Dalam sejarah WWE ternyata ada para pegulat yang menjadi juara titel tertentu dalam waktu yang sangat singkat. WWE menghadirkan banyak sekali titel yang bisa diperebutkan oleh para pegulat. Dalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa WWE memiliki berbagai titel mulai dari juara umum, seperti WWE Champion atau World Heavyweight Champion, sampai yang unik seperti Mr. Money In The Bank.

Mempertahankan titel tentunya bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, karena lawan atau pesaing yang harus mereka hadapi juga terkadang bisa sangat berat. Di sisi lain, bisa juga pihak WWE sudah menyetting sedemikian rupa agar pegulat tersebut bisa mempertahankan atau kehilangan sabuk tersebut. Yang menarik adalah ada beberapa pegulat yang memiliki titel juara WWE hanya dalam waktu yang singkat. Siapa saja?

Rey Mysterio

Juara WWE paling singkat pertama adalah Rey Mysterio. Pihak WWE mengumumkan sebuah turnamen dalam acara perayaan 25 tahun RAW untuk mencari juara baru WWE setelah CM Punk, pemilik gelar sebelumnya, memutuskan untuk mundur dari perusahaan tersebut pada 2011. Rey Mysterio kemudian memenangkan turnament tersebut dan dia juga jadi juara WWE untuk pertama kalinya.

Namun, kejutan kemudian muncul di mana John Cena mengklaim jika juara tersebut adalah miliknya. Hal ini dikarenakan dalam pertandingan sebelumnya antara John Cena menghadapi CM Punk, Cena harus kalah secara kontroversial. Cena kemudian menantang Rey Mysterio untuk perebutan titel tersebut dan akhirnya John Cena menang dan menjadi juara baru. Rey Mysterio hanya bertahan selama 1 jam 46 menit untuk gelar tersebut.

Randy Orton

Dalam acara No Mercy di tahun 2007, John Cena berusaha untuk mempertahankan gelar WWE Championship menghadapi Randy Orton dalam pertandingan Last Man Standing Match. Sayangnya, dalam pertandingan tersebut John Cena harus mengalami cedera yang membuat Randy Orton akhirnya menjadi juara baru WWE Championship. Namun, Triple H kemudian muncul untuk menantang Randy Orton di waktu yang sama dan akhirnya dia berhasil memenangkan pertandingan tersebut. Randy Orton hanya mempertahankan gelar tersebut selama 25 menit.

Daniel Bryan

Di tahun 2013 dalam acara SummerSlam, Daniel Bryan diketahui berhasil mengalahkan John Cena dalam perebutan gelar WWE World Heavyweight Championship. Triple H menjadi wasit spesial dalam petarungan tersebut. Sayangnya, ditengah-tengah perayaan juara Daniel Bryan tiba-tiba Randy Orton muncul dengan koper Money in the Bank miliknya. Triple H menghajar Daniel Bryan dan hal itu membuat Daniel Bryan akhirnya harus kehilangan gelarnya tersebut. Diketahui Daniel Bryan hanya mempertahankan juara tersebut selama 5 menit 25 detik.

Roman Reigns

Roman Reigns berhasil mengalahkan Dean Ambrose dan menjadi juara WWE Champion dalam acara SummerSlam tahun 2015. Tidak lama setelah Roman memenangkan titelnya tersebut, Triple H kemudian muncul di atas ring untuk memberikan selamat kepada Roman. Tetapi, Roman menghajar Triple H dan Sheamus menyerang Roman Reigns dan menyerahkan kontrak Money in the Bank miliknya. Akhirnya, Sheamus menjadi juara baru WWE Championship. Sedangkan, Roman Reigns hanya mempertahankan juara tersebut selama 5 menit 15 detik.

Jeff Hardy

Di tahun 2009 dalam acara Extreme Rules, Jeff Hardy menantang Edge untuk memperebutkan gelar World Heavyweight Championship dalam pertandingan Ladder Match. Pasca pertarungan epik melawan Edge, Jeff Hardy memenangkan titel juara WWE tersebut untuk yang pertama kalinya. Tetapi, CM Punk kemudian berlari ke arah ring bersama seorang wasit dan menukar kontrak Money in the Bank yang dia miliki dan mengambil titel juara tersebut dari tangan Jeff Hardy. Titel pertama dari Jeff Hardy tersebut hanya bertahan selama 5 menit.

John Cena

juara wwe paling singkat

Dalam momen Elimination Chamber pada 2010, John Cena ikut berpartisipasi dalam pertarungan tersebut dan memenangkan WWE Championship setelah bertarung menghadapi lima bintang RAW lainnya. Namun, setelah berhasil memenangkan pertandingan tersebut John Cena nampak sudah kelelahan dan kesulitan untuk berdiri. CEO dari WWE, Vince McMahon, kemudian muncul untuk memberikan selamat kepada Cena dan menasbihkan Cena mengumumkan jika pertandingan melawan Batista akan segera dilaksanakan. Batista pun kemudian muncul dan langsung menghajar Cena yang sudah lemah. John Cena pun harus kehilangan gelar WWE miliknya setelah bertahan selama 3 menit 15 detik.

Yokozuna

juara wwe paling singkat

Yozozuna mungkin adalah nama yang asing di banyak telinga Geeks semua. Namun, dia adalah pegulat yang memiliki koneksi dengan beberapa pegulat lainnya seperti Rikishi. Yokozuma berhasil memenangkan titel WWE Championship setelah mengalahkan Bret Hart dengan bantuan Mr. Fuji dalam WrestleMania 9. Tidak lama setelah kemenangan Yokozuna tersebut, Hulk Hogan tiba-tiba muncul dan langsung mengalahkan Yokozuna dengan teknik Leg Drop. Akhirnya, Yokozuna harus rela titel WWE miliknya hilang ke tangan Hulk Hogan dan titel tersebut hanya bertahan selama 2 menit 20 detik.

Seth Rollins

juara wwe paling singkat

Sempat mengalami cedera lutut, Seth Rollins akhirnya mendapatkan kesempatan untuk kembali bertarung dalam perebutan gelar WWE Championship dalam Money in the Bank. Seth Rollins pun berhasil melakukan comeback dengan menang dari Roman Reigns dan jadi juara WWE. Sayangnya, tidak lama setelah hal itu terjadi, Dean Ambrose menyerang Seth Rollins dari belakang dan mencuri koper Money in the Bank. Dean pun menjadi juara baru WWE dan Seth Rollins hanya bertahan selama 2 menit dengan gelarnya itu.

Andre The Giant

juara wwe paling singkat

Andre The Giant merupakan salah satu legenda gulat yang namanya sangat populer. Hampir semu penggemar olahraga ini mengenal nama Andre the Giant. Diketahui pada Februari 1988, Andre the Giant pernah menang dalam pertarungan melawan Hulk Hogan. Namun, kemenangan tersebut sangat kontroversial karena bahu dari Hogan tidak menyentuh ring di hitunggan ketiga. Sayangnya, wasit tidak melihat hal itu dan Andre pun dinyatakan sebagai pemenang. Sekitar 1 menit 45 detik kemudian gelar tersebut akhirnya jatuh ke tangan Ted DiBiase setelah dia berhasil mengalahkan “sang monster.”

Big Show

juara wwe paling singkat

Dalam momen partarungan TLC (Table, Lader, Chair) pay-per-view 2011, Big Show diperlihatkan bertarung menghadapi Mark Henry untuk perebutan gelar World Heavyweigh Championship dalam Chairs Match. Big Show kemudian menghajar Mark Henry dengan pukulan andalannya dan memenangkan titel World Heavyweight Championship. Namun, tidak sampai satu menit kemudian Mark Henry kemudian kembali bangkit dan menghajar Big Show. Daniel Bryan kemudian muncul ke atas ring sambil membawa satu orang wasit dan langsung melakukan teknik pin terhadap Big Show. Juara tersebut hanya bertahan selama 40 detik di tangan Big Show.

WWE memang penuh dengan drama yang menarik yang menarik minat orang-orang. Salah satu drama yang muncul adalah bagaimana gelar juara yang diperebutkan hanya bertahan dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa nama di atas adalah para juara WWE dengan waktu yang paling singkat. Apakah kemudian itu memang bagian dari setting cerita yang ada memang tidak pernah diketahui.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.