh baru. Dari sinilah dia mulai menuntut balas kepada Charles, termasuk membunuh para anggota X-Men dan menghabisi para mutan lainnya. Karena kesadarannya mampu bertahan walaupun tubuhnya mati, Cassandra terus-menerus kembali dengan tubuh baru yang biasanya digambarkan sebagai wanita tua plontos. Di mana dia juga sering diceritakan berkerja sama dengan Shi’ar Empire dan Hellfire Club untuk menghancurkan kehidupan kembarannya.

Ambisi Cassandra ini menjadi lebih berbahaya karena pada dasarnya dia mempunyai kekuatan psikis yang sama luar biasanya dengan Charles. Setelah berhasil menyalin DNA Charles ketika masih berupa janin, Cassandra terbukti mampu melakukan telepati, telekinesis, dan melepaskan kesadaran dari tubuhnya. Cara terbaik untuk mengalahkannya adalah dengan menjebaknya di sebuah dimensi yang menghalanginya untuk keluar lagi. Seperti yang pernah dilakukan oleh Kitty Pryde dalam kisah terakhir Cassandra Nova di Marvel Comics.

Ancaman Cassandra di Deadpool 3

Terlepas dari kebenarannya, kehadiran Emma Corrin’ Cassandra Nova sebagai villain di Deadpool 3 bisa dipastikan akan menjadi ancaman yang sangat serius. Apalagi menurut rumor sebelumnya film Deadpool 3 sendiri dikabarkan akan menghadirkan cameo Charles Xavier dan para anggota X-Men lain dari Fox-Verse. Jika benar, mungkin mereka nantinya akan menjadi korban pembantaian Cassandra Nova, mirip seperti yang dilakukan Scarlet Witch kepada Illuminati Earth-838 di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Dengan begitu ada alasan kuat bagi Deadpool dan Wolverine untuk segera mengalahkannya.

Sekian pembahasan tentang Cassandra Nova yang dikabarkan akan jadi villain di film Deadpool 3. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Deadpool dan Wolverine akhirnya bekerja sama untuk menyelamatkan para mutan Fox-Verse dari Cassandra Nova. Walaupun pada akhirnya gagal, kisah seperti ini bisa dipakai filmnya untuk menghadirkan nostalgia sekaligus menjelaskan mengapa Deadpool akhirnya bisa menjadi bagian dari MCU setelah mengalahkan Cassandra. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya Geeks, saat film Deadpool 3 tayang perdana di bioskop tanggal 3 Mei 2024.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.